Penyebab Lutut Kaku Setelah Duduk

Lutut kaku setelah duduk dalam waktu lama merupakan salah satu gejala dari osteoarthritis lutut. Sewaktu anda duduk kurang lebih selama dua jam, anda mencoba berdiri untuk berjalan, dan setelah beberapa langkah baru anda menyadari bahwa susah sekali untuk dapat berjalan dengan benar. Apakah penyebabnya? Lutut telah menjadi kaku dan menyebabkan rasa sakit. Lutut kaku setelah duduk untuk jangka waktu yang lama menunjukkan adanya masalah sendi seperti arthritis. Lutut yang terasa kaku mungkin juga dialami setelah duduk bersila walau hanya untuk beberapa menit.

Seringkali rasa kaku pada lutut ini hanya berlangsung selama beberapa menit, sehingga memungkinkan anda untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Namun, jika hal ini terjadi hampir tiap hari, maka masalah ini seharusnya tidak dapat untuk diremehkan dan memerlukan intervensi medis.

Seperti yang kita semua ketahui, sendi merupakan tempat di mana dua tulang saling terhubung satu sama lain. Ujung-ujung tulang yang dilapisi dengan jaringan elastis dikenal dengan tulang rawan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tulang rawan terletak pada sendi itu sendiri.

Penyebab lutut kaku



Meskipun posisi duduk terasa santai dan memberikan rasa nyaman, sewaktu bangun dan berjalan dapat menimbulkan ketidaknyamanan karena persendian yang menjadi kaku. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Osteoartritis
Nyeri sendi dan rasa kaku pada lutut setelah duduk terlalu lama dapat berarti bahwa orang tersebut menderita osteoarthritis. Ini adalah masalah persendian di mana tulang rawan yang menutupi ujung tullutut kakuang akan melemah dan terkikis. Sebagai akibat, tulang langsung bersentuhan dan bergesekan satu sama lain selama terdapat gerakan, yang mengakibatkan rasa sakit. Namun, kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba dan merupakan hasil dari kerusakan progresif yang lambat dari tulang rawan dan sendi. Penyakit sendi ini didiagnosis terjadi pada orang tua.

Chondromalacia Patella
Lutut terasa kaku setelah duduk juga dapat disebabkan karena chondromalacia patella. Kondisi ini umumnya mempengaruhi tulang rawan yang terletak tepat di bawah tempurung lutut (patella). Chondromalacia mengacu pada cedera tulang rawan sehingga susah untuk dapat beraktivitas. Hal ini terjadi karena tulang rawan yang berada di bawah tempurung lutut menjadi lembek yang menyebabkan rentan terhadap kerusakan. Tulang rawan ini mencegah tempurung lutut dari gesekan bagian bawah dari tulang paha. Dalam beberapa kasus, tempurung lutut yang tidak selaras dengan tulang paha dan menyebabkan kerusakan dari tulang rawan. Tempurung lutut yang tidak dalam posisi semestinya, menggores ujung bawah tulang paha, meskipun juga terdapat tulang rawan. Kondisi ini membuat tulang rawan rusak dan menyebabkan peradangan sendi.

>>  Penyebab Lutut Terasa Panas

Atlet dan olahragawan seringkali mengalami ketegangan pada tempurung lutut selama kegiatan seperti berlari, melompat, sepak bola, dan karenanya akan meningkatkan resiko menderita chondromalacia patelae. Dengan demikian, aktivitas berlebihan setiap hari dapat menyebabkan erosi pada tulang rawan di bawah tempurung lutut, yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri lutut kronis dan lutut kaku setelah duduk.

Tips

Untuk mendiagnosis masalah lutut, scan MRI atau melakukan arthroscopy dari sendi yang terkena akan sangat berguna. Tes ini akan mampu memberikan gambaran yang memberikan kejelasan tentang kondisi sendi.

Obat-obatan seperti acetaminophen dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid dapat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Aplikasi panas dan kompres es berguna untuk mengurangi nyeri lutut. Suplemen glucosamine dan chondroitin sulfat adalah pilihan lain untuk mengobati osteoarthritis. Obat ini mendukung pertumbuhan tulang rawan dan memberikan fleksibilitas pada tulang rawan.

Baik itu osteoarthritis atau chondromalacia patella, keduanya harus menghindari kegiatan yang memberikan tekanan berlebihan pada lutut. Olahraga rutin juga harus dikurangi karena dapat membuat rasa sakit menjadi lebih parah. Hubungi ahli terapi fisik untuk mengetahui mengenai metode yang dapat meningkatkan stabilitas sendi dan penyelarasan tempurung lutut.

 
  Incoming Keywords: kaku duduk, Susah Berdiri Dari duduk, setelah duduk susah berdiri, persendian susah berdiri, penyebab lutut sering sakit setelah duduk, nyeri pada lutut saat bersila, mengapa lutut akan terasa sakit saat habis duduk terlalu lama, mengapa habis duduk kaki berasa kaku, lutut sakit biar duduk santai, susah berdiri setelah duduk bersila

,

Comments are closed.