Khasiat Minyak Cengkeh Mengatasi Sakit Gigi

Khasiat minyak cengkeh dapat menjadi obat alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi. Pada saat gigi mengalami sakit, minyak cengkeh dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Khasiat minyak cengkeh memang tak terhitung banyaknya, terutama digunakan untuk perawatan gigi. Namun, mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh tidak akan menghentikan sakit gigi secara permanen, akan tetapi dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit sementara waktu.

Sakit gigi dapat disebabkan dari infeksi bakteri, adanya pembusukan, gigi retak, atau infeksi gigi yang telah mencapai akar. Penggunaan minyak cengkeh akan membantu untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat. Setelah itu, anda wajib mengunjungi dokter gigi ketika mengalami sakit gigi yang parah. Anda dapat memakai minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi sebagai pengobatan pertama, sebelum anda mengunjungi dokter gigi.khasiat minyak cengkeh

Khasiat minyak cengkeh

Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh adalah bersifat antibakteri dan pembunuh nyeri dengan alami. Minyak cengkeh telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Minyak ini diolah dari tunas pohon cengkeh dengan proses destilasi uap. Minyak cengkeh mengandung khasiat yang menguntungkan, yang meliputi obat antijamur, obat antiseptik, karminatif, obat kuman dan antivirus. Dokter gigi juga sering memakainya sebagai salah satu bahan utama untuk mengatasi sakit gigi. Ramuan minyak cengkeh bersama dengan seng oksida telah dipakai oleh dokter gigi, sebagai obat penenang sementara untuk gigi sakit. Rutin memakai minyak cengkeh juga dapat mencegah timbulnya plak dan sariawan. Banyak sekali obat kumur dan pasta gigi yang mengandung bahan dari cengkeh, selain itu juga mempunyai aroma yang khas.

Minyak cengkeh juga berkhasiat untuk mengatasi rasa sakit akibat dry socket. Ini adalah masalah gigi yang merupakan komplikasi setelah pencabutan gigi. Selama proses penyembuhan setelah pencabutan gigi, akan ada pembentukan bekuan dalam socket. Namun, karena beberapa penyebab tertentu, bekuan ini akan copot dan menyebabkan kering. Dry socket pasca pencabutan gigi termasuk masalah yang penting karena bisa saja berakibat sakit dan infeksi. Jika anda kebetulan mengalaminya dan tidak dapat mengunjugi dokter gigi, maka anda dapat mencoba untuk memakai minyak cengkeh.

Minyak cengkeh mempunyai sifat anestesi dan menenangkan, serta merupakan bahan pembasmi kuman dalam tahap ringan. Meski bukan obat yang permanen, hal ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Menggunakan minyak cengkeh dalam bentuk murni dapat menyebabkan kerusakan saraf atau jaringan. Oleh sebab itu minyak ini harus dibuat encer. Anda dapat mencampurnya dengan minyak zaitun untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh jika dikonsumsi dalam dosis tinggi akan menyebabkan kejang, mual muntah, liver rusak bahkan gagal ginjal. Minyak cengkeh tidak boleh dipakai oleh orang-orang dengan gangguan perdarahan, penderita diabetes, wanita hamil dan anak kecil. Penderita penyakit liver dan ginjal juga wajib untuk menghindarinya.

Cara memakai minyak cengkeh

  1. Siapkan minyak cengkeh dan minyak zaitun. Tambahkan 3 tetes minyak cengkeh murni pada 1/4 sendok teh minyak zaitun.
  2. Sebelum menggunakannya untuk sakit gigi, bersihkan mulut secara menyeluruh.
  3. Rendam kapas dalam campuran minyak ini.
  4. Ambil kapas basah tersebut dan taruh pada gigi yang sakit.
  5. Tahan posisi kapas untuk sementara waktu yang anda bisa.

Ini adalah sedikit wawasan singkat yang mengenai khasiat minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi. Walaupun rasa sakit gigi anda telah berkurang setelah menggunakan minyak cengkeh. Anda tetap harus mengunjungi ke dokter gigi terbaik untuk meminta bantuan lebih lanjut.

,

Comments are closed.