Bau Kaki Penyebab Cara Menghilangkan

Kandungan kelenjar keringat pada bagian kaki lebih banyak dijumpai daripada bagian tubuh yang lain. Salah satu kondisi yang tidak menyenangkan pada kaki adalah saat mengalami kaki bau dan memancarkan bau busuk. Bau kaki menjadi masalah yang mengganggu banyak orang dan dapat membuat malu orang yang mengalaminya.

Bau kaki menjadi masalah yang memalukan bagi siapapun juga. Semua orang dari segala usia termasuk anak-anak kecil dapat saja menderita masalah ini. Pria umumnya lebih rentan terhadap bau kaki dibandingkan dengan wanita. Menjaga kebersihan kaki dapat saja menyelesaikan masalah ini. Namun, tidak semuanya bersumber hanya pada kebersihan kaki. Kaki yang bersihpun juga dapat berubah menjadi bau.

Penyebab bau kaki

Kelenjar keringat yang terbesar pada tubuh terletak pada bagian kaki. Anda mungkin menyadari bahwa kaki akan bau hanya ketika anda mengenakan sepatu yang rapat dan tertutup yang kurang ventilasi sehingga tidak memungkinkan udara untuk masuk, dan kaki anda tidak pernah bau ketika hanya memakai sandal. Hal ini dapat terjadi karena ketika kaki berkeringat, semua keringat akan terkumpul di dalam sepatu atau kaos kaki. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang lembab bagi bakteri, yang secara alami terdapat pada kulit dan membantunya berkembang biak. Kondisi ini akan menyebabkan bakteri tumbuh sehingga memunculkan bau yang busuk pada kaki. Tanpa anda menyadarinya, ini akan dapat mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar anda, dan bahkan anda sendiri juga akan merasa risih.

Bahan-bahan pembuat kaos kaki juga berpengaruh terhadap bau kaki. Poliester atau nilon yang terbuat dari serat sintetis akan membuat ventilasi berkurang jika dibandingkan dengan bahan alami seperti katun. Oleh sebab itu, jika anda memakai kaos kaki dari bahan nilon atau polyester, anda hanya akan membuat kaki anda lebih mudah untuk berkeringat dan menghasilkan bau tak enak.

Setiap kali tubuh merasa panas, maka tubuh akan berusahan untuk menurunkan panas dengan mengeluarkan keringat dari kaki. Keringat yang dihasilkan sebenarnya tidaklah berbau. Bau keringat akan dihasilkan ketika kompone lemak dan bahan kimia dari keringat dipecah oleh bakteri yang terdapat pada permukaan kulit dimana asam isovaleric akan terbentuk. Ini adalah asam organik yang mempunyai bau yang tajam. Bakteri yang menjadi penyebab bau tak sedap ini berkembang biak pada lingkungan yang lembab lagi hangat. Ketika anda memakai sepatu, suhu kaki anda menjadi naik, ini akan menyebabkan produksi keringat jadi bertambah. Kondisi ini sangat disukai oleh bakteri untuk tumbuh dengan cepat. Oleh karena jumlah bakteri pada kaki mengalami peningkatan, maka bau pada kaki juga menjadi tambah kuat.

cara menghilangkan kaki bauBau kaki pada anak-anak tertentu mempunyai bau yang lebih kuat dan sangat mirip dengan telur busuk. Hal ini terjadi ketika bakteri yang dikenal dengan sebutan ‘Micrococcus Sedentarius‘ memecah keringat pada kaki. Bakteri ini akan menghasilkan senyawa sulfur bersama dengan asam organik yang akan mengembangkan bakteri lainnya.

Untuk mengatasi bau kaki, anda perlu mengetahui solusi tepat untuk masalah bau kaki sebelum rasa malu anda bertambah besar.

Cara menghilangkan bau kaki

Bau kaki tidak memerlukan pengobatan yang serius. Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara tersendiri.

>>  Penyebab Luka Terasa Gatal Saat Mau Sembuh

  • Pakailah selalu sabun antibakteri untuk membersihkan bakteri dan keringat dari permukaan kulit. Gunakan sabun pada seluruh kaki dan berikan perhatian khusus untuk daerah di antara jari-jari kaki. Biarkan dulu selama sekitar 1 menit dan kemudian bilas dengan air.

  • Hindari mengenakan kaos kaki dari bahan sintetis karena tidak memungkinkan kulit untuk bernafas. Oleh karena itu, anda harus menghindari memakai kaos kaki yang terbuat dari bahan sintetis. Cobalah untuk mengenakan kaos kaki dari bahan katun.

  • Untuk menghilangkan bau kaki dapat dengan memakai teh celup. Aasam tanat yang terdapat pada kantong teh akan bertempur melawan bau kaki. Masukan 6-8 kantong teh ke dalam panci air panas dan biarkan selama 10 menit. Kemudian tambahkan air dingin ke dalamnya dan rendam kaki ke dalam air ini selama setengah jam. Cara ini harus dilakukan setiap hari dalam waktu seminggu.

  • Ambil air bak mandi untuk merendam kaki. Tambahkan setengah cangkir garam epsom dalam air ini. Rendam kaki anda yang bau dalam air ini selama kurang lebih 15 menit. Cara ini akan membunuh bakteri pada permukaan kulit dan menghilangkan bau busuk pada kaki dengan cepat.

  • Gunakan 1/2 cangkir cuka dan campur ke dalam air hangat dalam ember. Sekarang rendam kaki anda di dalamnya selama lebih kurang 20 menit dan kemudian lap dengan handuk bersih. Ini adalah salah satu cara yang terbaik mengatasi bau kaki.

  • Cobalah untuk menjaga kaki tetap kering. Ini adalah salah satu solusi menghilangkan bau kaki yang termudah. Lepaskan sepatu jika anda tidak membutuhkannya dan pakailah sandal untuk memungkinkan udara dapat melewati kaki agar keringat menjadi kering. Jika tidak memungkinan anda untuk memakai sandal, maka gunakanlah sepatu cadangan sebagai alternatif.

  • Hindarilah makanan yang memiliki bau yang tajam seperti bawang putih, bawang merah, jengkol, dan cabai. Jauhi alkohol karena hanya akan menambah bau kaki.

  • Antiperspiran juga layak dipakai untuk membatasi keringat. Cara ini akan mengurangi keringat dan karenanya tidak akan ada pertumbuhan bakteri. Anda juga dapat menggunakan deodoran. Ini tidak akan mengurangi keringat tetapi akan menjauhkannya dari bau busuk.

  • Gunakan bedak ke dalam sepatu sebelum memakainya. Cara ini akan meredam keringat dan akan menghambat pertumbuhan bakteri. Ini adalah salah satu yang terbaik mengatasi kaki bau.


Cara yang termudah untuk mencegah bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki dengan tepat. Lakukan cara-cara di atas setiap hari. Bau kaki tidak hanya masalah bagi orang di sekitar anda, tetapi juga akan membahayakan kaki anda dengan infeksi dan penyakit. Maka itu rawatlah selalu kebersihan kaki dengan baik.

 
  Incoming Keywords: cara mengatasi kaki yang berbau busuk dan solusinya, penybab bau kaki, penyebab bau kaki dan cara menghilangkannya, penyebab kaki bau busuk, penyebab kaki bau dan cara menghilangkannya

, ,

Comments are closed.