Mengatasi Keringat Dingin Berdasarkan Penyebab

Keringat dingin dapat saja terjadi karena rasa takut dan cemas. Meski begitu, hal ini juga dapat merupakan gejala kondisi kesehatan tertentu. Berkeringat dingin mempunyai ciri keringat yang ekstrim dengan suhu tubuh yang rendah. Pada sebagian besar waktu, kondisi ini seringkali terjadi di malam hari sewaktu tidur. Kondisi tubuh berkeringat dingin dapat disertai bersama dengan gejala-gejala lainnya yang tentu saja mempunyai penyebab.

Sewaktu suhu hangat mengenai tubuh kita, kelenjar keringat akan memproduksi keringat agar suhu tubuh menjadi normal kembali nantinya. Setelah suhu tubuh kembali menjadi normal maka keringat akan berhenti. Pada beberapa orang kerap mengalami keringat dingin pada waktu tidur. Kondisi ini dikenal dengan istilah hiperhidrosis nokturnal atau berkeringat di malam hari. Jika suhu ruang tidur hangat, maka hal ini dapat saja terjadi. Namun jika hal ini terjadi bukan disebabkan karena ruangan yang terlalu panas maka mungkin saja terdapat gangguan kesehatan yang menjadi penyebab berkeringat.

Penyebab keringat dingin

Ada pula sebagian orang yang selalu berkeringat sepanjang waktu dan tidak hanya waktu tidur. Kondisikeringat dingin ini dalam medis dinamakan hiperhidrosis idiopatik. Penyebab mengapa pada orang-orang ini banyak berkeringat belum diketahui dengan pasti. Bermacam bentuk infeksi cenderung berpengaruh terhadap respon alami dari sistem imun dan dapat terlibat pada keringat dingin di malam hari. Infeksi ini termasuk osteomyelitis, tuberkulosis, endokarditis, dsb. Keringat dingin juga dapat merupakan dampak dari obat-obatan seperti pil KB, anti depresan, niasin, dan acetaminophen.

Tubuh berkeringat di malam hari terlalu sering dapat menjadi gejala infeksi HIV. Penyakit lainnya yang berbahaya adalah kanker limfoma. Penderita diabetes juga mengalami kondisi ini ketika kadar insulin dalam darah mendadak turun. Penyebab berkeringat dingin di malam hari lainnya bisa juga anemia, epilepsi, hipotensi, dan hipotiroidisme.

Kaum wanita juga sering mengalami keringat dingin di malam hari karena kadar hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron yang menurun selama memasuki masa menopause. Minuman alkohol yang melebihi batas juga akan menjadi penyebab berkeringat di malam hari. Sedangkan pada anak-anak, hal ini dihasilkan karena kenaikan tingkat stres.

Tips mengatasi keringat dingin

Dari semua penyebab yang disebutkan di atas hampir kesemuanya dapat diobati dan disembuhkan dengan mudah. Pengobatan dan perawatan yang lain akan mungkin diperlukan untuk mengatasi penyebab yang lebih parah. Teknik pengobatan alternatif seperti meditasi, perubahan gaya hidup, dan terapi juga terbukti efektif untuk mengobati berkeringat dingin di malam hari.

  1. Teknik relaksasi berguna untuk meredakan rasa cemas dan tingkat stres.
  2. Suhu kamar tidur harus disesuaikan. Anda dapat memakai termostat untuk mengontrol suhu ruangan yang pas.
  3. Minumlah obat hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  4. Jika selama tidur berkeringat dingin, maka modifikasilah tempat tidur atau ruangan dan kenakan pakaian tidur yang nyaman.
  5. Jika pola makan yang menjadi penyebabnya, maka buatlah perubahan dalam pola makan, termasuk menghindari makanan yang dapat menjadi penyebab keringat dingin.
>>  Cara Merangsang Indra Bayi Anda

Hiperhidrosis idiopatik dapat diatasi dengan bantuan obat-obatan. Meski begitu, obat-obatan ini tidak dapat dikonsumsi dalam jangka panjang mengingat efek sampingnya. Pada kasus hiperhidrosis yang tergolong berat, operasi akan diperlukan untuk mengambil bagian tertentu dari jaringan saraf yang mempengaruhi fungsi kelenjar keringat.

Bagi anda yang sering mengalami berkeringat saat malam hari akan lebih baik untuk menjaga lingkungan tempat tidur. Jendela kamar dapat terbuka agar sirkulasi udara menjadi lebih baik. Minum jus buah setelah makan malam juga akan berguna. Hindari alkohol dan makanan dengan rasa pedas waktu makan malam. Yang terakhir adalah pakaian tidur yang anda kenakan terbuat dari kain alami agar keringat tidak terakumulasi di dalam.

 
  Incoming Keywords: keringat dingin malam hari, badan keringat dingin dimalam hari agar cepat sembuh, berkeringat dingin malam karna, cara atasi keringat dingin, cara mengatasi keringat dingin saat tidur, keringat dingin di malam hari, keringat dingin pada malam hari, malam hari berkeringat dingin tapi gak buang air kecil untuk bayi, mengatasi keringat dingin

, ,

Comments are closed.