Fakta Kehidupan Binatang Kukang

K ukang merupakan hewan primata, yang menjadi hewan asli dari kepulauan Madagaskar di Samudra Hindia. Nama latin hewan ini adalah ‘lemures‘ yang berarti hantu malam. Hal ini mungkin saja karena banyak spesies kukang yang aktif di waktu malam hari. Hewan ini ukurannya relatif sangat kecil. Spesies terkecil beratnya sekitar 30 gram, sedangkan yang terbesar beratnya sekitar 10 kilogram. Kukang hidup dan bergerak dalam suatu kelompok. Panjang usia rata-rata dari kukang dapat mencapai 18 tahun.binatang kukang

Kukang diketahui merupakan spesies fauna yang terancam punah, ini dikarenakan hilangnya habitat mereka akibat aktivitas manusia. Menurut studi, sekarang ini masih terdapat sekitar 30 jenis spesies kukang yang masih ada. Menurut catatan sub fosil, diyakini bahwa terdapat kukang besar seperti gorila jantan di pulau Madagaskar, sekitar 2000 tahun yang lalu.

Kukang umumnya mempunyai hidung panjang dan runcing. Warna dan ukuran kukang bervariasi, tergantung pada spesiesnya. Kukang mempunyai empat kaki dan ekor, yang terkadang terlihat lebih panjang dari tubuhnya. Kukang mempunyai jari-jari kaki yang panjang, sebagian besar tertutup oleh kukunya. Kukang juga mempunyai lapisan reflektif yang lebih pada retina yang menyebabkan matanya bersinar di malam hari. Meski begitu, penglihatan mereka akan warna sangat terbatas. Kukang sangat bergantung pada indra penciuman mereka, dengan rongga hidung yang besar yang cukup lembab. Mereka mempunyai kelenjar bau di bagian bawah kaki mereka yang meninggalkan aroma dari setiap jejak yang mereka buat ketika bergerak. Beberapa spesies merupakan hewan nokturnal, sedangkan beberapa yang lain diurnal.

Beberapa jenis spesies kukang


  • Alaotran
  • Aye-aye
  • Indri
  • Kukang terbang
  • Kukang berekor cincin

Habitat kukang

Sebagian besar spesies ini adalah arboreal atau menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohon dan semak-semak. Namun, spesies yang lebih besar juga dapat hidup di tanah. Sebagian besar hutan hujan lembab dan tropis menjadi rumah bagi hewan-hewan ini. Ada beberapa daerah gurun di Madagaskar yang juga dihuni oleh kukang. Sementara sebagian besar makhluk-makhluk ini menikmati waktunya dengan tinggal di pepohonan dan semak-semak.

Ada beberapa kawasan hutan lindung di bagian selatan Madagaskar di mana beberapa spesies kukang dapat ditemukan, seperti halnya kukang ekor cincin. Beberapa spesies primata ini dikenal sangat mudah beradaptasi dan ini menjadi alasan mengapa tempat-tempat seperti hutan berduri dan hutan kapur id dataran rendah juga dihuni oleh kukang. Sebagian besar hewan ini dapat terlihat mencari makan di daerah dengan hutan lebat. Hal ini karena daerah tersebut menyediakan banyak makanan bagi hewan-hewan ini selama musim hujan. Kukang juga tidak tidur di daerah yang sama untuk waktu yang lama. Ini disebabkan karena aroma yang kuat dari hewan-hewan ini, sehingga predator dapat dengan mudah melacaknya.

>>  Binatang Koala Mirip Hewan Beruang

Makanan kukang

Spesies yang lebih kecil suka makan buah-buahan dan serangga, sedangkan spesies yang lebih besar makan buah-buahan dan materi tanaman lainnya. Pada saat kelangkaan pangan, beberapa spesies kukang berburu serangga dan juga vertebrata kecil. Ini termasuk kuang ekor cincin, kukang tikus raksasa, dsb. Spesies kecil tidak dapat mempertahankan pada bahan tanaman seluruhnya. Mereka harus memakan serangga dan hewan kecil untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Daun dan buah-buahan memainkan peran penting dalam makanan kukang. Kukang ekor cincin juga dikenal sebagai mengkonsumsi tanaman obat dan herbal yang dihindari oleh sebagian besar spesies lainnya. Kukang bambu emas juga terlihat memakan bambu raksasa yang mengandung sianida dengan kadar tinggi.

Kukang juga mengkonsumsi bunga atau nektar pada bunga-bunga ini. Getah pohon juga termasuk dalam makanan kukang. Beberapa spesies juga memakan tanah, yang diyakini bermanfaat untuk pencernaan usus mereka.

Meskipun pilihan makanan dapat bervariasi dari spesies ke spesies, kukang akan memakan apa saja yang dapat dimakan, apalagi ketika tidak terdapat pilihan.

Kukang cenderung menjadi agresif disaat mereka mencapai kematangan seksual, terutama pada kukang betina yang akan menunjukkan perilaku lebih agresif daripada kukang jantan. Kukang juga diketahui sering menampar pemiliknya ketika marah. Apalagi jika kukang telah memiliki bayi, mereka menjadi sangat protektif terhadap anak mereka. Seperti halnya manusia, kukang dapat juga berkontraksi dan menyebarkan penyakit menular. Oleh karena itu vaksinasi begitu sangat penting.

Kukang menjadi bagian penting dan integral dari ekologi Madagaskar. Mereka makan buah-buahan melemparkan benihnya ke tanah, membantu proses penyerbukan. Namun, kehidupan masa kini telah mulai mengganggu kehidupan makhluk-makhluk ini. Kukang berjuang untuk kelangsungan hidup mereka. Beberapa spesies kukang telah punah, dan sebagian besar spesies sedang berada di ambang kepunahan. Ancaman terbesar yang dihadapi hewan kukang adalah kerusakan habitat dan degradasi hutan. Tak hanya itu, perburuan dan menangkap hidup-hidup untuk perdagangan sebagai hewan peliharaan juga menjadi sebab mengapa populasi hewan ini berkurang. Semua kukang dinyatakan sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah Malagasi mulai tahun 1927, dan lebih banyak upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan primata ini dari kepunahan total.

 
  Incoming Keywords: fakta pukang, foto kuku kukang, gambar gambar binatang

, , , ,

Comments are closed.