Cara Mengatasi Nyeri Paha

Cara mengatasi nyeri paha yang terjadi sewaktu beraktivitas seperti duduk, berjalan, dan berlari ini akan membantu anda menjalani pengobatan yang efektif. Sirkulasi darah yang tidak tepat, adanya lipoma, bursitis, dan arthritis septik adalah beberapa penyebab utama di belakang nyeri paha di malam hari.


Meskipun nyeri paha adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi pada banyak orang, mengenali kondisi mengatasi nyeri pahamedis yang mendasari di balik rasa sakit adalah juga penting. Banyak sekali kemungkinan penyebab nyeri paha, dan keterlambatan dalam pengobatan juga akan menyebabkan komplikasi. Hal ini dapat mempengaruhi rutinitas keseharian dan tidak dapat membuat anda tidur nyenyak sewaktu malam hari. Namun, dengna adanya pengobatan efektif yang tersedia, ini akan dapat membantu anda untuk menyembuhkan kondisi ini. Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi nyeri paha yang sederhana untuk menyembuhkan sakit paha sendiri di rumah.

Penyebab nyeri paha

Rasa sakit pada paha dapat ringan hingga parah tergantung pada penyebab di balik rasa nyeri paha. Oleh karena itu diperlukan diagnosis pada tahap awal. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri paha:

  • Timbulnya lipoma di paha yang dapat menyebabkan sakit yang ringan sampai nyeri paha yang parah di malam hari.
  • Pasokan darah yang tidak tepat di otot paha, yang mungkin saja diakibatkan dari arteri yang tersumbat, yang akhirnya akan menyebabkan kram dan nyeri di otot paha.
  • Kantong berisi cairan yang terdapat antara jaringan untuk mengurangi gesekan disebut dengan bursa. Karena berbagai alasan seperti adanya trauma, gout, rematik, dsb, bursa mengalami peradangan. Kondisi ini dikenal dengan isitilah bursitis.
  • Salah satu penyebab nyeri paha pada anak-anak adalah tumor kanker yang disebut dengna Sarkoma Ewing. Kanker ini sebagian besar mempengaruhi anak-anak di usia 9-14 tahun atau juga masa remaja.
  • Banyak orang menderita nyeri paha setelah operasi penggantian pinggul. Hal ini karena implantasi selama operasi, yang akhirnya menyebabkan nyeri paha saat duduk, berjalan atau bahkan saat tidur.
  • Infeksi pada tulang yang disebut osteomielitis, umumnya mempengaruhi tulang paha. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri paha, demam, bengkak, kemerahan.
  • Arthritis septic dapat disebabkan karena infeksi bakteri yang menyerang persendian. Jika sendi pinggul mengalami infeksi, maka ini akan menghasilkan nyeri paha yang parah dan terasa ke otot paha sampai pangkal paha.
  • Selama kehamilan, tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan struktural dan hormonal. Perubahan ini dapat menyebabkan edema, disfungsi simfisis pubis dan ligamen round.
  • Obat-obatan seperti pil KB, kontrasepsi hormonal, obat tekanan darah tinggi juga dapat memicu nyeri paha di malam hari.
  • Olahraga tanpa pemanasan yang tepat dapat menyebabkan ketegangan otot.
>>  Penyebab Nyeri Lutut Saat Berlari

Cara mengobati nyeri paha

Berikut adalah beberapa perawatan sederhana yang dapat anda gunakan sendiri untuk mengatasi rasa sakit paha. Meskipun pengobatan ini efektif, namun akan selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari konsekuensi lebih lanjut.

  • Pakailah celana wol di malam hari. Hal ini akan membantu banyak dalam meredakan nyeri pada paha.
  • Memijat paha dengan mustard hangat atau minyak zaitun. Untuk hasil yang lebih baik dan cepat, anda dapat menambahkan satu atau dua siung bawang putih.
  • Balut daerah paha dengan kain flanel. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk nyeri paha.
  • Minyak ikan cod diyakini menjadi obat dari sakit paha. Ambil 2-3 tetes minyak ikan cod setiap hari sebelum tidur.
  • Terapi kompres juga cukup membantu dalam mengurangi rasa sakit. Ambil kantong plastik dan isi dengan es batu. Kompres pada paha selama 20 menit. Ulangi 2-3 kali dalam sehari.
  • Lakukan beberapa gerakan pelenturan untuk meredakan sakit paha.

Setelah mencoba semua cara mengatasi paha sakit yang disebutkan di atas, jika anda gagal untuk meredakan rasa sakit di paha, anda akan memerlukan bantuan dari ahli ortopedi sesegera mungkin. Kemungkinan besar anda akan diberi injeksi kortikosteroid jika radang sendi adalah sebagai penyebab yang terdiagnosis. Pada kasus yang parah, perawatan bedah juga mungkin dianjurkan. Untuk menghindari komplikasi lebih lanjut terjadi dari rasa sakit di paha, anda harus melakukan diagnosis dan pengobatan tepat waktu. Hubungi penyedia layanan medis untuk mendapatkan saran medis yang diperlukan untuk mengobati sakit di paha.

 
  Incoming Keywords: Cara mengatasi sakit tulang/otot paha pada wanita hamil, Cara mengatasi sendi paha, cara mengobati paha yang sakit, obat untuk nyeri paha, sakit paha seyela, Tips cara mengatasi paha yang sakit?

, ,

Comments are closed.