Terapi Pengobatan Gangguan Mental

Berbagai bentuk pengobatan untuk mengatasi orang dengan penyakit mental telah tersedia. Pengobatan ini tergantung pada jenis dan tingkat gejala yang ditampilkan oleh penderita. Gejala berbagai penyakit mental bervariasi dari orang ke orang, mulai dari yang ringan sampai yang parah. Hal yang seringkali terjadi, orang yang menderita penyakit mental bahkan tidak mengetahui bahwa sebenarnya mereka sakit dan perlu adanya perawatan. Dalam kondisi semacam ini, teman-teman dekat dan kerabat harus berkonsultasi dengan seseorang yang ahli dalam bidang kesehatan mental, contohnya adalah psikiater atau psikolog yang dapat melakukan tindakan profesional untuk mengatasinya.

Mengobati sakit mental dengan terapi psikologis

Bentuk pengobatan penyakit mental berdasarkan pada keyakinan bahwa penyebabnya, yang terletak pada cara seseorang bereaksi atau merasakan banyak hal di dalam benaknya. Metode pengobatan ini membantu penderita untuk mengubah cara berpikir dan perilakunya. Dengan metode ini maka akan meningkatkan fungsi mental si penderita. Beberapa terapi psikologis secara umum adalah sebagai berikut:

Terapi perilaku kognitif
Pengalaman yang pernah dialami penderita dan pola perilaku akan dipelajari secara hati-hati. Kemudian penderita dan terapis akan bekerja sama dengan beberapa cara-cara baru dalam berpikir dan perilaku yang harus diikuti oleh penderita. Terapi psikologis ini sangat efektif dalam mengobati gangguan kecemasan hingga batas tertentu dan gangguan psikotik seperti halnya skizofrenia.

Psikoterapi interpersonal
Hubungan sosial akan berpengatuh pada pikiran dan perilaku seseorang, maka itu hal ini akan dmengobati sakit jiwaiamati dan dianalisis. Kemudian ahli terapi akan melakukan pembicaraan dengan penderita dan memberikan beberapa wawasan atau saran yang berharga. Hal ini akan bekerja bagi mereka yang pernah memiliki catatan masa lalu yang suram.

Terapi perilaku dialektis
Cara ini dimaksudkan untuk orang-orang dengan gangguan kepribadian borderline. Metode ini akan membantu mereka untuk berurusan dengan emosi dan tanggapan yang lebih efisien, sehingga dapat berfungsi lebih baik.

Mengatasi gangguan mental dengan perawatan medis

Obat-obatan akan diperlukan untuk mengobati mereka yang terkena dampak dari masalah mental. Berbagai jenis obat untuk mengatasi gangguan mental adalah sebagai berikut:

Obat antidepresan
Obat ini adalah obat yang digunakan untuk mengobati depresi. Obat-obatan ini juga diberikan kepada orang-orang dengan fobia, gangguan panik atau kecemasan, gangguan makan, dsb. Obat ini akan bekerja dengan baik dalam skala 60 sampai 70%.

>>  Cara Menghilangkan Rendah Diri Penyebab Depresi

Obat antipsikotik
Obat ini pertama kali digunakan pada 1950-an. Pada mulanya, obat ini memiliki banyak efek samping. Namun karena adanya perkembangan modifikasi tertentu, maka sekarang ini tersedia dengan efek samping yang lebih rendah. Bagian terbaik dari obat ini adalah memungkinkan orang dengan penyakit mental untuk menjalani hidup sebagai orang normal. Mereka tidak harus menghabiskan waktunya di  rumah sakit jiwa.

Mood stabilizer
Obat ini baik untuk pasien dengan manik depresif. Ini akan mencegah kemungkinan depresinya kembali kambuh. Selain itu obat ini juga membantu untuk mengurangi tingkat depresi agar tidak lebih parah.

Pilihan pengobatan lain

Berikut ini adalah pilihan pengobatan dimana pasien harus menjalani rawat inap.

Terapi elektrokonvulsif
Dalam metode ini, setelah pemberian anestesi umum, arus listrik akan dialirkan melalui otak seseorang. Metode ini biasanya digunakan untuk mengobati pasien dengan depresi parah. Namun, cara ini tidak lagi digunakan begitu sering seperti di masa lalu. Hal ini digunakan hanya dalam kasus dimana metode lain gagal untuk menunjukkan hasil apapun.

Opname
Metode ini dilakukan hanya dalam kasus yang ekstrim. Ketika beberapa perawatan intensif diperlukan, pasien berada di bawah pengamatan rumah sakit untuk waktu yang singkat.


Penyakit mental mempengaruhi kesehatan mental dan fisik dari penderita. Sangatlah penting untuk mendapatkan pengobatan yang tepat pada waktu yang tepat. Jika anda melihat orang-orang di sekitar anda mendapatkan gejala penyakit mental, segera sarankan untuk berobat dan jangan sampai terlambat!

 
  Incoming Keywords: cara penanganan pasien sakit jiwa, penyembuhan sakit jiwa, tips pengobatan gangguan jiwa ringan, ahli pengobatan sakit jiwa, obat sakit jiwa, obat herbal sakit ji, manajemen gangguan jiwa, cara merawat pasien sakit jiwa, cara penyembuhan sakit jiwa, cara atasi gangguan jiwa

,

Comments are closed.