Cara Mengatasi Mata Bengkak

Bengkak di sekitar mata dapat disebabkan oleh beberapa alasan non klinis atau menjadi tanda adanya beberapa masalah gangguan kesehatan yang mendasarinya. Oleh karena hal ini menyangkut estetika, banyak orang yang mengalami mata bengkak mencoba berbagai cara mengatasi mata bengkak.

Mata bengkak atau kantung mata adalah suatu kondisi dimana kulit di sekitar mata membengkak. Pembengkakan ini dapat disebabkan karena berbagai faktor seperti perubahan hormonal, retensi cairan, akibat kurang tidur, stres, dan alergi. Kondisi bengkak yang biasanya tanpa disertai rasa sakit di sekitar mata dapat disebabkan karena beberapa alasan. Pada beberapa kasus, mata bengkak dapat disebabkan karena genetika. Faktor usia juga dapat menjadi faktor penyebab mata bengkak di kelopak bawah mata. Ketika usia anda makin bertambah, jaringan di sekitar mata menjadi lemah dan menyebabkan lemak yang mendukung mata bergeser ke arah kelopak mata bawah, hal inilah yang menyebabkan kantung mata. Mata juga juga dapat menjadi bengkak ketika cairan mulai terakumulasi pada bagian bawah mata, yaitu saat menangis. Fluktuasi hormon, sebelum dan selama menstruasi, dan juga selama menopause, juga dapat menyebabkan mata bengkak. Mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkafein sebelum tidur dan asupan garam terlalu banyak juga dapat menyebabkan mata bengkak.

Cara mengatasi mata bengkak dengan alami

Ada beberapa metode alami untuk mengatasi kantung mata dengan mudah. Beberapa cara mengatasi mata bengkak berikut dapat anda terapkan sendiri dengan mudah:

  1. Oleskan beberapa tetes minyak vitamin E atau minyak jarak sekitar mata anda sebelum tidur untuk menghilangkan kantung mata.
  2. Gunakan jus kentang dan tambahkan 10-15 tetes air jeruk nipis. Terapkan campuran ini di sekitar mata anda selama lima menit
  3. Menerapkan putih telur dicampur dengan minyak chamomile dikenal sebagai obat yang efektif. Putih telur akan meredakan bengkak pada kulit di bawah mata. Untuk hasil terbaik, gunakan campuran ini selama sekitar 15 menit dan setelah itu cuci dengan air hangat.
  4. Basuh muka dengan air dingin terutama di sekitar mata, setidaknya tiga kali sehari. Cara ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan meredakan pembengkakan di bagian mata.
  5. Iris mentimun atau kentang dengan tipis dan tempatkan di atas mata anda. Hal ini akan mengurangi pembengkakan dan juga menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat

Jika anda akan menghadiri suatu acara atau berangkat kerja lebih awal, akan tetapi mengalami mata bengkak, maka mungkin anda ingin menghilangkannya dengan cepat. Berikut adalah beberapa solusi yang akan membantu anda menghilangkan mata bengkak dengan cepat:

  1. Ambil dua sendok logam dan masukkan ke dalam kulkas hingga benar-benar dingin. Tempatkan kedua sendok ini tepat di atas mata sampai sendok tidak terasa dingin lagi.
  2. Celupkan dua kantong teh hijau ke dalam air dingin dan taruh di atas mata. Hal ini akan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata.
  3. Gunakan krim mata yang sebelumnya disimpan dalam lemari es. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasi mata bengkak.
  4. Rendam kapas dalam air mawar dan taruh pada mata anda selama 20 menit untuk menghilangkan bengkak.
  5. Percikkan air dingin pada mata secara menyeluruh. Anda juga dapat menerapkan kompres dingin pada mata anda untuk meringankan rasa sakit dan kelelahan.
  6. Minyak cendana juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata karena memiliki efek dingin.
>>  Penglihatan Kabur Secara Tiba-tiba

Tips mencegah

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk ini anda harus selalu berolahraga sebagai tindakan pencegahan untuk menghindari masalah ini terjadi. Berikut adalah beberapa langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kondisi mata bengkak:

  1. Disaat tubuh mengalami dehidrasi maka cenderung untuk menyimpan air yang dapat menyebabkan retensi air di bawah mata. Oleh sebab itu jagalah tubuh anda agar terhidrasi dengan baik.
  2. Hindari minuman berkafein, terutama pada malam hari.
  3. Tidur yang cukup akan memberikan mata istirahat.
  4. Hindari terlalu banyak natrium dalam menu makan anda.
  5. Menghilangkan makeup sebelum tidur.
  6. Menggunakan bantal tambahan sewaktu tidur.

Dengan mengikuti tips menghilangkan mata bengkak di atas, maka anda akan dapat mengucapkan selamat tinggal pada mata bengkak. Sebagai tambahan, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menjadi lebih buruk. Jika hal ini terjadi bersama dengan rasa sakit maka menunjukkan adanya beberapa infeksi ataupun penyakit serius. Segeralah menghubungi pakar medis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 
  Incoming Keywords: cara mengobati mata bengkak, cara mengatasi mata bengkak, cara menghilangkan bengkak di mata, cara menghilangkan kantung mata yang bengkak dengan cepat, cara menghilangkan kantung mata bengkak, cara mengatasu mata membengkak, cara mengatasi mata cindul, cara mengatasi mata bengkak akibat kurang tidur, caara menghilangkan bengkak mata, obat bengkak mata

, ,

One Response to Cara Mengatasi Mata Bengkak

  1. tika #

    mata bengkak trasa sakit