Dampak Pasar Gelap bagi Perekonomian Negara

Pasar gelap atau sebut saja gerakan ekonomi bawah tanah menjadi suatu fenomena yang malang melintang di dunia. Semua transaksi yang terjadi dalam pasar gelap adalah ilegal. Dengan kata lain, barang atau jasa yang diperdagangkan tidak sesuai dengan jalur hukum. Dengan tindakan melawan hukum, ekonomi pasar gelap berjalan secara paralel yang didukung oleh pemerintah masing-masing. Perdagangan pasar gelap berkisar mulai dari senjata, narkoba, perdagangan manusia, produk palsu, hewan, bahan bakar, dan mata uang. Salah satu opini yang berjalan dalam masyarakat adalah adanya motif untuk menghindari pajak dan perdagangan barang selundupan.

Harga barang di pasar gelap

Harga barang dan jasa dalam pasar gelap tergantung pada status produk tertentu. Dapat dikatakan, hal ini tergantung pada permintaan dan penawaran. Dengan demikian, harga barang di pasar gelap pada dasarnya dibedakan dalam 2 versi:

Sebuah produk yang banyak tersedia di pasar pada umumnya, kemungkinan akan tersedia di pasar gelap dengan harga lebih murah. Hal ini dapat disebabkan bahwa sumber produk tersebut telah memasuki pasar gelap karena ilegal. Sebagai contoh, barang curian atau diselundupkan. Dalam hal ini, tidak ada biaya terhadap pajak dan biaya produksi dari sisi penjual. Secara otomatis total biaya produk akan berkurang, dan pembeli mendapatkan barang dengan harga jauh lebih murah.pasar gelap

Sebuah produk dimana hanya tersedia sedikit di pasar pada umumnya, mungkin tersedia di pasar gelap, tetapi dengan harga yang tinggi. Harga tinggi dari produk tersebut di pasar gelap mempuyai alasan bahwa pasokan barang kemungkinan tidak memenuhi permintaan. Pembeli merasa kesulitan mencari barang, maka itu akan memilih untuk memperoleh barang di pasar gelap.

Pada pasar gelap, pembeli memperoleh barang-barang yang mereka inginkan tanpa jaminan. Sebagian besar transaksi pasar gelap tidak diketahui dan tidak tercatat. Oleh karena tidak terdapat catatan berarti tidak ada pajak.

Dampak pasar gelap terhadap ekonomi



Pangsa pasar gelap begitu besar dalam perekonomian dunia dan mempunyai dapak langsung maupun tidak langsung. Karena sifatnya yang ilegal, segala jenis produk dapat dijual di pasar gelap. Di bawah ini merupakan beberapa efek dari pasar gelap yang berpengaruh terhadap perekonomian:

  1. Sejumlah besar uang terlibat dalam transaksi pasar gelap di seluruh belahan dunia. Transaksi perdangangan di pasar gelap bertujuan untuk menghindari berbagai macam pajak yang harus dibayarkan kepada negara. Oleh sebab itu, setiap tahun negara cenderung kehilangan pendapatan, yang seharusnya akan digunakan untuk kepentingan negara dan warga negaranya.
  2. Pasar gelap menyediakan produk yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan lebih mudah, baik itu dengan harga yang lebih murah atau barang yang sulit untuk didapatkan karena kurangnya pasokan, meski dengan harga relatif tinggi. Produk yang ditawarkan oleh pasar gelap merupakan barang selundupan ataup barang hasil curian. Ketika seseorang membeli barang di pasar gelap, maka akan mengakibatkan kerugian industri dalam negeri dan akhirnya juga berimbas kepada negara. Ini karena pemasar resmi tidak mungkin menjual barang-barang dengan harga yang murah dan tanpa seizin hukum otentik.
  3. Pasar gelap yang bersifat ilegal tidak mempunyai catatan otentik. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pemerintah untuk memperkirakan status ekonomi negara yang sebenarnya. Sebagai akibat lanjut, pemerintah akan kesulitan untuk merencanakan dan melaksanakan kebijakan dalam pembangunan ekonomi negara.
  4. Banyak orang yang bekerja di pasar gelap. Biasanya orang yang bekerja di pasar gelap sering dicap sebagai pengangguran. Oleh karena itu, akan begitu sulit juga untuk memperkirakan statistik ekonomi terkait dengan angka pengangguran.
  5. Gerakan ekonomi bawah tanah yang timbul juga mengarah pada tindak korupsi. Pasar gelap dapat memberikan keuntungan besar bagi para pemainnya. Bahkan terkadang ada juga kekurangan (cacat) dari komoditas yang sengaja diciptakan. Barang-barang ini kemudian dijual di pasar gelap. Ini akan memberikan laba tinggi yang seringkali berbentuk tunai dan tidak diketahui.

Pasar gelap mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan melanggar hukum. Hal yang kerap terjadi, kualitas produk ilegal yang dibeli di pasar gelap biasanya berbeda dengan kualitas produk yang dibeli di pasar resmi.

Walaupun pasar gelap mempunyai potensi untuk mengganggu perekonomian, pasar ilegal ini juga terdiri dari beberapa pemain ekonomi besar. Bisnis ilegal tanpa izin ini juga mempekerjakan sebagian besar orang. Meski ada undang-undang yang ketat untuk mengekang pergerakannya, pasar gelap masih tetap berkembang dan tumbuh subur di seluruh dunia.

 
  Incoming Keywords: pasar gelap, apa itu pasar gelap, dampak pasar gelap pada perekonomian indonesia

One Response to Dampak Pasar Gelap bagi Perekonomian Negara

  1. Magfira Basri #

    Hmpt..
    Bermanfaat banget, terutama buat saya yang belum mengetahui pasar gelap