Manfaat Cengkeh Khasiat Minyak Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan telah lama dikenal oleh banyak manusia semenjak zaman dahulu kala. Pohon cengkeh dapat tumbuh sampai mencapai tinggi di atas 10 meter. Bunga cengkeh seringkali ditemui dalam warna merah muda, dan ketika bunga cengkeh ini mengering, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Tanaman cengkeh merupakan tanaman asli kepulauan Maluku. Selain itu tanaman ini juga terdapat di Filipina bagian Selatan. Produsen cengkeh terbesar di dunia adalah Indonesia. Tanaman cengkeh juga dibudidayakan di negara-negara lain seperti Brazil, India, Jamaika, Madagaskar, dan beberapa daerah tropis lainnya. Tidak seperti rempah-rempah kebanyakan, cengkeh bukanlah tanaman musiman tetapi dapat tersedia sepanjang tahun.

Di negara seperti China dan India, tanaman cengkeh dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi bau mulut. Menurut budaya di Chna, siapa saja yang ingin bertemu dengan raja, sebelumnya wajib untuk mengunyah cengkeh dahulu. Hal ini akan bermanfaat untuk membuat bau nafas menjadi segar.manfaat cengkeh

Cengkeh dipakai untuk bumbu masakan dengan variasi yang berbeda di seluruh dunia. Aroma cengkeh yang begitu kuat membuatnya juga digunakan sebagai pelengkap rempah-rempah lainnya yang dipakai untuk memasak. Bukan hanya untuk urusan kuliner, tanaman cengkeh juga populer karena mempunyai manfaat sebagai obat herbal. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat cengkeh terutama minyak cengkeh pada bidang kesehatan:

Manfaat cengkeh dan minyak cengkeh


  1. Cengkeh bermanfaat sebagai obat untuk sakit telinga, minyak cengkeh dicampur dengan minyak wijen hangat dapat diterapkan pada telinga yang sakit.
  2. Minyak cengkeh bermanfaat sebagai obat jerawat. Bengkak pada kulit akibat jerawat dapat diobati dengan menerapkan minyak cengkeh.
  3. Cengkeh dapat digunakan sebagai obat kolera, malaria, dan kudis.
  4. Cengkeh mempunyai manfaat mengontrol kadar glukosa darah. Eugenol dalam cengkeh juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.
  5. Minyak cengkeh dicampur dengan susu dan garam dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit kepala.
  6. Minyak cengkeh dapat dipakai sebagai penolak nyamuk dan ngengat. Minyak cengkeh dapat menahan serangan nyamuk selama 4 jam lebih.
  7. Cengkeh mengadung berbagai macam protein, mineral, kalsium, zat besi, karbohidrat, fosfor, natrium, kalium, dan asam klorida. Berbagai studi telah menyatakan bahwa cengkeh merupakan antioksidan alami yang tinggi. Cengkeh juga mempunyai banyak vitamin seperti vitamin seperti A dan C, mangan, dan fiber.
  8. Minyak cengkeh bersifat analgesik. Ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi seperti gigi berlubang dan abses. Minyak cengkeh juga dikenal memiliki sifat antibakteri dan digunakan dalam berbagai macam bentuk seperti krim gigi, obat kumur, pasta gigi, yang berguna untuk menyapu bakteri. Selain digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, minyak cengkeh juga bagus untuk menghilangkan sakit pada gusi.
  9. Cengkeh mengadung flavonoid dalam jumlah yang tinggi. Minyak cengkeh dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi radang pada persendian dan menyembuhkan gejala rematik. Aroma minyak cengkeh saat dihirup akan dapat meringankan gangguan pernafasan seperti asma, flu, batuk, bronkitis, sinusitis, dan berguna untuk membersihkan saluran hidung. Obat kumur dari minyak cengkeh juga efektif untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan saat mengalami radang.
  10. Cengkeh mempunyai sifat antiseptik, maka itu dapat digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi masalah seperti infeksi jamur, luka, dan memar.
  11. Minyak cengkeh juga mempunyai manfaat untuk meringankan kejang otot ketika dioleskan pada bagian yang terkena. Minyak cengkeh juga digunakan sebagai obat untuk memberikan bantuan dalam melahirkan selama berabad-abad.
  12. Cengkeh bermanfaat sebagai obat yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati rasa mual, perut kembung, gangguan pencernaan, dan perut sakit.
  13. Cengkeh sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru dan juga kanker kulit. Komponen penting yang terdapat dalam cengkeh yaitu eugenol, dapat membantu untuk meminimalkan dampak berbahaya dari lingkungan yang menjadi penyebab kanker pada saluran pencernaan.
  14. Cengkeh dapat dipakai untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cengkeh juga diketahui sebagai perangsang sirkulasi darah.
  15. Minyak cengkeh mempunyai sifat afrodisiak yang mempunyai manfaat untuk merangsang otak dan meredakan rasa lelah termasuk depresi. Oleh sebab itu cengkeh dapat dipakai sebagai obat pereda stres yang cukup baik. Selain itu juga berguna untuk mengobati gangguan insomnia dengan memberikan kualitas tidur yang baik.
>>  Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit


Cengkeh merupakan rempah-rempah yang mempunyai manfaat serbaguna. Meski begitu, lakukan konsultasi dengan dokter sebelum memakai minyak cengkeh dalam menggunakannya sebagai obat alami.

 
  Incoming Keywords: manfaat minyak cengkeh

, ,

Comments are closed.