Penyebab Lengan Tangan Kiri Mati Rasa Kesemutan

Penyebab lengan tangan kiri kesemutan dan mati rasa dapat beraneka ragam. Beberapa gangguan pada saraf dan masalah kesehatan serius menjadi hal yang terkait dengan kondisi lengan kiri menjadi mati rasa bersamaan dengan kesemutan. Kondisi ini adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Pada beberapa kasus, kondisi ini timbul karena adanya beberapa gangguan kesehatan yang tidak seberapa. Namun, kondisi ini juga dapat menjadi gejala dari masalah yang wajib dikhawatirkan. Sebagai tindakan pencegahan awal, sangatlah perlu untuk berkonsultasi dengan dokter secepatnya, agar komplikasi dapat dihindari.

Penyebab lengan kiri mati rasa dan kesemutan

Pada umumnya penyebab lengan kiri menjadi mati rasa dapat disebabkan oleh situasi saat dehidrasi, panik,penyebab lengan tangan kiri mati rasa fibromyalgia, hiperventilasi, gula darah rendah, menopause, migrain, penggunaan obat-obatan tertentu dan defisiensi vitamin B. Selain itu ada juga beberapa penyebab serius yang tidak boleh dianggap enteng. Oleh sebab itu, anda sudah selayaknya berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kelak. Jika anda mengalami kesemutan dan mati rasa pada lengan tangan kiri anda, daftar di bawah berikut mungkin saja adalah salah satu penyebabnya.

Mini stroke
Stroke ringan atau mini stroke dalam istilah medis juga disebut dengan serangan iskemik transien, ini adalah kehilangan fungsi otak sementara waktu. Kondisi ini disebabkan karena adanya penyumbatan suplai darah ke daerah tertentu dari organ terkait, dalam tempo yang pendek. Kondisi ini terjadi tidak lebih dari 24 jam. Gejala yang diderita dapat seperti kesulitan berbicara, rasa bingung, kepala pusing, kehilangan kesadaran dan hilang ingatan. Meskipun dianggap tidak begitu mematikan jika dibandingkan dengan stroke, mini stroke dapat menyebabkan stroke yang lebih parah. Lengan kiri menjadi mati rasa dan kesemutan dapat menjadi indikasi dari serangan iskemik transien, jika hal ini menyerang bagian kanan otak. Stroke meskipun ringan juga wajib mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin, untuk menghindari serangan stroke yang lebih parah suatu saat nanti.

Penyakit stroke
Stroke dapat menjadi penyebab kehilangan fungsi otak akibat suplai darah ke otak yang mengalami gangguan. Kondisi stroke yang terjadi pada salah satu sisi dari otak akan mempengaruhi sisi tubuh yang berlawanan. Jika lengan kiri anda terasa mati rasa dan kesemutan, hal ini dapat menjadi gejala stroke pada otak bagian kanan. Pada kondisi stroke, penderita juga mungkin akan mengalami gangguan penglihatan, gangguan berbicara, gangguan kognitif. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus secepatnya mencari bantuan medis.

Saraf terjepit
Saraf perifer berfungsi memberikan mobilitas dan sensasi pada tangan, lengan, dan jari-jari. Jika terdapat gangguan pada saraf ini maka akan menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada lengan. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya gangguan pada tulang belakang. Jika terdapat gangguan ini maka saraf tidak akan berfungsi dengan baik dan tidak mampu untuk mengirim sinyal dari tangan ke versa otak.

>>  Penyebab Kepala Kesemutan Mati Rasa

Serangan jantung
Masalah kesehatan yang fatal dan terkait dengan lengan kiri mati rasa dan kesemutan adalah serangan jantung. Serangan jantung dapat mengakibatkan gejala seperti nyeri dada, sesak pada dada, kesulitan bernafas, dan mual. Gejala serangan jantung lainnya termasuk batuk, pusing, keringat berlebihan, jantung berdebar dan dada terasa sakit seperti diremas atau ditekan. Dalam kondisi ini, nyeri dada dapat menyebar ke lengan tangan khususnya sebelah kiri, bahu, punggung, dan mungkin perut. Gejala-gejala semacam ini menjadi situasi yang mengancam jiwa dan penderita harus mengunjungi dokter secepatnya.

Carpal tunnel syndrome
Ini adalah kondisi medis yang mengacu pada cedera saraf di pergelangan tangan. Jika kondisi ini diderita, maka akan mengalami mati rasa dan kesemutan di lengan hingga sampai ke telapak tangan. Dalam beberapa kasus, jari-jari yang berdekatan juga dapat mengalami mati rasa. Kondisi ini dapat dikenali dengan menekan pangkal telapak, di mana saraf median berada. Jika terdapat rasa sakit yang parah, maka dapat diartikan ini adalah carpal tunnel syndrome.

Herniated disc
Vertebra pada tulang belakang dipisahkan dengan alas yang menyerupai cakram. Cakram yang lembut mungkin akan menyelinap keluar dari tempatnya sehingga menyebabkan herniasi. Herniated disc dapat mengiritasi saraf di sekitarnya dan kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di bagian-bagian tertentu. Pada kasus herniasi disc di leher, maka akan didapati nyeri, mati rasa, dan kesemutan yang terjadi pada lengan. Rasa sakit dapat menyebar dari leher ke lengan dan juga telapak tangan.

Cedera pada pleksus brakialis
Pleksus brakialis adalah bundel saraf yang membawa sinyal dari sumsum tulang belakang ke bahu, lengan, dan tangan. Setiap cedera yang terjadi pada saraf tersebut dapat menyebabkan lengan dan tangan menjadi mati rasa atau kesemutan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa sakit dan seperti terbakar pada lengan.

Selain penyebab di atas, terdapat penyebab lainnya juga seperti halnya masalah kista ganglion, penyempitan pada pembuluh darah di lengan kiri, thoracic uutlet syndrome, tekanan pada saraf karena tumor, dan kekurangan vitamin B12.

Ini adalah beberapa penyebab lengan mati rasa dan kesemutan. Gejala-gejala ini dapat diobati dengan mengetahui penyebab pasti. Jika anda mengalami kondisi ini, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab mati rasa pada lengan agar dapat melakukan perawatan yang benar.

 
  Incoming Keywords: jari tangan mati rasa, kebas pada tangan kiri, kesemutan pada tangan kiri, sebab tangan sering kesemutan dan dada nyeri sebelah kiri, tangan kiri mati rasa dikarenakan apa ?, tangan kiri pegal dan kesemutan

, ,

Comments are closed.