Tips Mengatasi Mual Setelah Makan

Mual dapat dianggap sebagai gejala awal yang biasanya terjadi sebelum muntah. Meski begitu, hal ini tidak selalu akan menyebabkan muntah. Kondisi ini dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa pada usia berapapun. Mual setelah makan dapat menjadi gejala karena adanya sesuatu yang salah dalam tubuh. Selain itu, mual juga merupakan salah satu gejala yang paling umum dari beberapa jenis gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Rasa mual membuat perasaan gelisah dan kadang ingin muntah bagi seseorang. Mual Seringkali disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan, penyakit diabetes, keracunan makanan, vertigo, dan sindrom iritasi usus, yang biasanya ditandai dengan dehidrasi dan nafsu makan yang menurun. Mual kronis yang terjadi setelah makan merupakan gangguan makan. Orang yang menderita merasa ingin muntah, yang dapat terjadi segera setelah makan atau beberapa jam kemudian.

Penyebab mual setelah makan

  • Penyebab utama mual setelah makan dapat berhubungan dengan kandungan makanan. Beberapa orang mempunyai sistem pencernaan yang tidak cocok untuk jenis makanan tertentu. Oleh karena itu, makanan ini dapat membuat tubuh untuk merespon dengan buruk dalam bentuk mual setelah makan. Beberapa orang juga menyukai kebiasaan untuk menelan makanan, dan tidak mengunyah makanan dengan benar. Bahkan orang-orang tersebut mungkin juga akan mengalami kondisi ini.
  • Rasa mual setelah makan yang disertai dengan perut kembung, ada dugaan bahwa ulkus peptikum yang menjadi penyebabnya. Jika benar ini adalah penyebabnya, maka orang tersebut mungkin juga akan mengalami sakit perut tak lama sehabis makan.
  • Mual sehabis makan juga dapat terjadi karena kondisi kejiwaan. Depresi, bulimia nervosa, dan gangguan kecemasan juga dapat menyebabkan seseorang menderita mual sesaat setelah makan.
  • Jika seseorang merasa mual dan muntah selang 1-8 jam setelah makan, maka kemungkinan besar mual setelah makanini adalah faktor keracunan makanan.
  • Beberapa orang dapat merasakan mual setelah makan permen dan disertai dengan sakit kepala. Gejala tersebut adalah ciri-ciri dari hipoglikemia, yaitu kondisi gula darah yang rendah.
  • Flu perut atau dalam istilah medis disebut gastroenteritis juga diketahui sebagai salah satu faktor yang menyebabkan rasa sakit dan mual setelah makan. Flu perut adalah infeksi usus yang dapat menyebabkan muntah, demam ringan dan kram perut.
>>  Tips Menghilangkan Mual Selama Kehamilan



Tips mengatasi mual setelah makan

Untuk dapat mengatasinya maka faktor penyebab harus dapat diketahui. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mual setelah makan sendiri, terlepas dari saran dari dokter:

  • Asap kendaraaan, asap minyak wangi, bau dari memasak, merokok, dsb dapat dengan mudah menyebabkan mual dan pusing setelah makan. Oleh sebab itu, dengan menghindarinya dapat membantu dalam mencegah kondisi tersebut.
  • Jangan makan di lingkungan yang pengap atau lembab.
  • Cobalah untuk mengurangi makanan pedas atau berminyak dan jangan makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran hijau akan membantu dalam mengendalikan rasa ingin muntah.
  • Carilah daftar makanan yang membuat anda mual sebelumnya dan hindari untuk memakannya setelah itu.
  • Jika anda merasa mual setelah makan, minuman teh herbal chamomile mempunyai efek menenangkan sistem pencernaan.
  • Untuk mengatasi mual dan pusing, sedikit jahe setelah makan dengan cara dikunyah akan berguna untuk meredakannya. Cara ini mungkin tidak terasa nyaman, tapi ini akan mengekang perasaan mual.
  • Jika anda tetap mengalami rasa mual setelah makan secara konstan atau terus-menerus, maka berusahalah untuk mencoba memuntahkannya dengan sengaja. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyingkirkan zat yang tidak diinginkan, yang menjadi penyebab mual.
  • Rasa mual dapat menjadi bertambah buruk akibat stres. Maka itu luangkan sedikit waktu untuk kegiatan rekreasi yang membantu tubuh dan membuat pikiran lebih rileks.

Setiap saat anda merasa mual setelah makan, dengan mengikuti beberapa langkah-langkah seperti yang telah dituliskan di atas akan dapat membantu anda. Namun, jika cara-cara ini tidak benar-benar membantu dan kondisi anda makin memburuk, segeralah mencari bantuan medis. Pengobatan tepat waktu dapat membantu mengurangi rasa cemas dan mengurangi resiko komplikasi.

 
  Incoming Keywords: mual sehabis makan, mual setelah makan, mengapa orang yang stelah makan selalu muntah, sehabis makan mual

,

No comments yet.

Leave a Reply