Penyebab Urin Bau Tajam Menyengat

Penyebab bau urin yang tidak sedap dapat karena berbagai hal meliputi beberapa faktor mulai dari dehidrasi, infeksi saluran kemih, konsumsi makanan tertentu, penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, dsb. Urin merupakan produk ekskretoris yang disekresikan oleh ginjal dan dikeluarkan melalui uretra. Urin mengandung produk limbah yang larut dalam air, terutama produk limbah nitrogen, yang dihasilkan dari proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita. Warna dan bau pada urin dapat menjadi indikator penting dari beberapa kondisi kesehatan. Pada orang yang sehat, urin hampir tidak berbau, sedangkan urin yang mempunyai bau menyengat dan tajam dapat menunjukkan adanya penyakit yang menjadi penyebabnya.

Penyebab urin bau

Bau yang tajam pada urin dapat menjadi gejala dari beberapa penyakit atau masalah pada kesehatan. Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab mengapa urin begitu bau:

Dehidrasi
Dehidrasi menjadi salah satu faktor penyebab urin bau yang paling sering. Kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan urine menjadi pekat dengan produk-produk limbah dan menghasilkan bau amonia yang tajam. Kondisi ini pada umumnya akan sembuh dengan meminum cairan atau air dalam jumlah yang cukup.

Infeksi saluran kemih
Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita dibandingkan pria. Pada kondisi ini, urin akan memiliki bau amonia. Warna urin juga akan mengalami perubahan pada gangguan kesehatan ini. Infeksi kandung kemih juga dapat menjadi penyebab urin berbau menyengat.

Bakteri vaginosis
Selain menjadi lebih rentan untuk menderita infeksi pada saluran kemih, kaum wanita juga beresiko terhadap infeksi vagina. Bau amis pada urin dapat menjadi indikator adanya bakteri vaginosis, yang akan disertai dengan gejala seperti gatal-gatal dan rasa panas di kemaluan. Infeksi jamur ini menjadi penyebab urin menjadi bau, selain itu juga akan menyebabkan keputihan.

Fistula rektovaginal
Ini adalah kondisi yang tidak biasa di mana miss v dan dubur bergabung untuk membentuk sambungan, yang mengakibatkan isi rektum dievakuasi melalui miss v, yang pada akhirnya juga dapat menyebabkan urin menjadi sangat bau dan menyengat.

Ketoasidosis
Jika urin berbau manis, maka hal ini dapat disebabkan oleh ketoasidosis diabetikum. Adanya keton atau gula yang tinggi dapat menyebabkan urin berbau manis atau rasa buah.

>>  Penyebab Urin Berwarna Kuning Gelap

Gangguan metabolisme
Gangguan pada liver dan metabolisme juga dapat menyebabkan urin menjadi bau. Alasan lain mengapa urin menjadi bau adalah ketika tubuh gagal untuk menyerap metionin (asam amino). Hasil malabsorpsi ini menyebabkan urin menjadi sangat bau, mirip dengan infeksi jamur.

Obat
Terlepas dari penyakit dan gangguan kesehatan, obat-obatan, suplemen gizi, dan konsumsi makanan tertentu dapat menjadi beberapa penyebab bau pada urin. Tablet multivitamin, khusunya suplemen vitamin B6 dan makanan seperti asparagus seringkali dapat menyebabkan urin berbau busuk.

Tips mengatasi

 

  • Solusi yang paling sederhana adalah dengan meminum banyak air. Dengan minum banyak air akan membantu untuk membilas zat beracun yang menyebabkan urin berbau tidak enak. Selain itu juga akan efektif untuk menghilangkan bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya dari tubuh.

  • Jus cranberry, jus lemon, jus bawang putih juga dapat membantu, terutama jika penyebabnya adalah infeksi saluran kemih.

  • Rebus dua sendok biji jintan dalam 4 sampai 5 liter air. Minum larutan ini untuk membantu menghilangkan bau busuk urin.

  • Wanita yang menderita infeksi jamur pada miss v dapat mengkonsumsi yoghurt. Bakteri acidophilus yang terdapat dalam yogurt dapat membantu untuk mengobati infeksi jamur.

Jika ternyata bau urin tidak hilang bahkan setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, atau jika masalah kembali terulang, pertimbangkanlah untuk mengunjungi dokter. Dengan diagnosa yang tepat akan mengetahui penyebab pasti dan melakukan pengobatan sesuai penyebab yang mendasari.

 
  Incoming Keywords: air kencing bau terus dan ada darah, warna air kencing kuning dan bau, Apakah setelah dewasa air kencing baunya beda?, apa penyebab sakit a kencing dan bau pada air kencing, AIRkencing bau, air seni berbau, air kencing wangi ga sedap, air kencing bau pesing, air kencing bau menyengat, air kencing bau

, ,

Comments are closed.