Burung Parkit dan Perawatannya

Burung parkit adalah burung kecil dari jenis spesies bayan. Burung ini memiliki ekor panjang dan dijumpai dalam berbagai warna. Burung parkit begitu populer sebagai hewan peliharaan oleh sejumlah besar pecinta burung. Setelah anda mendapatkan burung ini, maka anda perlu melakukan perawatan burung parkit. Berikut di bawah ini informasi menarik yang perlu anda terapkan dengan tepat sehingga burung piaraan anda dapat hidup sehat dan panjang umur.

Pada umumnya, parkit dapat mencapai umur 8 sampai 10 tahun jika dipelihara dengan makanan yang sehat dan lingkungan yang bersih. Bahkan ada juga parkit yang dapat hidup di atas 10 tahun. Cara membedakan antara parkit jantan dan parkit betina dapat terlihat dari bagian pangkal paruhnya. Parkit jantan memiliki warna ungu sedangkan pada parkit betina berwana putih kecoklatan. Sebagai burung peliharaan, parkit begitu populer.

Tips merawat parkit


  • Parkit memiliki perilaku lucu yang membuat burung ini begitu sangat populer sebagai hewan peliharaan. Gunakan waktu anda untuk berinteraksi dengan mereka selama setidaknya setengah jam tiap hari. Parkit akan menyukai jika anda berbicara kepada mereka. Jangan membuat lingkungan di sekitarnya terlalu tenang atau terlalu bising. Berikan beberapa mainan burung seperti ayunan burung, dan tanburung parkitgga. Parkit adalah burung yang aktif dan suka bermain. Burung ini juga cenderung menderita secara mental dan emosional jika tidak mendapatkan cukup rangsangan.

  • Siapkan kandang yang cukup besar. Ini akan menjadi tempat yang terbaik agar parkit dapat menjadi lebih bebas. Parkit memerlukan cukup ruang untuk meregangkan sayap dan bergerak di sekitar ruangan. Maka itu, kandang parkit harus sedikit lebih lebar agar mereka dapat terbang. Parkit akan merasa sesak jika sangkarnya kekecilan. Tutup kandang dengan kain pada malam hari, sehingga hewan peliharaan anda merasa aman.

  • Anda perlu menyediakan makanan dengan campuran biji termasuk jewawut, yang dapat dengan mudah ditemukan di toko pakan burung. Berikan biji-bijian dua kali sehari. Sementara itu parkit juga menyukai buah-buahan seperti semangka, jeruk, delima, pir, melon, jeruk, mangga, buah kiwi, apel, jambu biji, juga dapat dipakai. Untuk jenis sayuran adalah selada air, jagung manis, bayam, batang kangkung, kacang polong, lobak, seledri, brokoli, dan wortel. Pastikan anda benar-benar mencuci buah dan sayuran, memotong dengan kecil-kecil, dan membersihkannya sebelum diberikan. Air minum yang bersih harus disediakan setiap hari.

  • Parkit sebagai burung piaraan yang mudah pemeliharaannya suka mandi di air agar tetap bersih. Namun, karena lingkungan yang baru, mereka mungkin menjadi takut dan berhati-hati, terutama di hadapan manusia dan hewan besar lainnya. Selama beberapa bulan pertama, ada kemungkinan mereka mungkin tidak mandi, tapi ketika mereka merasa bahwa dirinya aman, maka mereka akan suka bermain di dalam air. Anda dapat menggunakan air hangat untuk memandikannya.

  • Jangan menempatkan kandangnya di dekat AC atau di dapur, di mana terdapat asap dan bau. Pastikan juga tidak ada semprotan atau produk pembersih yang disemprotkan dekat dengan parkit. Jika anda ingin melepaskan burung ini di dalam rumah, tutup pintu dan jendela agar tidak terbang keluar. Matikan juga kipas angin karena akan berbahaya bagi parkit.

  • Untuk pembiakkan atau ternak, harus dipastikan bahwa kedua burung telah dewasa atau telah lebih dari satu tahun. Setelah kawin, telur yang dibuahi memakan waktu sekitar 18-20 hari untuk dapat menetas. Setelah menetas akan membutuhkan waktu sekitar 4 minggu sebelum anak burung mempunyai bulu sepenuhnya.

  • Parkit secara alami merupakan burung yang lucu dan suka bermain dengan mainan. Mereka adalah burung yang suka hidup berkelompok. Jika anda hanya mempunyai seekor burung, cobalah untuk memelihara lagi, atau anda juga dapat mencoba untuk mencarikannya pasangan.


Parkit harganya murah dan memerlukan perawatan yang cukup mudah. Burung parkit memberikan hiburan yang menarik pada manusia dari segala usia. Parkit merupakan burung yang sangat jinak dan bahkan dapat juga menikmati musik yang sedang anda putar.

 
  Incoming Keywords: cara beternak parkit agar cepat bertelur, cara buat kandang burung kecil mainan, parkit yg lg bertelur

, ,

Comments are closed.