Tangan Kanan Kesemutan Penyebab Mengobati

Tangan kanan kesemutan atau mati rasa dapat disebabkan karena beberapa alasan ringan seperti posisi tubuh yang tidak tepat, adanya tekanan yang berlebih pada tangan, atau bahkan yang penyebab yang lebih parah seperti herniated disc. Berikut adalah wawasan singkat mengenai kemungkinan penyebab tangan kanan kesemutan dan cara mengobati tangan kanan mati rasa.


Tangan kanan kesemutan pada umumnya disertai dengan rasa panas dan terbakar. Pada sebagian besar kasus yang terjadi, kesemutan pada tangan sebelah kanan dapat disebabkan karena adanya cedera atau tekanan pada tangan. Tekanan berat pada saraf biasanya juga dapat menjadi salah satu penyebab yang paling sering dialami.

Penyebab tangan kanan kesemutan

Kesemutan pada tangan kanan saat tidur dapat terjadi ketika terdapat tekanan yang over pada tangan. Begitu pulatangan kanan kesemutan saat memegang ataupun mengangkat benda berat untuk jangka waktu yang lama, tidur dengan posisi tangan menggantung di luar tempat tidur juga dapat menjadi penyebab tangan kanan menjadi kesemutan karena sirkulasi darah menjadi tidak beraturan. Ini adalah beberapa penyebab kecil yang tidak memerlukan perawatan medis dengan serius. Memijat tangan dengan minyak pijat secara perlahan-lahan akan dapat membantu mengatasi tangan kanan kesemutan.

Pada kasus jika tangan seringkali mengalami kesemutan atau disertai dengan gejala lain yang terjadi bersamaan, maka mungkin saja terdapat penyebab yang serius. Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab tangan kanan kesemutan dengan alasan yang serius:

Cedera

Cedera saraf pleksus brakialis akan menjadi penyebab tangan kanan mati rasa. Kondisi ini dapat disertai gejala seperti nyeri dan mati rasa pada bagian tangan. Patah pada tulang belikat, cedera pada siku, engkel tangan, dsb juga dapat menyebabkan kesemutan dan nyeri, serta tangan terasa panas terbakar.

Gejala terkait
Warna kulit menjadi kemerahan atau biru gelap dan disertai tangan terasa nyeri.

Cara mengobati
Dalam hal pengobatan akan tergantung pada tingkat keparahan cedera. Obat penghilang rasa sakit, operasi dan terapi fisik dapat menjadi pilihan untuk dipakai sebagai pengobatan.


Faktor kekurangan gizi

Adanya faktor kekurangan mineral dan vitamin tertentu dapat menjadi salah satu penyebab tangan kanan kesemutan yang paling umum, hal ini juga dapat menyebar pada lengan dan jari-jari tangan. Kekurangan magnesium, kalsium, vitamin B meliputi B12, B2, dan B5, fosfor, vitamin C, dan vitamin D juga akan menyebabkan gejala-gejala terkait. Gizi yang serba kurang dapat terjadi karena beberapa alasan tertentu.

Gejala terkait
Otot terasa sakit, mata kering, rambut rontok, alergi, kulit kering, dan pembengkakan merupakan beberapa gejala kekurangan gizi.

Cara mengobati
Sebagai pengobatan kekurangan gizi, membuat perubahan dalam pola makan atau menggunakan suplemen akan diperlukan. Ahli kesehatan akan memberikan resep suplemen sesuai dengan tingkat keparahan dari gizi yang kurang. Jika kekurangan gizi akibat karena adanya penyakit lainnya, maka dapat diresepkan metode pengobatan untuk menyembuhkan gangguan yang mendasarinya.


Sindrom carpal tunnel

Sindrom ini merupakan masalah yang terjadi pada pergelangan tangan karena adanya tekanan pada saraf di sekitar pergelangan tangan kanan. Penyebab sindrom carpal tunnel secara pasti belum diketahui hingga saat ini. Meski begitu, faktor-faktor terkait obesitas, gerakan dari pergelangan tangan, penyakit diabetes, dan arthritis, menjadi beberapa pemicu timbulnya sindrom ini.

Gejala terkait
Kesemutan pada tangan, nyeri, mati rasa di lengan kanan, jari-jari tangan terasa lemah adalah beberapa gejala carpal tunnel.

Cara mengobati
Pada sebagian kasus, obat penghilang rasa sakit, obat anti inflamasi non-steroid, dan kompres es dapat membantu untuk menyembuhkan rasa sakit dan pembengkakan yang dialami. Pada kasus yang lebih parah mungkin saja akan memerlukan operasi pembedahan.


Herniated disc

Ini adalah masalah yang terjadi pada cakram tulang belakang. Terkadang, sebagian dari cakram menjorok keluar dari vertebra dan menekan saraf tertentu. Situasi ini akan menyebabkan rasa nyeri dan tangan maupun kaki akan menjadi kesemutan. Rasa nyeri juga dapat menyebar sampai ke jari.

Gejala terkait
Gejala yang terlihat adalah rasa nyeri yang lama, tangan kanan kesemutan, lengan menjadi lunglai, dsb.

Cara mengobati
Kompres es, obat non-steroid anti-inflamasi, obat pain killer, terapi fisik dapat menjadi cara mengobati tangan kanan kesemutan. Jika cara mengobati tangan kanan kesemutan ini bekerja, metode operasi mungkin saja akan dibutuhkan.


Sindrom Raynaud

Pada kondisi sindrom ini, arteri yang memasok darah ke bagian-bagian tertentu mengalami kejang tiba-tiba dan menyebabkan aliran darah menjadi terbatas. Bagian tubuh yang ikut terkena imbasnya antara lain adalah jari tangan dan kaki, hidung, dan telinga. Telapak tangan dan kaki dapat menjadi pucat dan kesemutan, kemudian berubah menjadi berwarna biru.

Gejala terkait
Rasa sakit dan kesemutan di jari tangan dan kaki. Perubahan warna pada bagian yang sakit akan berubah dari putih menjadi biru dan kemerahan.

Cara mengobati
Adanya perubahan gaya hidup, pemijatan, dan teknik relaksasi akan membantu dalam meredakan keparahan kondisi. Pada situasi yang lebih parah, dokter akan menyarankan obat tertentu dan bahkan metode operasi.


Tips mencegah

Jika tangan kanan mengalami kesemutan terlalu sering, maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. Meski terdapat obat-obatan yang tersedia untuk mengobati kondisi tersebut, tindakan pencegahan juga harus dilakukan untuk menghindari rasa sakit ini berkembang lagi di kemudian hari.

  • Sewaktu mengetik, posisi duduk harus posisi yang tepat, dengan pergelangan tangan dalam posisi lurus saat mengetik.
  • Jangan menggunakan tangan kanan untuk melakukan pekerjaan terlalu berat. Jika pekerjaan anda melibatkan menggunakan tangan kanan berulang kali, anda dapat beralih ke tangan kiri.
  • Jika terjadi bengkak pada tangan akibat cedera, pastikan anda memakai penyangga lengan atau dekker.
  • Jika tangan terasa lelah setelah bekerja, ambilah istirahat untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.


Tangan kanan kesemutan seringkali diabaikan. Tidak banyak orang yang berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Namun, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, mungkin saja terdapat penyebab yang serius. Berkunjung ke dokter akan diperlukan untuk mendapatkan diagnosis sesegera mungkin.

 
  Incoming Keywords: obat tradisional kesemutan tangan kanan, tangan kanan kesemutan, obat kesemutan, obat kesemutan tangan sebelah kanan

,

Comments are closed.