Membuat Pikiran & Tubuh jadi Rileks

Dengan gaya hidup yang kita miliki sekarang ini sering membuat diri kita sibuk. Sangat jarang bagi kita untuk dapat duduk dan bersantai. Kita telah menghabiskan waktu untuk diri kita sendiri. Dalam kondisi seperti di mana kita telah hampir melupakan kebutuhan kita dalam hal relaksasi, ada kesempatan bagi stres untuk menyerang. Stres yang menyerang mental sering memicu kegelisahan, serangan panik, ketegangan, insomnia, kecemasan, dan berbagai masalah kesehatan. Jika diabaikan untuk waktu yang lama, maka masalah yang serius seperti tekanan darah tinggi dapat berkembang kapan saja. Untuk semua alasan ini, anda akan perlu mempelajari tentang cara-cara untuk membuat pikiran dan tubuh jadi rileks dan santai.

Relaksasi untuk membuat pikiran rileks

Ada beberapa teknik khusus yang dapat dilakukan secara teratur untuk membantu anda mengendalikan pikiran yang stres.

Meditasi
Seperti yang kita tahu, meditasi mempunyai efek menenangkan pikiran yang gelisah. Waktu yang terbaik untuk berlatih meditasi adalah ketika anda selesai berdoa. Anda juga dapat melakukannya dengan cara duduk dan menutup mata untuk fokus pada satu pikiran. Dengan demikian, anda dapat membuang semua pikiran yang tidak diinginkan, yang saat ini menempati pikiran. Pikiran yang rileks akan membantu untuk melonggarkan otot-otot tubuh anda yang tegang. Berlatih yoga dan tai chi adalah adalah dua teknik lain yang paling dicari selain teknik meditasi.

Olah nafas
Dalam pengaruh stres, anda cenderung bernafas sangat cepat sehingga anda tidak mengeluarkan nafas dengan baik. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan oksigen dan karbon dioksida di dalam tubuh yang sering menyebabkan depresi. Untuk alasan ini, sangatlah penting untuk mengolah nafas anda. Untuk melatihnya, anda dapat duduk di mana saja dan melakukan latihan pernafasan dengan sederhana. Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama beberapa detik dan kemudian lepaskan perlahan-lahan melalui mulut. Ulangi 8-10 kali dan anda akan merasakan nafas anda terasa lebih tenang.

Pijat
Memijat seluruh tubuh akan menghilangkan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot. Anda dapat melakukannya pada hari libur atau pada akhir hari yang melelahkan di tempat kerja. Memijat dengan minyak aromaterapi seperti lavender atau chamomile memiliki efek menyegarkan pada pikiran dan tubuh.

Mendengarkan musik
Musik yang santai dapat menenangkan rasa gelisah dan ketegangan pikiran. Cobalah beralih pada musik favorit anda dan dengarkan dari awal hingga akhir. Tempo musik lambat akan lebih baik lebih karena cenderung untuk menurunkan detak jantung dan nafas sampai batas tertentu. Banyak ahli medis berpendapat bahwa terapi musik dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

>>  Motivasi Kerja & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Cara membuat pikiran dan tubuh jadi lebih santai menjelang tidur

Ketika pikiran anda dipenuhi dengan rasa khawatir, maka sulit untuk dapat tertidur. Dalam kondisi ini, anda harus mencoba trik berikut untuk membuat pikiran jadi santai:

  • Mulailah mencoba untuk menghitung mundur. Perlahan-lahan hitung angka 20 sampai 1 dan anda akan dapat mengalihkan perhatian anda dari pikiran-pikiran yang mengganggu.
  • Mandi air hangat sebelum tidur adalah ide yang sangat baik untuk menghilangkan stres dari tubuh serta pikiran.
  • Tulis semua yang anda pikirkan pada selembar kertas. Dengan demikian anda dapat memiliki pandangan yang lebih baik dari situasi di sekitar anda yang akan memungkinkan anda untuk menghilangkan kekhawatiran.

Cara bersantai di tempat kerja

Jadwal kerja yang padat, tanggung jawab, dan beban kerja di tempat kerja menjadi pemicu di balik stres. Beberapa perubahan kecil dalam cara anda bekerja dan lingkungan kerja dapat mengurangi stres.

  • Berikan sentuhan pribadi ke meja kerja anda dengan memasang beberapa foto keluarga. Ini akan membuat anda merasa terhibur sepanjang hari.
  • Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan prioritas dan beralih ke pekerjaan lain setelah yang diutamakan selesai. Hal ini tidak memberikan anda beban karena tidak menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Ini adalah cara yang sederhana untuk menenangkan pikiran anda. Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari semuanya jika anda menjalani gaya hidup sehat. Hal ini juga melibatkan makan makanan sehat, menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga, meningkatkan postur fisik dan motivasi diri terus menerus. Bagi anda yang mengkonsumsi alkohol atau kafein yang berlebihan juga harus menggantinya dengan minum teh herbal sebagai gantinya.

,

Comments are closed.