Penyebab Jari Kaki dan Tangan Kesemutan

Jari tangan dan kaki kesemutan merupakan gejala yang memerlukan perhatian dengan serius. Kondisi sering kesemutan pada jari-jari dapat dimungkinkan karena adanya penyakit serius yang menjadi penyebabnya. Kesemutan pada jari-jari kaki dan tangan menjadi keluhan umum yang banyak dialami banyak orang. Kesemutan pada bagian jari merupakan gejala yang sering berhubungan dengan penyakit neurogenik dan kekurangan pasokan darah pada jari. Kesemutan di jari tangan dan kaki adalah gejala serius yang perlu ditangani segera, terutama jika kondisi ini karena gangguan neuropatik. Jika tidak ditangani segera, maka dapat menyebabkan degenerasi yang dapat menyebar.

Jika anda mengalami kesemutan pada jari-jari anda, mungkin saja anda tidak perlu khawatir. Namun, jika anda merasa bahwa kondisi ini terjadi terlalu sering, dan juga menyebabkan gejala abnormal lainnya, maka ada dugaan adanya gangguan saraf yang mempengaruhinya. Rasa kesemutan dapat disertai gejala lain seperti rasa lemah, rasa sakit yang tajam, dan rasa terbakar pada jari.

Penyebab jari kesemutan

Pada sebagian besar kasus kesemutan pada jari dapat muncul akibat dari posisi tidur yang tidak tepat. Ini dapat terjadi jika anda tidak secara sadar menempatkan tangan di bawah tubuh waktu tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan kurangnya suplai darah ke lengan, sehingga jari-jari tangan terasa kesemutan. Kasus semacam ini dapat selesai dengan sendirinya setelah menempatkan tangan dalam posisi normpenyebab jari kesemutanal.

Rasa kesemutan pada jari tangan dan kaki dapat menunjukkan adanya gangguan medis yang terjadi dalam tubuh. Pada umumnya hal ini meliputi penyalahgunaan alkohol, penyakit diabetes tipe 2, cedera sumsum tulang belakang, dan penyakit HIV. Selain ini, kekurangan vitamin B12, kekurangan kalsium, magnesium atau kalium, merokok berlebihan, gigitan serangga, dan alergi makanan laut juga menjadi penyebab jari-jari menjadi kesemutan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan penyebab jari tangan dan kaki kesemutan:

  • Penyakit kusta adalah suatu kondisi dimana bakteri masuk ke dalam sel dan menyebabkan cacat fisik atau rasa pada kulit yang tidak normal. Biasanya penyakit kusta sering muncul di negara-negara tertinggal.
  • Carpal tunnel syndrome adalah kondisi dimana terdapat saraf terjepit diantara ulna dan radius. Tekanan pada saraf ini akan menyebabkan hingga jari menjadi kesemutan.
  • Sindrom outlet toraks adalah suatu kondisi dimana terdapat tekanan pada saraf atau pembuluh darah selama keluar dari outlet toraks, yang merupakan jalur dari leher ke lengan. Maka dari itu akan muncul rasa kesemutan di ujung jari tangan dan kaki.
  • Radiculopathy adalah suatu kondisi di mana terdapat kompresi pada saraf di tulang belakang. Hal ini mungkin terjadi di sepanjang tulang belakang, akan tetapi cervical radiculopathy adalah kondisi dimana saraf yang berasal diantara tulang leher mendapat tekanan, inilah yang menyebabkan jari-jari menjadi kesemutan.
  • Kedinginan juga dapat menyebabkan jari-jari kesemutan. Pada cuaca dingin yang ekstrim, terjadi penyempitan pembuluh darah, sehingga pasokan darah menjadi hampir terputus di peripheral. Gejala yang dirasakan adalah mati rasa, nyeri, dan rasa terbakar karena suplai darah menurun.
  • Penyakit pembuluh darah perifer dapat terjadi karena adanya aterosklerosis. Hal ini menyebabkan suplai darah menjadi terbatas.
  • Arthritis pada jari juga merupakan penyebab jari tangan atau kaki merasa kesemutan. Kondisi ini juga dapat disertai rasa ngilu pada sendi jari.
  • Neuropati diabetes adalah suatu kondisi di mana terdapat kerusakan saraf. Kondisi ini sering nampak pada stadium lanjut dari diabetes yang tidak terkontrol.
  • Sindrom Raynaud adalah kondisi penyempitan pembuluh darah jari tangan dan kaki. Sindrom ini menyebabkan jari-jari terlihat pucat yang disertai dengan paresthesia.
>>  Penyebab Lutut Terasa Panas

Pengobatan

  • Perawatan akan tergantung pada kondisi yang menjadi penyebabnya. Pada kasus diabetes yang parah, penderita harus secepatnya menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Untuk kasus lain karena tekanan pada saraf di tulang belakang, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter, meski pada kasus yang parah, operasi mungkin akan diperlukan. Kekurangan asumsi vitamin dapat juga diatasi dengan suplemen vitamin.
  • Pada kasus carpal tunnel syndrome, maka penderita akan direkomendasikan obat anti rematik non steroid. Terlepas dari ini, sangat penting bagi penderita untuk beristirahat sementara waktu selama proses penyembuhan. Terapi fisik juga akan diperlukan untuk melatih kekuatan otot dan meningkatkan jangkauan gerak.
  • Penderita dapat menggunakan kompres es untuk mengurangi sensasi mati rasa dan kesemutan, karena ini akan meningkatkan sirkulasi darah. Memijat bagian jari yang kesemutan akan banyak membantu. Jika ini adalah karena sindrom Raynaud, maka wajib menggunakan sarung tangan pada suhu rendah.


Kesemutan pada jari seharusnya tidak dapat diremehkan, karena setiap jenis masalah yang terdapat pada saraf atau pembuluh darah dapat menyebabkan hilangnya sensasi atau mati rasa pada jari. Jika terdapat gejala yang timbul terlalu sering, sangat perlu untuk mengunjungi dokter agar didiagnosis lebih dini untuk dilakukan pengobatan tepat waktu.

 
  Incoming Keywords: kaki kesemutan terus, kesemutan karena dingin alergi, penyebab jari tangan kesemutan terus menerus, semutan terus menerus

, ,

Comments are closed.