Cara Menghadapi Pembohong

Apakah yang akan anda lakukan, jika anda menyadari bahwa diri anda dibohongi? Bagaimana cara anda menemukan kebenaran? Berbohong akan selamanya tetap menjadi bagian yang melekat dari kepribadian manusia. Kita semua pernah berbohong berkali-kali dalam hidup kita. Mungkin untuk sesuatu yang sepele atau mungkin untuk kebaikan yang lebih besar.

Terdapat perbedaan besar antara berbohong dan menjadi pembohong kompulsif. Antara menjadi tidak jujur untuk sekejap atau menjadi tidak jujur dan berbohong lagi. Suatu hal yang wajib bagi kita untuk membangun mekanisme pertahanan terhadap sifat-sifat tersebut dan menghindari orang-orang yang telah menipu kita. Satu-satunya cara yang dapat mendeteksi kebohongan dan menangkap pembohong adalah dengan menjadi hakim yang baik dan berusaha mengetahui motif tersembunyi mereka.

Cara menghadapi pembohong di tempat kerja

Beberapa orang berbohong karena untuk membuat mereka terlihat lebih baik dan unggul. Ini membantu mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri dan meningkatkan ego dan moral mereka. Namun, ketika hal ini dilakukan oleh karyawan di tempat kerja, maka hal ini dapat menjadi masalah bagi manajemen internal dan reputasi perusahaan.

  • Saat anda mendengar atau menyadari bahwa seseorang berbohong kepada anda atau membuat pernyataan palsu, maka anda harus mengklarifikasi fakta dengan menunjukkan kebenaran. Anda harus membuktikan dengan poin atau fakta ringkas, bahwa orang tersebut sedang berbohong.
  • Jika anda sedang berada di tempat kerja, dan bawahan anda sedang membohongi anda, biarkan dia untuk menyelesaikan justifikasi mereka. Setelah selesai, mulailah dengan tenang untuk menanyakan dengan logis dan menyerang validitas pernyataan mereka.
  • Hal ini sangat penting bagi anda untuk tetap tenang dan tidak lekas marah. Jika anda menunjukkan kemarahan, anda tidak akan akan mendapatkan jawaban yang akan membantu anda untuk mengetahui kebenaran yang sebenarnya atau fakta bahwa orang tersebut benar-benar berbohong. Salah satu ciri-ciri pembohong kompulsif adalah bahwa mereka mendapatkan kesenangan dengan mengganggu orang. Jangan memberi mereka kepuasan, dan juga kebencian terhadap anda.
  • Akan lebih aman untuk mempertahankan sikap dingin dan mencari tahu motif sebenarnya dari orang tersebut.
  • Berbicara kepada karyawan lain secara pribadi dan mengevaluasi masukan anda tentang karakter seseorang. Apakah dia telah berbohong dan menipu orang lain juga? Jika demikian, maka tindakan tegas harus diambil terhadap pendusta.
  • Cara lain untuk menghadapi pembohong adalah pertemuan kasual selagi bersantai. Anda dapat memunculkan topik sengketa dengan humor dan mengamati bagaimana pembohong bereaksi. Jika dia tampak malu atau terancam, maka anda telah menemukan jawaban tentang ketidakjujurannya.



Cara menghadapi anak yang berbohong

Anak-anak sering berbohong kepada orang dewasa karena mereka takut dihukum atau ditegur. Solusi terbaik adalah dengan mendorong dan mengajak anak untuk tidak bicara bohong, karena merupakan kebiasaan buruk. Biarkan mereka merasa aman dan beritahukan bahwa mereka akan dihormati dan dipuji karena kejujuran mereka. Jika mereka melakukan sesuatu yang salah maka mereka tidak akan dihukum, tapi akan diperingatkan dengan sopan. Anak harus dibuat sadar, bahwa apa yang dia lakukan adalah salah dan tidak boleh diulangi.

>>  Kenapa Manusia Suka Berbohong

Kadang-kadang anak-anak membanggakan dan membesar-besarkan hal-hal yang baik-baik saja. Namun, ketika mereka sengaja mencoba untuk berbohong dan menipu teman-teman atau orang tua mereka, saat itulah akar penyebab masalah ini harus diketahui. Orang tua perlu memiliki kesabaran dan bersikap baik dengan anak mereka, untuk mencari tahu mengapa anak mereka mengalami gancara menghadapi pembohonggguan tersebut. Mungkin, anak merasa tidak aman atau tidak terawat, dan mengalami gangguan, untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Atau mungkin anak merasa tidak dicintai, itulah sebabnya dia telah melampiaskan kemarahan dan frustrasi pada orang lain dengan berbohong. Jadilah baik, penuh kasih, dan berikan pemahaman terhadap anak.

Berbohong terhadap pasangan

Perlu adanya komunikasi yang baik untuk mengetahui secara pasti apa yang mengganggu dan menghambat hubungan tersebut. Jika anda merasa curiga dengan kesetiaan pasangan anda, maka anda harus mencari tahu tentang apa yang mereka mungkin lakukan di belakang anda. Terkadang, orang berbohong kepada pasangannya karena merasa malu atau ketika merasa gagal untuk memenuhi janji-janji yang telah dibuat.

Pasangan anda mungkin akan berbohong karena telah melakukan sesuatu yang salah dan takut tertangkap. Ajukan pertanyaan kepadanya apa yang telah mengganggunya. Sadarilah bahwa anda tidak berhutang kepada siapapun dan hubungan anda tidak dimulai karena adanya suatu kewajiban. Jika seseorang ingin bebas dan bergerak di dalam kehidupan, maka mereka bebas untuk pergi.

, ,

Comments are closed.