Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu

Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu seringkali menjadi keinginan yang biasanya muncul dalam pikiran banyak orang. Meski jangka waktu seminggu tidaklah suatu durasi yang ideal untuk dapat mengurangi berat badan dalam jumlah besar, artikel berikut ini akan mengulas tips dan cara-cara yang efektif untuk membuang kelebihan berat badan.

Jika anda mempunyai hasrat menurunkan berart badan dalam waktu singkat, ini dapat diartikan bahwa anda tidak mempunyai banyak waktu untuk dapat mengubah tubuh dengan maksimal. Dengan cara diet yang beragam, anda akan menemukan pola diet yang sangat efektif hingga membuat berat badan anda turun sekitar 2-3 kg.

Beberapa poin penting yang harus anda fokuskan adalah diet, tingkat aktivitas, dan jam tidur. Ketika anda secara signifikan menurunkan asupan kalori maka tubuh tidak hanya menggunakan lemak sebagai energi tetapi juga otot. Kehilangan otot juga akan menyebabkan kehilangan energi untuk beraktivitas, dan akhirnya akan membuat kulit menjadi tidak kencang. Olahraga dan diet harus berjalan seiring. Anda harus membakar kalori lebih banyak dari yang dikonsumsi.

>>  Motivasi Diri dalam Menurunkan Berat Badan

Tips menurunkan berat badan yang harus dilakukan dalam seminggu

Adanya rentang waktu yang sangat terbatas, motivasi untuk menurunkan berat badan dapat memakai pola hitungan mundur hari ke-7, 6, 5, 4, 3, 2, 1. Setiap saat anda menginginkan makanan-makanan lezat, pikirkanlah rasa bersalah anda, karena makanan-makanan ini adalah godaan.

Minuman pelangsing yang sehat
Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan bereaksi dengan mempertahankan air dalam tubuh. Air adalah pilihan paling aman, tanpa kalori, tanpa pengawet, dan tanpa efek samping apapun.

  • Di pagi hari, minumlah segelas air hangat dengan jus lemon 2 sendok makan dan kayu manis. Mulailah sarapan setelah 30 menit.
  • Minum 3-5 cangkir teh hijau setiap hari dengan berkala. Penelitian membuktikkan bahwa teh hijau mengandung senyawa EGCG yang membantu untuk mengurangi penyerapan lemak dan menambah jumlah lemak yang dibuang oleh tubuh.
  • Minumlah air terutama sewaktu sedang makan atau juga 30 menit sebelum makan. Cara ini akan menekan rasa lapar dan tidak akan makan berlebihan.

* Minuman lemon berlebihan dapat memberikan efek buruk pada ibu hamil dan menyusui. Asam sitrat juga diketahui dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan iritasi lambung.

Makan makanan dengan tepat tanpa perlu kelaparan
Cara ini adalah dengan meminimalkan asupan karbohidrat. Carilah makanan yang membantu menurunkan berat badan. Makanlah makanan dengan karbohidrat dan berserat seperti buah-buahan, sayuran, kecambah, yogurt rendah lemak, dan sejenisnya. Pilihan ini membuat anda merasa kenyang untuk tempo yang lebih lama, sehingga dapat menahan anda untuk cenderung makan lebih banyak.

  • Jangan pernah melewatkan makan khususnya sarapan.
  • Kunyah makanan setidaknya 40 kali untuk membuat lebih merasa kenyang, bahkan jika anda makan dengan sedikit.
  • Sebagai makanan kecil dapat dipilih biji almond, biji bunga matahari panggang, dan biji labu.
  • Masukkan protein dalam jumlah besar ke dalam menu diet terutama jika anda memiliki rencana untuk berolahraga. Masaklah telur, dada ayam, ikan, dan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 dengan cara dipanggang.

* Hindari susu dan daging merah atau benar-benar mengurangi asupan.

Olahraga membantu menurunkan berat badan
Berolahraga sangat penting untuk mengencangkan tubuh dan berguna untuk meningkatkan proses menurunkan berat bada dengan mengubah lemak menjadi otot. Jogging selama 40 sampai 60 menit di luar rumah terbukti sangat efektif membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori.


