Mual Menjelang Datang Bulan

Mual yang dialami sebelum datang bulan tentu menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan bagi seorang wanita. Sepanjang siklus menstruasi, seorang wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuhnya. Meningkatnya aktivitas hormonal juga dapat menjadi sebab munculnya banyak gejala dan masalah kesehatan. Mual sebelum haid merupakan salah satu gejala seperti yang sering dialami oleh beberapa wanita. Aline berikut ini akan mengupas penyebab dan tips untuk mengatasi mual sebelum haid.

Penyebab mual menjelang haid

Migrain
Banyak sekali wanita yang mengalami sakit kepala pada satu sisi kepala, sebelum atau selama datang bulan. Sakit kepala ini adalah migrain yang disebabkan oleh aktivitas hormon yang sangat tinggi dalam tubuh seorang wanita menjelang masa haid. Rasa mual bersama dengan migrain merupakan kejadian umum yang dialami oleh banyak wanita.

Sindrom pramenstruasi
sindrom pramenstruasi adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap sebagian besar wanita. Wanita yang sedang mengalami sindrom ini biasanya mengalami sejumlah gejala sebelum dan selama masa datang bulan. Bersama dengan mual, akan muncul juga masalah seperti jerawat, sakit kepala, perubahan suasana hati, perut kembung, stres dan kecemasan, kelelahan, kram perut, diare dan sembelit, serta nyeri di punggung dan kaki. Hal ini adalah beberapa gejala yang sangat umum dialami. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan kadar progesteron dan estrogen yang terjadi ketika seorang wanita tengah menginjak masa menstruasi atau menjelang datang bulan.

Nyeri haid (dismenorea)
Kondisi nyeri haid disebabkan ketika terjadi kontraksi rahim yang sangat kuat, ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi. Oleh karena kontraksi yang kuat, maka pembuluh darah menjadi tertekan dan dengan demikian jaringan otot rahim tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Hal ini menyebabkan nyeri di perut bagian bawah, punggung, pinggul, paha bagian dalam dan terkadang akan disertai dengan gejala lain seperti mual, sakit perut, muntah dan diare.

Tips mengatasi mual sewaktu haid

Minuman ringan seperti jahe dalam beberapa kali dalam sehari akan berguna untuk mengatasi rasa mual yang dialami. Jahe mual sebelum haidjuga tersedia dalam bentuk pil dan dengan demikian dapat dikonsumsi dengan mudah, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter. Jahe dianggap sebagai obat alami untuk mengatasi mual dan masalah pencernaan. Sementara itu sebagai pengganti jahe juga dapat digunakan teh mint yang dapat membantu untuk mengurangi gejala mual.

>>  Tips Menghilangkan Mual Selama Kehamilan

Dengan melakukan perubahan tertentu pada diet dapat berkontribusi untuk menghilangkan semua gejala pramenstruasi ini. Seorang wanita harus menghindari minuman kafein, makanan berlemak dan makanan yang digoreng. Selain itu juga wajib menghindari merokok dan minuman alkohol. Diet sehat yang seimbang meliputi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian.

Wanita yang sedang mengalami depresi dan tingkat gula darah yang rendah selama datang bulan harus memasukkan makanan yang kaya karbohidrat kompleks dalam diet. Ini meliputi roti coklat, pasta, beras merah, sereal, kacang, jagung, ubi, kentang dan kacang polong. Wanita yang menderita kram bersama dengan mual, harus melakukan diet kaya ikan dan sayuran, karena akan memasok tubuh dengan asam linoleat dan liblenic, ini akan meringankan semua rasa sakit dan kram terkait dengan datang bulan. Memijat perut, istirahat dan tidur yang cukup, berolahraga setiap hari, melakukan latihan pernafasan, juga bermanfaat untuk menghilangkan gejala pramenstruasi.

Seperti yang telah anda ketahui, rasa mual sebelum datang bulan bukanlah sesuatu yang serius. Namun, jika gejala yang dialami bersama dengan muntah, diare, demam tinggi, pusing dan ruam kulit, makan langkah terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter pada umumnya akan menyarankan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen untuk mengatasi kram. Bersamaan dengan ini biasanya akan diberikan resep kontrasepsi oral. Obat ini berguna untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, yang merupakan penyebab mual selama atau menjelang datang bulan.

 
  Incoming Keywords: mual menjelang haid, apakah datang bulan bisa muncul gejala mual, kenapa haid rasa mual, mengatasi pusing mual2 menjelang mens, mual sebelum datang bulan, mual sebelum haid

Comments are closed.