Tips Merawat Ikan Discus

Ikan discus telah menjadi ikan peliharaan di akuarium. Ikan ini begitu menarik jika diamati karena sangat sensitif terhadap gerakan dan sewaktu berinteraksi dengan anda, apabila anda memang merawat ikan discus ini dengan baik.

Untuk membuat ikan discus menjadi sehat dan panjang umur, air yang bersih, lingkungan yang tepat, dan makanan yang berkualitas menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan. Ikan discus merupakan ikan tropis yang tersedia dalam berbagai warna. Ikan ini juga mempunyai corak yang berbeda pada tubuhnya. Ketika ingin memelihara ikan ini, pastikan anda membeli ikan discus yang memiliki mata bulat dan terlihat jelas, selain itu juga tidak memilih ikan yang mempunyai sirip tipis.

Merawat ikan discus

Komponen yang paling utama dalam tips perawatan ikan discus adalah anda harus menciptakan lingkungan yang cocok bagi ikan discus untuk dapat hidup, yang hampir mirip sesuai dengan habitat aslinya. Cara merawat ikan discus yang tidak benar akan menyebabkan masalah kesehatan bagi ikan discus. Hal ini akan lebih penting lagi jika anda tidak hanya memerawat ikan discusmeliharanya di akuarium, tetapi juga melakukan budidaya ikan discus.

Akuarium
Sebagai ikan akuarium, carilah akuarium yang cukup besar. Disamping itu pertimbangkan ruang yang luas dan komponen tambahan seperti tanaman dan kerikil yang akan ditempatkan di dalam akuarium. Buatlah supaya ikan discus masih tetap akan memiliki ruang yang cukup luas untuk dapat bergerak bebas di dalam akuarium. Jangan menempatkan akuarium yang dapat terkena sinar matahari langsung. Tempatkan akuarium di tempat yang tenang, jauh dari kebisingan dan getaran. Dengan menempatkan akuarium di tempat yang tenang, maka ikan tidak akan mudah gelisah.

Temperatur
Habitat alami ikan discus adalah air yang terbilang hangat. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga temperatur air. Dengan memakai alat seperti termometer, secara ideal, suhu air harus dijaga sekitar pada 27º – 30º C. Kadar pH air akuarium juga harus dijaga hingga 6,5.

Tanaman akuarium
Setelah selesai mengisi akuarium dengan air dan kerikil, anda dapat menghiasinya dengan tanaman air. Di habitat aslinya, ikan discus ini adalah ikan yang pemalu. Maka itu ikan ini seringkali bersembunyi di balik tanaman. Setiap kali ikan ini merasa panik atau takut, maka mereka juga akan menyembunyikan diri. Fungsi tanaman dalam air bukan hanya untuk dekoratif saja, melainkan berguna untuk menyaring amonia dan bakteri yang terdapat di dalam air.

>>  Merawat Ikan Oscar

Filter
Setelah akuarium tertata dengan rapi, sekarang tiba waktunya untuk memasang filter untuk perawatan akuarium. Agar lebih baik, anda dapat memilih untuk memasang filter eksternal, bukan filter dengan tenaga pompa.

Makanan
Makanan ikan discus terdiri dari makanan yang bervariasi yang kaya akan protein dan vitamin. Anda dapat memberi makan ikan discus dengan serpihan udang kecil dan cacing. Ikan discus menyukai udang laut yang bermanfaat untuk meningkatkan warna tubuhnya dan menjaga kesehatan. Anda juga dapat memberikan cacing darah yang sudah beku sebagai pakan ikan discus. Setiap kali anda menggabungkan berbagai jenis produk makanan, pastikan anda menggunakan produk kualitas terbaik.

Mungkin saja akan timbul masalah terjadi jika ikan discus tidak dirawat dengan tepat. Berikut di bawah ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi masalah yang terkait dengan ikan discus sebagai tips perawatan:

  • Polusi air dan makanan yang tidak tepat akan menyebabkan ikan discus kekurangan kadar yodium. Oleh karena itu bersihkan akuarium secara teratur dan gunakan pakan ikan dengan kualitas terbaik dan komposisi yang tepat.
  • Kurangnya vitamin dalam pakan ikan discus menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan discus seperti borok, perdarahan, dan kekebalan tubuh yang buruk. Sertakan vitamin selalu dalam makanan ikan discus.
  • Hindari untuk memasukkan ikan baru secara langsung ke dalam akuarium. Simpan dalam akuarium lain atau terpisah untuk beberapa minggu dan amati perkembangannya. Jika selama beberapa minggu tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, maka anda boleh mencampurnya bersama ikan discus yang lain dalam akuarium.

Dengan mengikuti panduan merawat ikan discus ini maka ikan peliharaan anda akan tetap sehat dan berkembang biak dengan baik.

 
  Incoming Keywords: air untuk ikan discus ph

, ,

Comments are closed.