Penyebab Mata Bengkak dan Mengatasinya

Penyebab mata bengkak dapat diakibatkan karena adanya reaksi alergi, konsumsi garam yang berlebihan, perubahan hormon dan faktor bertambahnya usia. Meskipun kondisi ini tidak dipandang sebagai hal yang serius, beberapa penyebab yang mendasari akan memerlukan bantuan medis secepatnya.

Disaat anda bangun di pagi hari dan melihat ke cermin, anda akan terkejut jika mendapati kelopak di bawah mata bengkak. Kondisi tersebut memberi kesan bahwa anda sedang lelah, terlihat kusam, dan dalam banyak kasus, mata akan menjadi merah. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius bagi kaum wanita, karena membuat dirinya nampak jauh lebih tua. Namun, karena ini adalah kondisi yang tidak terlalu dianggap serius, anda tidak perlu merasa khawatir. Mata bengkak biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun jika anda mengalaminya terlalu sering, maka anda perlu menghubungi perawatan mata profesional, karena hal ini dapat menjadi tanda adanya masalah pada mata atau berhubungan dengan penyakit lain.penyebab mata bengkak

Penyebab mata bengkak

Pada umumnya, penyebab bengkak di mata sebelah tidaklah serius, tetapi jika bengkak disertai dengan ketidaknyamanan, nyeri, dan penglihatan kabur maka kondisi ini dianggap cukup serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab di balik mata bengkak:

  • Ketidakseimbangan hormon dapat menjadi penyebab mata jadi bengkak. Ibu hamil atau wanita yang akan memulai siklus menstruasi dapat saja mengalami bengkak di bawah mata dengan tiba-tiba.
  • Kelebihan asupan garam dan makanan yang tinggi natrium dapat menjadi penyebab mata bengkak. Makanan ini akan meningkatkan kapasitas retensi air dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan.
  • Postur tidur yang tidak tepat juga kadang-kadang menyebabkan mata bengkak di pagi hari sewaktu bangun tidur.
  • Mata bengkak juga dapat disebabkan karena adanya kasus alergi. Kondisi ini dapat disebabkan karena debu, serbuk sari, bulu binatang, jamur.
  • Kurang tidur juga dapat menjadi penyebab mata bengkak. Sebaliknya, tidur berlebihan dalam jangka waktu lama juga dapat menjadi penyebab kondisi ini.
  • Menangis untuk waktu yang lama dapat menempatkan tekanan pada kelenjar air mata dan meningkatkan aliran darah yang menghasilkan perluasan jaringan. Sebagai hasilnya, mata akan terlihat bengkak.
  • Asupan alkohol juga dapat menyebabkan bengkak di kelopak bawah mata.
  • Faktor usia juga dapat menjadi penyebab mata bengkak. Bertambahnya usia dapat mengakibatkan kulit menjadi longgar yang dapat mengakibatkan mata bengkak.
  • Beberapa orang yang mungkin memiliki masalah genetik dari mata bengkak.
  • Beberapa penyebab serius yang dapat mendasarinya adalah sakit ginjal, sakit liver, dan tiroid.
  • Ketika tubuh akan mengalami dehidrasi, maka mulai menyimpan air dan akan menyebabkan retensi air di daerah sekitar mata.
  • Dermatitis adalah ruam kulit yang mempengaruhi kelopak mata dan juga dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.
>>  Penyebab Iritasi Mata, Gejala Iritasi Mata

Tips mengatasi mata bengkak

Terdapat banyak cara untuk mengobati bengkak pada mata. Berikut ini adalah beberapa pengobatan mata bengkak yang membantu dalam meredakan pembengkakan:

  1. Gunakan beberapa es batu atau air dingin untuk mengompresnya. Anda juga dapat menyimpan alat seperti sendok logam ke dalam kulkas agar dingin, setelah itu memakainya sebagai kompres.
  2. Mentimun dingin dapat digunakan sebagai obat untuk mata bengkak. Potong mentimun menjadi tipis dan tempatkan irisan tersebut pada mata tertutup.
  3. Celupkan kapas ke dalam air garam, tutup mata anda dan taruh kapas di atasnya. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan.
  4. Basuh mata dengan air dingin dan keringkan. Namun janganlah menggosok mata anda.
  5. Olahraga dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan yang mengurangi kemungkinan akumulasi cairan di satu tempat.
  6. Minum air sebanyak mungkin karena ini akan mempertahankan tingkat air dalam tubuh anda dan mengobati mata bengkak. Hindari juga asupan alkohol dan minuman kafein.
  7. Memakai kacamata dapat mengurangi ketegangan yang disebabkan karena angin atau sinar matahari.
  8. Tidur yang cukup minimal 8 jam setiap hari akan membantu mengurangi stres, dan akan membantu dalam mencegah timbulnya kantung mata.

Kesibukan bekerja dan tekanan pada mata juga dapat menyebabkan mata bengkak. Oleh karena itu kita wajib untuk melakukan perawatan mata yang tepat, dengan membersihkan wajah dan mata secara teratur dengan air dingin,  cara ini akan mengurangi stres dan ketegangan. Jika pembengkakan pada mata juga disertai dengan sakit yang parah, kemerahan dan gatal-gatal, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

 
  Incoming Keywords: mata bengkak sebelah kanan, mata bengkak sebelah, penyebab mata bengkak, Penyebab mata bengkak sebelah, penyebab kantung mata bengkak sebelah, kantung mata bengkak sebelah, mata bengkak sebelah kiri, penyebab mata bengkak sebelah kanan, penyebab mata bengkak sebelah kiri, bangun tidur mata bengkak

, , ,

Comments are closed.