Cara Mengatasi Pusing Kepala

Pusing kepala pasti pernah dialami oleh banyak orang. Namun kebanyakan orang hanya mengabaikan saja masalah tersebut. Kepala pusing, susah sekali untuk dapat menjelaskan secara detailnya rasa yang dialami. Jika digambarkan, kepala terasa nyut-nyutan dan kepala seperti berputar. Bahkan yang paling parah adalah vertigo. Pusing yang dialami akan menyebabkan rasa tidak nyaman, dan terasa linkungan di sekitar terasa berputar. Hal yang semakin buruk adalah jika terdapat gejala lain yang mengikutinya seperti mual, kesemutan, lemas, perubahan visi, dsb.

Penyebab pusing kepala

Banyak sekali alasan yang dapat menyebabkan rasa pusing pada kepala. Berikut adalah beberapa sumber penyebab kepala pusing:

  • Kepala yang mengalami cedera
  • Gangguan pada bagian telinga bagian dalam
  • Kerusakan saraf tertentu
  • Rasa cemas dan stres
  • Migrain
  • Tekanan darah darah menurun
  • Adanya penyakit jantung
  • Gangguan mata
  • Efek samping dari obat-obatan
  • Dehidrasi



Cara mengatasi kepala pusing

Sewaktu anda merasa mulai pusing, kondisi ini akan membuat anda menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi pusing kepala berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat dipakai:

  1. Sewaktu anda mengalami pusing saat berdiri, maka yang harus dilakukan adalah duduk atau berbaring, agar tidak jatuh karena makin lama dapat makin parah. Cara ini juga akan membantu tubuh untuk jadi rileks dan membangun tenaga untuk mengatur kembali keseimbangan.
  2. Pusing dapat membuat pikiran menjadi tidak nyaman karena kondisi ini akan mengganggu. Untuk itu anda harus dapat menenangkan pikiran dengan mengambil nafas dalam-dalam dengan teratur. Cara ini akan berguna dalam meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  3. Selama anda mengistirahatkan tubuh anda, berfokuslah pada setiap objek yang statis atau tidak bergerak di sekitar lingkungan anda. Cara ini akan membantu anda dalam mengembalikan keseimbangan pada tubuh. Jika anda dapat fokus dengan seksama, maka pikiran akan teralih dari gangguan lain yang menyertai pusing seperti mual. Ini akan meringankan kepala yang sedang berputar.
  4. Setelah pusing mereda, jangan membuat gerakan yang cepat seperti tiba-tiba berdiri atau memutar kepala dengan cepat. Ini akan membuat tekanan darah menjadi menurun dikarenakan adanya gerakan yang begitu cepat, hingga akhirnya rasa pusing akan menyerang lagi. Maka itu, bergeraklah secara pelan-pelan dulu jangan terburu-buru.
  5. Minum segelas air dingin dapat mencegah gangguan lebih parah akibat rasa pusing.
>>  Sakit pada Leher dan Sakit Kepala

Tips mencegah sering mengalami pusing

  1. Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan stroberi akan sangat berguna untuk mencegah pusing dan mual berlanjut.
  2. Jus lemon dicampur dengan lada hitam dan garam dapat digunakan untuk mencegah pusing keseringan.
  3. Makan yoghurt akan membuat tubuh merasa lebih baik akibat pusing. Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga dapat menambahkan buah-buahan segar sebagai campuran resep makanan.
  4. Ambil beberapa siung bawang putih dan rebus dengan secangkir air selama beberapa menit. Air rebusan dapat diminum sebagai obat alami mengatasi pusing.
  5. Masukan 2 helai daun kemangi ke dalam segelas susu dan rebus. Minum air susu tanpa kemangi sebelum tidur. Jika anda melakukan ini setiap malam, maka akan membantu untuk menyembuhkan kepala sering pusing tanpa sebab.

Sewaktu anda menderita kepala pusing terus-menerus yang tidak reda juga dengan semua cara pengobatan di atas, maka mau tidak mau anda harus mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan mempelajari gejala dan riwayat kesehatan, serta pola hidup untuk mendiagnosa masalah yang anda alami. Pusing pada umumnya bukanlah suatu masalah yang serius, meski hal ini dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan badan.

 
  Incoming Keywords: pusing-pusing terus, cara mencegah kepala yang pusing terus menerus, cara mengobati sering pusing, tips kepala sering pusing

, ,

Comments are closed.