  • Lakukan push-up, jongkok, dan menekuk lutut setiap hari.
  • Sering berolahraga berarti akan menghasilkan keringat, yang berarti lebih banyak lemak yang terbakar.
  • Hindari duduk atau berbaring dalam waktu yang lama karena ini justru akan mempercepat produksi lemak dalam tubuh. Jika anda bekerja dengan sering duduk di kursi, maka berdirilah setidaknya satu jam sekali untuk berjalan-jalan.
  • Gunakan musik yang dapat memompa adrenalin dan membuat anda menikmati aktivitas olahraga dalam waktu seminggu ini.

Tidur yang cukup tidak kurang tidak lebih
Banyak orang yang tidur selama berjam-jam cenderung merasa lebih lesu. Kelesuan berakibat pada rasa malas yang membuat anda kehilangan waktu untuk memulai aktivitas.

  • Tidurlah setengah jam sebelum waktu tidur normal. Tidur yang lebih baik akan mempersiapkan anda sepanjang minggu untuk proses penurunan berat badan.
  • Tidur setidaknya 7 sampai 8 jam membantu meremajakan tubuh sepenuhnya.
  • Tubuh anda membangun otot saat tidur, ini adalah hasil dari berolahraga.

Pola makan dalam waktu 7 hari

Hari ke-1pola diet menurunkan berat badan seminggu
Pada hari pertama makanlah buah-buahan terutama melon sangat dianjurkan kecuali buah pisang. Dengan hanya memakan buah-buahan, anda sedang mempersiapkan tubuh untuk diet dalam seminggu. Pada hari pertama, tubuh akan mendapatkan semua nutrisi dari buah yang anda makan.

Hari ke-2
Pada hari kedua makanlah makan sayuran dengan cara yang anda suka, baik itu dipanggang, direbus, atau mentah. Mulailah hari anda dengan 1 kentang panggang dan disusul dengan sayuran lain di sisa hari ini.

Hari ke-3
Hari ketiga akan menjadi kombinasi dari hari 1 dan 2. Pada hari ketiga, anda dapat makan buah-buahan dan sayuran. Buah yang anda makan akan memberikan karbohidrat. Oleh karena itu, kentang tidak perlu dikonsumsi pada hari ini.

Hari ke-4
Hari keempat akan dimulai dengan pisang dan susu. Makan sekitar 7-8 buah pisang hari ini ditambah dengan 3 gelas susu. Pisang akan mengganti kalium dan natrium selama tiga hari terakhir.

Hari ke-5
Pada hari ini anda dapat memakan daging sapi. Makan setidaknya sekitar 0,5 kg daging sapi hari ini dan membaginya dalam 2 bagian. Jangan lupa untuk makan 6 tomat hari dan minum banyak air.
Daging sapi akan memberikan protein dan zat besi bagi tubuh sedangkan tomat akan membantu pencernaan jadi lancar karena merupakan sumber serat yang baik.

Hari ke-6
Hari keenam adalah dengan memakan makan daging sapi dan sayuran yang bisa dimasak maupun sayuran mentah. Jika anda tidak suka daging sapi, maka dapat menggantinya dengan ayam atau ikan. Jika anda adalah seorang vegetarian maka dapat memakai kacang kedelai dan beras merah.Pada hari keenam ini anda akan dapat mulai melihat hasil penurunan berat badan.

Hari ke-7
Ini adalah hari terakhir dalam diet seminggu untuk menurunkan berat bada. Jus buah dan sayuran adalah yang paling tepat saat ini.

Selain hal-hal di atas, jangan membuat tubuh anda tegang terlalu sering. Jika anda ingin mencapai berat badan yang benar-benar sehat, manfaatkan waktu dan tidak terburu-buru. Ikutilah pola diet yang seimbang, olahraga teratur, tetap terhidrasi, dan cukup tidur. Kegiatan ini tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan dalam waktu seminggu tetapi juga mengembangkan pola hidup yang sehat.

,

Comments are closed.