Penyebab Kepala Kesemutan Mati Rasa

Penyebab kepala kesemutan atau mati rasa dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, hal ini meliputi juga cedera pada otot leher, penyakit stroke, dan bahkan masalah neurologis.


Kepala kesemutan dapat diakibatkan dari iritasi saraf atau kondisi saraf terjepit, terutama pada bagian leher dan punggung bagian atas. Dalam istilah medis, kondisi mengenai hal ini disebut dengan kepala parestesia. Hal ini pada umumnya disebabkan karena timbul stres, rasa cemas, adanya gangguan pada otot di leher, daerah punggung atas, dan bahu.

Meskipun terkadang, adakalanya penyebab kepala terasa kesemutan dapat menjadi indikator dari sebuah kondisi yang jauh lebih serius. Kondisi ini umumnya melibatkan tekanan pada saraf yang menyebar sampai ke kulit kepala. Biasanya, kondisi yang terkait dengan masalah ini adalah adanya iritasi saraf serviks dan trigeminal, gangguan tulang belakang, dan penyakit saraf. Beberapa penyebab kepala kesemutan yang dapat menyebabkan mati rasa di kepala adalah sebagai berikut di bawah.

Penyebab dan gejala kepala kesemutan

Multiple sklerosis
Kondisi ini merupakan gangguan neurologis autoimun, yang meliputi hilangnya selubung myelin yang mengelilingi serabut saraf tertentu yang akhirnya akan dapat mempengaruhi bagian otak dan sumsum tulangkepala kesemutan mati rasa belakang.

Gejala yang terlihat: mati rasa di bagian kepala, mata kabur, kepala pusing, dan kelumpuhan parsial pada situasi yang begitu ekstrim.


Herpes zoster
Ini adalah kondisi yang dapat terjadi secara tiba-tiba di sepanjang jalur saraf, pada umumnya kondisi ini disertai dengan gejala neuralgia yang parah. Herpes zoster dapat mempengaruhi trigeminal dan saraf serviks.

Gejala yang terlihat: kepala mengalami kesemutan dan mati rasa dan biasanya terjadi hanya pada salah satu sisi, baik sebelah kiri maupun kanan. Selain itu juga akan muncul gejala flu dan gangguan visi.


Meningitis
Ini adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan karena peranan bakteri yang mengakibatkan kerusakan pada meninges otak.

Gejala yang terlihat: mual, demam, mati rasa di bagian kepala, dan kepala terasa nyeri.


Epilepsi
Kondisi ini merupakan gangguan pada sistem saraf pusat, ditandai oleh kejang dan kehilangan kesadaran.

Gejala yang terlihat: rasa kesemutan di daerah kepala, otot kejang, dan kepala mati rasa.


Trigeminal neuralgia
Kondisi ini merupakan gangguan pada saraf yang intens dan seringkali mempengaruhi orang dewasa. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui secara pasti, tetapi hal ini akan mempengaruhi saraf trigeminal.

Gejala yang terlihat: daerah kepala dan wajah menjadi kesemutan, pada bagian wajah akan terasa seperti ditusuk.


Penyakit stroke
Ini adalah suatu kondisi dimana kehilangan fungsi otak karena pembuluh darah yang pecah, dan menyebabkan nekrosis pada jaringan otak.

Gejala yang terlihat: kepala pusing, kepala kesemutan, tidak mampu mengendalikan otot.


Serangan jantung iskemik
Kondisi ini tidak sebegitu parah jika dibandingkan dengan stroke, karena hanya mengganggu pasokan darah ke otak dalam yang singkat.

>>  Kesemutan pada Jempol Kaki dan Mati Rasa

Gejala yang terlihat: rasa lelah, tubuh terasa lemah, pingsan, kepala kesemutan.


Hiperkalemia
Meningkatnya kadar kalium dalam darah dan melebihi kisaran normal akan menyebabkan hiperkalemia. Hal ini seringkali berhubungan dengan pemakaian obat diuretik atau karena penyakit gagal ginjal.

Gejala yang terlihat: denyut nadi yang lemah, lambat, dan tidak teratur, kepala mati rasa.


Terlepas dari penyebab kepala kesemutan yang disebutkan sebelumnya, beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan kepala menjadi mati rasa adalah termasuk tumor otak, migrain, vaskulitis, dan spondilitis. Kondisi ini terkadang disertai dengan gejala kesemutan juga. Selain itu, penderita akan dapat mengalami rasa pusing dan mual. Adanya gejala tersebut dapat menjadi tanda adanya kondisi medis yang begitu serius akibat dari cedera kecil atau mungkin trauma pada otot-otot leher dan pada area punggung.

Cara mengobati

Pengobatan untuk kepala kesemutan tergantung dari hasil diagnosis penyebab kesemutan yang mendasarinya. Dokter akan melakukan analisis lengkap mengenai riwayat kesehatan pasien, serta mengetahui gejala yang terjadi dan tingkat frekuensi.

Dalam tahap diagnosis dokter dapat menjalankan serangkaian pemeriksaan neurologis yang meliputi:

  • Biopsi saraf
  • Konduksi saraf
  • Elektromiografi
  • Tingkat HB
  • Vitamin B12, kalsium, magnesium, vitamin B12, dan tingkat tiamin.

Sesudah penyebabnya dapat dipastikan melalui pemeriksaan diagnostik, dokter dapat memberikan obat sesuai resep, suplemen, dan juga mungkin terapi untuk mengobati masalah yang mendasari. Terkadang, obat anti inflamasi dan obat antidepresan juga mungkin akan diberikan untuk mengobati kepala kesemutan, tergantung pada kondisi yang terkait. Penerapan manajemen stres yang benar juga akan banyak membantu seseorang mengatasi rasa kesemutan dan tidak nyaman yang terkait. Teknik relaksasi juga dapat terbukti efektif untuk mengatasi masalah ini.

Hasil dari diagnosis yang benar akan menjadi cara yang baik dan cepat atas keberhasilan dalam mengobati kepala kesemutan dan mencegah komplikasi yang lebih parah. Seandainya anda menderita kesemutan pada bagian kepala dan disertai dengan berbagai gejala seperti di atas, segeralah mengunjungi dokter terbaik di kota anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat guna dilakukan langkah pengobatan.

 
  Incoming Keywords: kesemutan di kepala dan pusing itu gejala apa, apa penyebab kesemutan sampai kepala, penyakit leher mati rasa, kulit kepala mati rasa, kepala terasa kesemutan, kepala kesemutan sebelah kiri, kepala kesemutan sebelah, kepala kayak kesemutan, kenapa kulit kepala saya kadang-kadang mati rasa, cara menghilangkan rasa kebas di kepala

,

Comments are closed.