Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan

B uah ara adalah buah yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan serat makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan kesehatan tulang. Buah ara mempunyai kandungan gizi yang begitu tinggi dan oleh sebab itu banyak sekali manfaat buah ara bagi kesehatan. Buah ara dikemas dalam berbagai jenis vitamin, kandungan mineral yaitu kalsium, besi, dan mangan. Baik itu buah ara dalam bentuk kering, mentah, dan matang, nilai gizinya tetap tidak berubah.

Pohon ara yang termasuk semak besar ini telah diyakini menjadi salah satu tanaman pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Pohon ara termasuk keluarga spesies ‘Ficus carica‘, yang merupakan tanaman asli Asia dan wilayah Mediterania. Pohon ara berwarna abu-abu dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5-10 meter. Pohon ara mempunyai beberapa cabang besar dengan dedaunan berwarna hijau terang. Pohon ini tumbuh dengan bunga-bunga kecil yang bergerombol dengan buahnya. Pohon ara membutuhkan banyak sinar matahari dan ruang yang cukup untuk dapat tumbuh.

Buah pohon ara yang manis penuh dengan biji, oleh karena itu seringkali dimakan dalam bentuk yang kering. Sebagi sumber nutrisi, buah ara segar dapat dinikmati sepanjang tahun dalam bentuk kering. Buah ara tidak juga dapat dinikmati dalam bentuk buah, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat selai.

Beberapa manfaat buah ara bagi kesehatan

Manfaat buah ara bagi pertumbuhan tulang yang sehat
Buah ara kaya akan kandungan kalsium yang dapat membantu dalam memperkuat tulang dan mempertahankan kepadatan tulang. Hal ini juga akan mencegah masalah penyakit tulang terkait dengna osteoporosis pada usia menjelang tua. Jus buah ara dapat menjadi pengganti yang begitu baik bagi mereka yang mmanfaat buah araengalami alergi susu dan intoleransi laktosa.

Manfaat buah ara untuk mencegah sembelit
Makanan yang tinggi serat ini memainkan peran yang begitu penting untuk melunakkan feses. Hal ini memungkinkan usus untuk menghilangkan kotoran lebih mudah. Kandungan serat dalam buah ara sangatlah tinggi, maka itu dengan konsumsi buah ara secara teratur akan mencegah sembelit.

Khasiat buah ara untuk kesehatan jantung
Buah ara menjadi sumber omega 3 dan omega 6. Ini membuat buah ara mempunyai manfaat untuk dapat mempertahankan kesehatan jantung dari berbagai penyakit. Omega 3 juga akan membantu dalam mencegah penyakit kanker.

>>  Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Mencegah darah tinggi dengan memanfaatkan buah ara
Makanan yang kaya kalium akan membantu mencegah tekanan darah tinggi. Buah ara merupakan buah yang rendah sodium tetapi tinggi akan kandungan kalium. Ini membuat buah ara dapat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi dengan mujarab.

Konsumsi buah akan menurunkan kadar kolesterol
Studi telah menunjukkan bahwa buah ara mempunyai serat larut yang disebut sebagai pektin yang bertindak untuk menurunkan kadar kolesterol. Pektin memberikan batas atas penyerapan kolesterol di dalam usus, dan sebagai akibatnya akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Buah ara menjaga kesehatan usus
Konsumsi buah ara dapat membantu dalam menjaga usus dari berbagai penyakit. Makan buah ara secara teratur akan membantu fungsi usus agar tetap sehat dan mencegah serangan dari kanker usus besar.

Buah ara untuk penglihatan
Dengan konsumsi buah ara maka ini akan membuat sehat penglihatan. Buah ara merupakan sumber vitamin A yang begitu baik, ini akan mencegah kerusakan pada penglihatan seiring bertambahnya usia.

Buah ara dan antioksidan
Buah ara juga mengandung antioksidan yang tinggi karena terdapat fenol dan flavonoid. Antioksidan akan mencegah penuaan dini.

Kandungan nutrisi buah ara (150 g)

  • Protein 1,1 g
  • Karbohidrat 28,6 g
  • Serat 4,3 g
  • Gula 24,23 g
  • Lemak 0,45 g
  • Air 117,9 g
  • Energi 110 kkal

Kandungan vitamin (150 g)

  • Vitamin A 212 IU
  • Vitamin C 3 mg
  • Vitamin K 7 mg
  • Folat 9 μg

Spesies tanaman dari genus ficus ini merupakan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan oleh manusia. Hal ini berhubungan erat dengan pola makan manusia dan budaya. Manfaat buah ara bagi kesehatan juga berperan penting dalam makanan kita. Memasukkannya sebagai menu harian menjadi cara menjaga kesehatan dengan baik.

 
  Incoming Keywords: manfaat buah ara, buah ara, manfaat pohon ara

, ,

Comments are closed.