Penyebab Nyeri pada Paha

Sakit pada paha seringkali dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Rasa sakit pada paha dapat menyebar hingga membentang ke daerah pinggul dan lutut. Sakit paha terjadi ketika celah pada saraf tertekan karena disebabkan oleh cedera atau pembengkakan. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada saraf yang terdapat di seluruh tubuh dimana sangat penting fungsinya untuk memberikan informasi ke otak mengenai rangsangan yang dihasilkan. Paha terdiri dari otot, tendon, tulang, ligamen, saraf, dan pembuluh darah. Tulang, ligamen, otot, dan tendon memberikan dukungan struktural, sedangkan saraf membawa informasi yang dihasilkan oleh rangsangan ke otak dan membawa pesan dari otak ke bagian tubuh untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan. Begitu pula dengan kaki yang terdiri dari saraf utama yang dikenal dengan saraf kulit femoralis lateral, sedangkan adanya tekanan dapat menyebabkan nyeri paha bersamaan dengan masalah lain seperti disfungsi kaki dan kelumpuhan. Biasanya, terdapat ruang yang cukup bagi saraf untuk melewati persendian, otot, dan tulang. Namun, celah pada saraf mungkin akan mengalami tekanan karena cedera atau kondisi lain yang dapat menyebabkan pembengkakan atau tekanan. Banyak penyakit akut dan kronis, otot tegang, patah tulang, infeksi dan penyakit yang menjadi penyebab sakit paha ini.

Nyeri di paha juga dapat timbul dari peradangan otot, ligamen, atau tendon di daerah pinggul. Selain itu juga terdapat berbagai penyakit akut atau kronis lainnya yang dapat menyebabkan paha mengalami nyeri. Berikut di bawah ini lebih banyak tentang kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebab rasa sakit di paha.

Penyebab sakit paha

Nyeri yang terjadi dapat dirasakan di anterior, posterior atau area lateral paha. Nyeri paha yang berulang pada salah satu atau kedua paha akan terjadi akibat terlalu sering menggunakan otot-otot di daerah ini. Nyeri di paha dapat disebabkan pula oleh cedera traumatis dan luka yang berulang. Terlibat dalam kegiatan fisik yang berat tanpa melakukan latihan pemanasan juga dapat menyebabkan paha keseleo, cedera hamstring atau tegang pada otot yang pada akibatnya dapat menyebabkan nyeri pada anterior, posterior atau wilayah luar paha. Nyeri juga dapat disebabkan karena kondisi kesehatan yapenyebab nyeri pahang serius.

Lipoma
Lipoma yang timbul pada bagian tubuh seperti lengan dan paha sebelah atas, dada dan leher, terbuat dari jaringan yang sangat kecil dan diketahui sebagai penyebab sakit paha. Untuk mengobati lipoma biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menjalani operasi, namun hanya jika rasa sakit menjadi tak tertahankan dan di lain sisi gerakan anda menjadi terbatas pada bagian tubuh yang bersangkutan, terjadi infeksi atau mungkin menimbulkan bau yang menyengat.

Osteomielitis
Dalam istilah medis, adanya infeksi yang terjadi pada tulang bagian paha disebut dengan osteomielitis. Osteomyelitis kronis dan osteomielitis akut adalah 2 jenis osteomyelitis yang menyebabkan rasa sakit, yang mempengaruhi aliran darah di bagian paha.

Sarcoma Ewing
Usia remaja lebih rentan terhadap Sarkoma Ewing daripada orang-orang yang berbeda kelompok usia lainnya. Inilah yang menyebabkan rasa sakit pada paha karena adanya tumor di tulang paha. Tumor ini adalah kanker yang dapat menunjukkan gejala seperti pembengkakan, memar, dan disertai demam.

>>  Pembekuan Darah pada Kaki

Arthritis septik
Pada dasarnya Arthritis septik adalah infeksi bakteri, yang diakibatkan oleh pemberian suntikan tertentu, dan pernah menjalani operasi atau karena cedera. Nama lain dari arthritis septik adalah arthritis menular dan dianggap menyebabkan sakit paha. Rasa sakit paling dapat dirasakan saat melakukan kegiatan seperti berjalan, berlari, atau bahkan saat sendi-sendi di tubuh disentuh.

Kehamilan
Nyeri paha yang tajam selama kehamilan dapat terjadi karena berbagai perubahan hormon dalam tubuh. Meningkatnya volume darah dan sistem peredaran darah yang harus bekerja lebih keras selama kehamilan akan menyebabkan kondisi nyeri pada paha. Kondisi seperti edema, round ligamen, dan disfungsi simfisis pubis juga dapat menyebabkan nyeri pada paha selama kehamilan.

Osteosarcoma
Tulang tubuh manusia yang panjang seperti panggul, tulang paha, dan tibia adalah bagian tubuh yang paling terpengaruh oleh kanker yang disebut dengan osteosarcoma. Kanker ini menyebabkan rasa sakit di sekitar paha dan sering dirasakan ketika adanya aktivitas berat, seperti halnya dalam kasus arthritis septik.

Gejala nyeri pada paha

Gejala yang dapat terlihat pada sakit bagian paha antara lain adalah:

  • Pembengkakan di paha
  • Rasa terbakar di paha
  • Otot paha terasa kaku
  • Paha sulit bergerak
  • Rasa nyeri menyebar sampai keluar paha
  • Nyeri di daerah selangkangan yang menyebar sampai ke pantat
  • Mati rasa
  • Nyeri pada tulang paha
  • Nyeri paha saat duduk atau berjalan

Tips mengobati nyeri paha

Oleh karena nyeri di paha dapat disebabkan karena berbagai penyebab, maka perlu untuk mengenali  penyebab sakit paha. Pilihan pengobatan akan bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari. Terapi obat akan diperlukan untuk mengobati degeneratif tulang atau saraf terjepit. Pasien harus menahan diri untuk terlibat dalam aktivitas fisik berat yang akan memperburuk kondisi. Mereka yang kelebihan berat badan harus menurunkan berat badan. Dalam kasus sakit yang parah, dokter dapat memberikan injeksi kortikosteroid untuk meredakan peradangan. Dokter mungkin juga akan menyarankan operasi jika menderita sakit paha yang konstan dan nyeri yang parah pada paha dalam beberapa kasus. Pembedahan akan dilakukan hanya jika terpaksa atau tidak mempunyai pilihan pengobatan lain. Namun, operasi akan diperlukan jika nyeri di daerah paha akibat dari pertumbuhan kanker.


Artikel ini adalah gambaran singkat tentang nyeri atau sakit paha. Jika anda telah mengalami serangan nyeri paha yang berulang, carilah bantuan dengan segera. Diagnosis dan pengobatan tepat akan memastikan proses penyembuhan yang cepat.

 
  Incoming Keywords: urat paha sakit, bagian paha terasa nyeri, gejala sakit pada paha dan cara pengobatannya, kaki bagian paha terasa linu, nyeri pada paha, paha nyeri, penyebab sakit di paha seperti rasa linu, sakit di paha bawah

, ,

Comments are closed.