Tips Mengatasi Ketiak Berkeringat Basah

Ketiak berkeringat berlebihan dapat menjadi hal yang begitu mengganggu jika disertai dengan bau badan yang tidak sedap. Keringat merupakan mekanisme tubuh yang membantu untuk pendinginan suhu tubuh. Pada umumnya, mandi setiap hari dan memakai deodoran dapat efektif untuk mencegah bau badan. Akan tetapi masalah baru akan muncul ketika bakteri ikut campur tangan pada seseorang yang berkeringat sepanjang waktu, hingga akhirnya menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Keringat yang berlebihan dalam medis dikenal dengan istilah hiperhidrosis. Sedangkan keringat berlebihan pada ketiak disebut dengan hiperhidrosis aksilaris. Meskipun mungkin saja berkeringat karena cuaca yang terlalu panas atau ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, kondisi tertentu dapat menjadi faktor penyebab keringat berlebih. Dengan baju yang bermandi keringat terutama di daerah ketiak dapat menurunkan percaya diri seseorang.

Penyebab ketiak berkeringat

  • Gangguan tiroid, hipoglikemia, menopause, dan penyakit jantung.
  • Konsumsi makanan pedas dan minuman kafein yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang berkeringat.
  • Demam tinggi dapat menjadi penyebab hiperhidrosis. Demam akibat penyakit flu mengakibatkan seseorang berkeringat.
  • Ketiak hiperhidrosis juga dapat terjadi karena efek samping dari jenis obat tertentu.
  • Stres dan depresi juga dapat menyebabkan ketiak berkeringat.

Mengatasi ketiak berkeringat


Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menangani masalah ini:

  1. Minum banyak air putih sepanjang hari akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini tidak hanya dapat membantu untuk mengurangi keringat tetapi mengurangi bau badan.
  2. Jus tomat dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi ketiak dengan keringat berlebih. Hal ini diperlukan untuk diminum setiap hari selama seminggu.
  3. Jus madu dan cuka yang diminum setengah jam sebelum makan siang dan makan malam dapat menjadi cara mengurangi keringat berlebih di ketiak.
  4. Teh herbal dapat mempengaruhi kelenjar keringat, sehingga meredakan keringat yang berlebihan.
  5. Memakai pakaian longgar akan memungkinkan ketiak untuk bernafas dengan lebih baik. Mengenakan pakaian yang ketat akan menyebabkan kerterbatasan dan menimbulkan lebih banyak keringat.
  6. Mencukur rambut di ketiak dapat mengurangi kelembaban yang dapat berakibat pada bau badan, meski cara ini tidak dapat mengurangi keringat yang keluar dari tubuh anda.
  7. Hindari makanan yang banyak mengandung bawang putih dan bawang merah, minuman seperti kopi atau nikotin dan makanan yang pedas lainnya.
  8. Kelebihan berat badan dapat menjadi alasan keringat muncul secara berlebihan. Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan kelenjar keringat terlalu aktif dan menjadi penyebab ketiak berkeringat deras. Lakukan program diet untuk mengurangi untuk mengatasi masalah ini dengan efektif.
  9. Aluminium klorida dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi keringat di ketiak berlebihan. Terapkan pada ketiak yang kering sewaktu dalam posisi tidur. Kemudian balut dengan plastikdan biarkan semalam. Jika cara ini berhasil, kurangi dosis setiap malam berikutnya dan gunakan seminggu sekali. Cara ini akan bekerja dengan mengunci kelenjar keringat. Jangan menggunakannya jika ketiak baru saja dicukur.
  10. Obat yang dapat membantu untuk mengendalikan keringat adalah jenis antikolinergik seperti robinul. Meski begitu, penggunaan antikolinergik secara rutin dapat menyebabkan efek samping seperti mulut kering dan penglihatan kabur.
>>  Mengatasi Sakit di Ketiak Kiri

Keringat pada ketiak yang berlebihan sangat sulit untuk ditangani. Ketiak basah karena berkeringat dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Jika anda berkeringat lebih dari biasanya dan hampir setiap hari mengalaminya, maka berkonsultasi dengan dokter akan menjadi cara terbaik untuk mengetahui apakah ini disebabkan karena adanya gangguan kesehatan.

 
  Incoming Keywords: ketiak basah dan kepala sakit

Comments are closed.