Infeksi Mata pada Kucing

Infeksi mata juga dapat terjadi pada kucing kasayangan anda. Infeksi mata pada kucing dapat dianggap salah satu masalah mata yang telah umum terjadi pada kucing. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya penyebab infeksi yang meliputi bakteri, virus, dan jamur. Luka atau cedera dan trauma pada jaringan mata dapat juga menjadi penyebab infeksi mata pada kucing. Infeksi mata dapat mengakibatkan sejumlah gejala yang tidak nyaman seperti mata kemerahan, peradangan, mata berair, gatal, dan nyeri.

Penyebab infeksi mata pada kucing

Seperti yang telah disebutkan, infeksi mata dapat disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Salah satu masalah mata yang kerap terjadi pada hewan peliharaan adalah mata merah. Kondisi ini juga dikenal dengan konjungtivitis, yang menyebabkan peradangan konjungtiva. Konjungtiva adalah membran yang menutupi bola mata dan permukaan kelopak mata bagian bawah.infeksi mata pada kucing

Mata merah atau konjungtivitis menyebabkan konjungtiva tampak merah atau berwarna merah muda. Warna kemerahan pada mata dapat disebabkan oleh alergen, bakteri, dan virus. Bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi ini pada kucing adalah klamidia. Sedangkan virus yang dapat menyebabkan infeksi mata pada kucing adalah calicivirus dan virus herpes.

Infeksi mata karena virus herpes menjadi hal umum pada kucing. Infeksi mata yang disebabkan oleh jamur adalah hal yang langka. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih mudah untuk menderita infeksi mata oleh jamur. Selain ini, alergi dan cedera pada kornea juga dapat menyebabkan infeksi mata pada kucing setiap saat.

Gejala infeksi mata pada kucing

Gejala yang paling sering terjadi pada infeksi ini adalah:

  • Peradangan konjungtiva dan kornea
  • Kemerahan pada mata atau konjungtiva
  • Mata susah untuk berkedip
  • Mata berair
  • Gatal pada mata yang membuat kucing menggosok matanya terlalu sering
  • Bola mata menempel pada kelopak mata
  • Menyipitkan mata
  • Kelopak mata saling menempel
  • Terdapat luka pada kornea
  • Bersin dan hidung tersumbat

Konsistensi cairan air mata dapat membantu mengetahui infeksi mata yang disebabkan oleh alergen dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan penyebab lainnnya. Mata berair menunjukkan infeksi mata yang disebabkan oleh alergi, sementara cairan berwarna kuning atau kehijauan biasanya berhubungan dengan infeksi mata oleh bakteri atau jamur. Infeksi jamur dapat menimbulkan gejala yang sedikit berbeda dari gejala infeksi mata kucing lainnya yang meliputi:

  • Mata melebar
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Peradangan pada retina
  • Kebutaan peripheral
  • Perubahan tingkah laku

Tips mengobati

Pengobatan untuk kondisi ini tergantung pada penyebab serta keparahan infeksi. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, maka dokter hewan dapat merekomendasikan obat tetes mata antibiotik dan salep. Infeksi bakteri yang parah memerlukan antibiotik oral, bersama dengan obat antibiotik topikal.

>>  Tips Mengobati & Menghilangkan Ketombe pada Kucing

Di lain sisi, obat antivirus topikal berguna untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus. Obat-obatan ini biasanya digunakan ketika infeksi telah mempengaruhi kornea mata. Untuk infeksi mata oleh jamur, dokter hewan dapat meberikan salep fungisida. Obat anti inflamasi juga dapat digunakan untuk mengobati mata merah atau konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi, jika infeksi menyebabkan perkembangan ulkus kornea.

Kompres hangat adalah salah satu cara pengobatan sederhana yang paling sering digunakan untuk mengurangi iritasi pada mata. Untuk menghilangkan mata berair, anda dapat menggunakan kain basah yang hangat untuk menyekanya. Namun, pastikan untuk membuang kain bekas tersebut setelah setiap kali dipakai untuk membersihkan. Dengan beberapa perawatan yang tepat, infeksi mata akan dapat sembuh dalam beberapa minggu. Oleh karena itu, pemilik hewan peliharaan harus selalu melakukan pengamatan pada kondisi kucing dengan bantuan dokter hewan.

 
  Incoming Keywords: sakit mata pada kucing, penyakit mata pada kucing, penyakit pada kucing yang menyebabkan matanya merah, mata kucing bengkak merah, mengatasi mata bengkak pada kucing, mata kucing terluka, virus chlamydia mata kucing buta, luka pada mata kucing, kenapa mata kucing berwarna merah?, cara menghilangkan jamur di kelopak mata kucing

,

Comments are closed.