Pusing Sewaktu Tidur Berbaring

Beberapa orang dapat saja mengalami pusing sewaktu tidur berbaring. Rasa pusing seeirngkali dialami oleh manusia. Ada pula yang menggambarkan bahwa ini adalah kehilangan keseimbangan dan merasa segala sesuatu di sekitarnya berputar. Secara umum, pusing tidak terkait dengan kondisi yang serius, karena ini merupakan gejala yang telah umum dapat dialami kapan saja. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk berada di sisi yang lebih aman dan bertujuan untuk mengetahui penyebab kepala pusing dengan pasti. Seseorang dapat saja mengalami pusing ketika berbaring dikarenakan penyebab tertentu.

Apa sajakah penyebab pusing sewaktu tidur?

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan gangguan pada kepala ini, terutama ketika merasa pusing disaat berbaring ataupun bangun dari tidur. Kerusakan pada telinga bagian dalam dapat menjadi salah satu penyebab utama yang mengakibatkan rasa pusing selagi berbaring. Seiring dengan ini, banyak juga penyebab pusing sewaktu sedang tidur sesuai yang akan dijelaskan di bawah ini.

Vertigo
Vertigo adalah kondisi dimana lingkungan sekitar yang dilihat berputar. Hal ini disebabkan karena adanya gerakan beberapa partikel kecil yang terdapat di dalam labirin, yang terdiri dari batu kalsium pada telinga bagian dalam. Partikel-partikel tersebut seharusnya bergerak di dalam telinga, akan tetapi sewaktu gerakan partikel ini terhalang, maka dapat menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan mengalami pusing. Kondisi ini biasanya berlangsung mulai dari beberapa detik bahkan sampai hitungan menit sewaktu berbaring. Hal ini seringkali terjadi pada orang tua karena degenerasi dari telinga bagian dalam, dan dapat terjadi pada anak-anak karena cedera yang dialami di bagian kepala. Perasaan goyang juga sering dirasakan sewaktu seseorang menderita vertigo jenis tertentu yang dapat berakibat mual.

Dehidrasi
Sewaktu tubuh kekurangan air karena aktivitas fisik yang berat atau mungkin tidak minum cukup air, maka akan berpeluang menderita dehidrasi dan menyebabkan kepala pusing saat berdiri atau saat berbaring. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab hipotensi yang menyebabkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Alhasil, rasa pusing yang akan didapatkan.

Obat tertentu
Rasa pusing diketahui sebagai akibat dari efek samping beberapa jenis obat. Hal ini dapat dialami karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan obat. Beberapa obat tertentu seperti antihistamin, obat tidur, obat hipertensi, dan antidepresan dapat menjadi penyebab mengapa pusing sewaktu tidur berbaring.

>>  Sakit Kepala Setelah Berolahraga

Ménière
Penyakit ménière merupakan gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam, yang disebabkan karena terlalu banyak cairan di dalamnya. Pada kondisi ini, rasa pusing akan disertai dengan gangguan pendengaran seperti dering pusingsuara keras di kedua telinga.

Usia lanjut
Faktor ini adalah penyumbang terbesar yang dapat menyebabkan pusing sambil berbaring. Meski begitu, hal ini kadang hanya terjadi ketika seseorang menderita gangguan kesehatan tertentu.

Kecemasan
Kecemasan dan gangguan mental yang lain dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Rasa panik yang dirasakan pada malam hari dapat menyebabkan rasa pusing dan menyebabkan hiperventilasi. Rasa stres juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing tujuh keliling.

Migrain
Sakit kepala sebelah lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Migrain ditandai dengan sakit kepala vaskular yang berulang. Seseorang yang mengalami migrain akan merasa kepala nyeri berdenyut dan terus-menerus pada satu bagian tertentu pada kepala.

Beberapa penyebab lainnya meliputi rendahnya sel merah darah, mabuk karena minuman alkohol, pengerasan pembuluh darah, menopause, depresi, dan sinkop.

Tips mencegah

  • Minum 8 sampai 10 gelas air tiap hari bersama dengan cairan lain untuk membuat tubuh tidak kekurangan cairan.
  • Hindari kafein dan merokok karena dapat mengekang aliran darah dan menyebabkan pusing yang parah.
  • Sewaktu berbaring atau bangun, gerakkan tubuh secara lambat dan tidak perlu terburu-buru.

Jika anda merasakan pusing sesekali sewaktu tidur berbaring mungkin saja dapat mengabaikannya. Namun jika rasa pusing lebih sering terjadi maka akan memerlukan bantuan medis. Penanggulangan untuk kondisi ini akan tergantung pada penyebab yang telah ditemukan oleh diagnosa dokter. Pusing yang berulang merupakan gejala awal dari penyakit yang serius. Oleh sebab itu tidak boleh diabaikan dan harus mengapatkan diagnosa dengan tepat dan pengobatan lebih cepat.

 
  Incoming Keywords: pusing saat bangun tidur, sakit kepala kalau berbaring, kepala pusing di saat tidur, pusing saat tiduran, pusing saat tidur, cara menghilangkan sakit kepala saat berbaring, berbaring pusing, kenapa kepala pusing saat berbaring, tidur kepala pusing, kenapa saat tidur pusing

,

Comments are closed.