Efek Samping Teh Diet Bagi Kesehatan Tubuh

Teh untuk diet nampaknya menjadi tren dan sebagai solusi yang sempurna untuk mengurangi berat badan. Meski begitu, ada juga efek samping dari teh tersebut. Isitilah diet telah menjadi begitu populer selama beberapa dekade terakhir. Oleh sebab itu banyak produk menyediakan fasilitas untuk diet. Cara diet alami menggunakan teh menjadi salah satu andalan dari beberapa produk yang digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kegemukan. Banyak sekali jenis teh untuk diet yang terbuat dari bahan-bahan alami, sementara itu masing-masing diantaranya hanya membanggakan kelebihannya tanpa memahami bahwa mungkin saja terdapat efek samping teh untuk diet yang akan timbul. Berikut kita akan mengulas tentang efek samping diet alami dengan teh.

Teh untuk diet jika diminum dalam jumlah sedang atau sesuai dengan asupan yang direkomendasikan memang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi jika cara diet ini menjadi overdosis maka sejumlah efek buruk mulai dari yang ringan sampai yang berat mungkin dialami.

Bahan-bahan yang dipakai pada teh khusus untuk diet termasuk lidah buaya, senna, kaskara, tanaman belalang, akar kelembak, dan tanaman bersifat sebagai pencahar lainnya. Sifat dari pencahar ini akan memberikan dorongan sehingga menyebabkan cairan menghilang dari tubuh. Terkadang bahan-bahan ini bahkan dapat menyebabkan kehilangan berat badan air. Ketika mengkonsumsi bahan-bahan ini dengan berlebihan maka akan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, kram perut, kelelahan ekstrim, pingsan, dan sembelit kronis.

Bagi anda yang melakukan diet dengan teh mungkin merasa sifat pencahar ini akan membantu dalam penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan kalori. Namun, Hal ini tidaklah seperti yang anda harapkan dan terjadi. Diare yang terjadi tidak akan membantu mengurangi kalori terserap, karena sifat pencahar ini tidak akan bekerja pada usus kecil dimana penyerapan kalori dilakukan, tetapi lebih pada usus yang berada pada ujung bawah dari usus.

Banyak produsen mengeluarkan produk teh yang mempromosikan penurunan berat badan dengan menggunakan kata-kata seperti ‘teh pelangsing‘, ‘ teh diet‘ atau ‘ teh rendah kalori‘ dsb pada labelnya. Akan tetapi produsen tidak mempromosikan bahwa ini sebenarnya adalah ‘obat pencahar alami‘. Minum teh melebihi dari jumlah yang disarankan, menyeduh kantong teh lebih lama dari yang ditentukan, atau menggunakannya sebagai pengganti makanan dapat mengakibatkan efek samping tertentu dari yang ringan sampai yang parah.

>>  Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan

Efek samping teh diet


Efek samping teh diet dalam jangka pendek
Sewaktu pertama kalinya meminum teh diet melebihi dari jumlah yang sewajarnya dapat mengalami beberapa efek teh untuk dietyang dapat berlangsung selama beberapa hari, yaitu:

  • Kram perut
  • Diare
  • Muntah
  • Mual

Efek samping berkepanjangan
Efek samping yang berkepanjangan akibat teh diet dapat terjadi ketika seseorang telah memakai produk ini selama tahunan. Teh diet dapat menyebabkan sembelit, diare kronis, dan sakit yang muncul karena ketergantungan obat pencahar. Hal ini akan mengarah pada gerakan usus yang lamban dan dapat mempengaruhi fungsi usus besar.

Efek samping yang parah
Pada kondisi yang paling parah, produk teh diet dapat menyebabkan dehidrasi, lemas, pingsan, dan masalah elektrolit. Hal ini dapat berakibat kalium dalam darah dalam tingkat yang rendah dan menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda untuk memahami bahwa produk-produk tersebut dipakai hanya setelah mengetahui bahan-bahan yang terkandung dengan benar. Selain daripada itu, takaran yang disarankan adalah tidak boleh melebihi batas, dan petunjuk yang tepat harus diikuti sebelum meminumnya. Wanita hamil juga tidak boleh menggunakan produk ini karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan, serta mempengaruhi kesehatan dari anak yang belum lahir.

Anda harus benar-benar menyadari bahwa teh diet akan memberikan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan dan melebihi jumlah yang disarankan. Banyak pilihan sehat untuk menurunkan berat badan. Jadi pilihlah dengan bijak dan hidup dengan sehat.

Comments are closed.