Penyebab Lutut Terasa Panas

L utut adalah salah satu sendi penting yang sering digunakan. Femur bertemu dengan tibia pada lutut, sedangkan patella terletak pada sisi depan sendi. Kantung sinovial adalah membran lapisan dalam sendi, yang menghasilkan cairan sinovial. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas dan membantu gerakan halus dari lutut. Setiap masalah dalam setiap bagian dari lutut dan sendi dapat menyebabkan rasa nyeri dan panas pada lutut. Lutut merupakan sendi yang kompleks dan memungkinkan anda untuk menekuk, memutar, meluruskan, atau berguling.

Yang menjadi pembahasan apakah anda sering mengalami nyeri dan panas pada lutut? Seiring dengan penyebab dan gejala nyeri dan rasa terbakar pada lutut, pilihan pengobatan akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab lutut terasa panas

Tanda-tanda dan gejala nyeri seperti terbakar di salah satu lutut atau di kedua lutut dapat bervariasi, karena struktur kompleks dari persendian dan gaya aktif dari lutut dalam berbagai kegiatan.

  • Nyeri lutut dapat menjadi gejala dari penyakit yang bermacam-macam seperti rheumatoid arthritis, sindrom band iliotibial, dan osteoarthritis.
  • Sakit lutut dapat dialami dalam bentuk dan kondisi yang berbeda seperti dingin, linu panggul, kecelakaan serebrovaskular atau cedera lutut, dsb.
  • Sendi lutut adalah salah satu sendi pada tubuh yang paling rentan. Sendi ini sangat rentan terhadap cedera.
  • Cedera lutut dapat menyebabkan bursitis. Rasa panas, bengkak, dan kemerahan di daerah yang meradang dapat terlihat dalam kasus cedera. Penderita dengan cedera lutut cenderung menderita rasa sakit panas dan terbakar saat membungkuk.
  • Tulang rawan yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan lutut terkunci atau tidak dapat diluruskan dan dilipat. Kondisi ini memerlukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat oleh seorang ahli bedah ortopedi.
  • Patello femoralis dapat terjadi pada orang dewasa muda, terutama, pada atlet dan juga pada orang dewasa yang lebih tua.
  • Stres yang berlebihan pada lutut dapat menyebabkan rasa panas dan sakit. Rasa sakit dapat berlangsung untuk jangka waktu pendek bahkan jangka waktu lama. Obesitas atau berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri lutut ketika membungkuk atau berjalan.
  • Nyeri pada lutut dapat terjadi karena tekanan ataupun trauma yang dialami saraf perifer. Saraf lutut terhubung ke tulang belakang dan oleh sebab itu dapat menyebabkan nyeri lutut. Mati rasa atau kesemutan dapat merupakan gejala dari saraf sensorik yang rusak.
  • Cedera lutut ligamen, tendon atau meniskus dapat menyebabkan sakit yang parah. Dalam kasus tersebut, pasien tidak akan dapat meluruskan lutut. Nyeri yang dialami bahkan dapat terjadi saat kaki sedang rileks.
>>  Penyebab Nyeri pada Paha

Nyeri terbakar di belakang atau di bagian depan lutut, nyeri saat berlutut, sewaktu diluruskan, berdiri, berjalan adalah salah satu gejala umum dari hampir semua kondisi yang disebutkan di atas. Pembengkakan, rasa tidak nyaman dan lutut kaku atau kehilangan fleksibilitas sendi dapat terjadi pada beberapa kasus.

Tips

Penyebab rasa panas pada lutut dapat bervariasi dari orang ke orang. Pengobatan untuk sakit lutut dapat dilakukan setelah mengetahui penyebab yang mendasarinya. Diagnosis dan pengobatan yang tepat memainkan peran penting dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Sinar-X, MRI, artroskopi dapat membantu mendeteksi masalah.

Jika rasa sakit sangat parah, gunakan kompres es selama 10 sampai 20 menit. Lakukan 3 kali atau lebih dalam sehari dan tempatkan lutut pada posisi tinggi saat beristirahat. Hindari minuman beralkohol dan minuman panas karena dapat memperburuk kondisi. Anda dapat memilih obat non steroid anti inflamasi untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Tergantung pada penyebabnya, memakai perban elastis dapat membantu meringankan masalah. Memijat dengan minyak atau salep akan membantu meningkatkan aliran darah dan memberikan perawatan instan. Merokok dapat mempengaruhi suplai darah dan menunda perbaikan jaringan, maka itu menghindarinya akan lebih baik.

Jika anda Mengalami rasa sakit berkelanjutan yang tak tertahankan, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Injeksi kortikosteroid dan asam hialuronat dapat membantu meringankan pembengkakan dan nyeri pada lutut. Terapi fisik akan membantu menguatkan otot-otot di sekitar sendi. Ligamen yang cedera dapat diperbaiki dengan melakukan operasi. Cedera yang parah dapat menjalani operasi penggantian lutut parsial atau total.

Lutut menanggung berat tubuh, maka itu jagalah selalu berat badan sesuai dengan tinggi badan dalam rentang normal. Olahraga teratur dan pola makan yang sehat akan membantu menjaga kesehatan sendi. Orang yang selalu aktif seperti olahragawan harus selalu berhati-hati untuk mencegah dan menghindari cedera lutut.

 
  Incoming Keywords: lutut panas, lutut panas dan pegal, dengkul terasa panas tanda apa, dengkul terasa panas, dengkul terasa, dengkul sama paha panas cekot2 obatnya, dari lutut sampai kaki terasa panas, cidera otot dan lutut terasa hangat, tulang lutut terasa panas, cara alami mexembuhkan dengkul lutut terasa panas d dlmx

, ,

Comments are closed.