Penyebab Tangan Basah Berkeringat & Cara Mengatasi

Tangan berkeringat dapat membuat risih karena mungkin saja ketika itu kita harus berjabat tangan dengan orang lain. Tangan berkeringat pada umumnya adalah proses tubuh dalam proses pendinginan dan pelumasan kulit. Hal ini merupakan reaksi pada kenaikan suhu di dalam tubuh. Meski begitu, terkadang tangan dengan keringat dingin dapat terjadi oleh keringat yang berlebihan. Kondisi ini sering terjadi pada semua jenis kelamin. Telapak tangan yang berkeringat dapat menjadi tanda adanya penyakit psikosomatik. Meskipun tidak membahayakan, namun hal ini dapat menyebabkan rasa canggung dan dapat membuat seseorang untuk tidak melakukan sesuatu hal yang mungkin ingin dilakukan seperti bersalaman karena ini dapat menyebabkan kurang percaya diri.

Penyebab tangan berkeringat

Tangan basah karena berkeringat terjadi karena saraf hiperaktif mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat pada kulit dalam sistem saraf simpatik. Keringat pada tangan umumnya tergantung pada kondisi panas di sekitarnya, bersama dengan stimulasi kelenjar keringat oleh saraf yang memasoknya.

Kondisi semacam ini ditandai dengan keringat berlebihan yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang sangat aktif, yang disebut dengan hiperhidrosis. Sementara itu hiperhidrosis dapat menyebabkan kecemasan dan rasa gelisah untuk orang yang mengalaminya, dan pada akhirnya mengakibatkan munculnya keringat tambahan. Kondisi tangan berkeringat juga dapat menjadi tanda dari bermacam infeksi kronis atau msalah kesehatan seperti disebutkan di bawah ini.

  • Kecemasantangan berkeringat
  • Penyakit Kanker
  • Glukosa darah
  • Penyakit arteri perifer
  • Penyakit kardiovaskular
  • Hipertiroidisme
  • Menopause
  • Stroke
  • Infeksi TBC
  • Obat-obatan tertentu

Tips mengatasi tangan berkeringat



Seringkali banyak orang tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi keringat di telapak tangan berlebihan ini. Meski begitu terdapat bermacam cara untuk menghilangkan keringat pada tangan dan bahkan pada kaki. Pengobatan dokter dapat dilakukan seperti operasi untuk menghilangkan semua kelenjar keringat di tangan dan kaki ataupun suntikan botox. Obat drysol juga dapat dipakai untuk mengobati tangan basah karena berkeringat, akan tetapi obat ini harus dipakai sesuai dengan saran dokter. Selain pengobatan oleh dokter, ada pula cara untuk mengatasi tangan berkeringat dengan metode penyembuhan sendiri. Di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi keringat pada tangan:

>>  Mengapa Ketiak Anak Kecil Bau?

  1. Ambil bedak dan gosokkan pada telapak tangan maka akan memblokir pori-pori sementara waktu dan cara ini akan menghentikan keringat untuk sesaat. Jika tidak ada bedak maka dapat digunakan pula tepung jagung.
  2. Memakai antiperspirant akan bereaksi terhadap elektrolit dalam keringat untuk membentuk gel yang berfungsi menghambat saluran keringat.
  3. Rendam tangan ke dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit untuk mencegah keringat selama beberapa jam kedepan.
  4. Campur air mawar dan cuka dalam prosi yang sama, kemudian gosokkan campuran ini pada telapak tangan anda 2 kali dalam sehari.
  5. Anda juga dapat merendam tangan ke dalam air teh selama kurang lebih setengah jam, lakukan cara ini seminggu sekali. Teh mengandung asam tanat yang membantu untuk mengeringkan tangan anda dengan begitu efektif. Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.
  6. Terapkan serbuk atau krim yang mengandung cuka sari apel atau aluminium klorida pada telapak tangan anda dan diamkan semalaman kemudian bilas dipagi hari.
  7. Pakailah sapu tangan atau serbet untuk menyeka tangan agar kering.
  8. Anda juga dapat menggunakan bedak dingin pada telapak tangan.
  9. Rendam tangan ke dalam jus tomat selama 20 menit dan bilas hingga bersih.
  10. Gosokkan lemon di atas telapak tangan selama sekitar 5 menit dan bilas.
  11. Minum air dingin dan jus dingin akan membantu untuk menurunkan suhu tubuh.

Setiap orang dapat mengalami tangan berkeringat, baik itu dikarenakan suhu yang panas, merasa gugup, atau karena masalah kesehatan. Pada kebanyakan kasus, tangan tetap berkeringat untuk sementara waktu, dan setelah itu secara perlahan keringat akan menghilang. Akan tetapi jika tangan tetap berkeringat terus, maka cara mengatasi tangan berkeringat di atas akan dapat membantu untuk mengatasi masalah yang menjengkelkan ini. Jika ternyata tidak nampak adanya perubahan pada kondisi anda setelah menempuh cara di atas, maka akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui penyebab pasti dan cara mengobati tangan berkeringat yang lebih mujarab.

 
  Incoming Keywords: cara mengobati pori pori basah, obat pori basah, tangan basah ketika cape

Comments are closed.