Penyebab & Gejala Mata Kering

Mata kering merupakan masalah pada mata yang ditandai dengan produksi air mata yang kurang. Air mata mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga mata kita tetap sehat. Setiap kali kita berkedip, lapisan tipis air mata akan menyebar pada kornea. Lapisan air mata terdiri dari air, lipid, dan mucin. Lapisan protein yang disebut mucin memungkinkan lapisan air untuk menempel pada kornea. Di atas lapisan air adalah lapisan lipid, yang mencegah lapisan air untuk menguap. Keseimbangan sempurna dari tiga komponen ini membantu untuk menjaga mata kita menjadi lembab. Air mata melakukan berbagai fungsi penting untuk menjaga permukaan mata yang sehat. Lapisan ini melindungi mata dari iritasi, dan memberikan permukaan optik yang jelas dan stabil, yang diperlukan untuk penglihatan agar terlihat jelas.

Jika mata kita tidak dapat memproduksi air mata yang cukup, maka yang kita alami adalah kondisi mata kering. Pada umumnya, seseorang yang mengalami masalah ini akan merasakan mata seperti kemasukan pasir bersama dengan sejumlah gejala karena kurangnya produksi air mata.

Faktor penyebab mata keringpenyebab mata kering

Jika kualitas atau kuantitas air mata terpengaruh, maka hal ini akan membuat mata menjadi rentan terhadap infeksi mata. Karena kurangnya air mata, seseorang yang menderita akan mengalami rasa menyengat atau terbakar di bagian mata. Banyak orang yang mengalami kondisi mata kering ini sewaktu bangun tidur di pagi hari.

  1. Kekurangan vitamin A dapat menjadi penyebab mata kering.
  2. Penurunan produksi air mata sering terjadi dengan bertambahnya usia.
  3. Mata kering terjadi sangat umum di kalangan orang-orang yang menggunakan lensa kontak untuk waktu yang lama. Penyebab mata kering akibat dari penyalahgunaan lensa kontak sering menjadi pemicu, karena lensa kontak cenderung menyedot kelembaban dari mata.
  4. Obat-obatan tertentu seperti diuretik, antidepresan, antihistamin, akan dapat memberikan efek samping yang menjadi penyebab timbulnya mata kering.
  5. Mata kering juga dapat disebabkan oleh iritasi lingkungan seperti polusi, asap, debu, dll.
  6. Penyebab mata kering sering dialami setelah operasi laser atau operasi katarak.
  7. Penyakit seperti sindrom sjogren, rheumatoid arthritis, dan penyakit vaskular kolagen dapat menjadi penyebab mata kering.
  8. Wanita di atas usia 45 tahun juga lebih rentan terhadap mata kering karena perubahan hormonal yang terjadi akibat menopause.
  9. Orang-orang yang bekerja menggunakan komputer sepanjang hari dalam jangka waktu yang lama, atau menghabiskan waktu untuk menonton televisi dapat mengalami mata kering, karena mereka cenderung untuk berkedip lebih sedikit. Lapisan air mata akan menyebar setiap kali kita berkedip.
>>  Penyakit Buta Warna



Gejala mata kering

➠ Gatal di sekitar sudut mata
➠ Rasa menyengat atau terbakar di pagi hari
➠ Merasa ada butiran atau adanya benda asing di mata
➠ Kemerahan
➠ Peningkatan iritasi mata dari asap atau angin
➠ Kepekaan terhadap cahaya
➠ Mata menjadi mudah lelah
Penglihatan kabur

Jika tidak diobati, maka kondisi ini dapat menyebabkan masalah penglihatan yang terkait dengan jaringan parut kornea.

Tips mengobati mata kering

Jika seseorang mengalami mata kering, maka dapat mengikuti langkah-langkah perawatan untuk mengatasi mata kering sebagai berikut:

  • Minum banyak air dapat membantu untuk mengatasi mata kering.
  • Masukkan menu ikan seperti ikan sarden dan salmon dalam makanan anda karena ini adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3.
  • Minyak biji rami juga akan membantu dalam mencegah mata jadi kering.
  • Jika seseorang mempuyai penyakit yang menjadi penyebab mata kering, maka haruslah mengobati penyakit yang mendasari tersebut dapat membantu mengobati mata kering.
  • Seseorang yang menggunakan lensa kontak dapat memilih lensa kontak yang lunak. Selain itu juga harus menahan diri untuk memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang lama.
  • Dengan menggunakan humidifier dalam ruangan dapat terbukti bermanfaat mencegah mata kering.
  • Mengkonsumsi suplemen gizi, terutama yang yang mengandung vitamin A atau omega-3 asam lemak, hal ini akan sangat membantu mengatasi mata kering.

Karena penyalahgunaan lensa kontak telah seringkali ditemukan menjadi penyebab untuk mengembangkan masalah mata kering, maka pengguna lensa kontak harus mengambil tindakan pencegahan. Jika ada yang mengalami gejala mata kering tersebut, sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui diagnosis dan melakukan pengobatan penyakit mata.

 
  Incoming Keywords: Ap Penyebap mata menjadi menyedut

, ,

Comments are closed.