Sejarah Permainan Bola Voli dalam Olahraga

Voli merupakan salah satu permainan dalam cabang olahraga yang populer di dunia. Permainan bola voli terdiri dari 2 tim yang saling berhadapan dan masing-masing tim terdiri dari 6 pemain aktif dipisahkan oleh jaring di tengah lapangan. Aturan permainan bola voli juga cukup mudah. Pada intinya adalah mencetak gol ketika di area lawan. Permainan ini tersusun per set, dengan 25 poin pada masing-masing set. Tim yang memenangkan 3 set pertama akan memenangkan permainan.

Bola voli seringkali dipukul langsung dengan tangan ataupun lengan, meski terkadang para pemain juga menggunakan anggota tubuh yang lain untuk menyerang atau memukul bola. Bola voli pada awalnya termasuk olahraga dalam ruangan. Namun, banyak variasi lain dari permainan ini seperti voli pantai, yang kemudian menjadi terkenal hingga saat ini.

Sejarah bola voli

Sejarah permainan bola voli tercipta pada tanggal 9 Februari 1895, oleh William G. Morgan. Dia adalah seorang guru sejarah permainan bola voliinstruksi fisik di YMCA, Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan ingin berkeinginan membuat sebuah permainan indoor yang dapat dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini mulanya disebut dengan Mintonette. Ciri khas permainan bola voli diambil dari permainan tenis dan bola tangan. Permainan voli juga berkembang sewaktu permainan basket mulai dikenal. Peraturan awal yang ditetapkan oleh William adalah memakai jaring dengan tinggi 1,98 meter dan luas lapangan 15,2 meter x 7,6 meter.

  • Set dan lonjakan mulai diperkenalkan pada tahun 1916 dan pada tahun 1917 permainan berubah dari 21 poin menjadi 15 poin.
  • Pada tahun 1900, Kanada secara resmi mengadopsi permainan voli.
  • Pada tahun 1919 Expeditionary Forces Amerika membagikan sekitar 16.000 bola voli untuk tentara dan sekutunya, dan menyebarkan permainan voli ke berbagai belahan dunia.
  • Pada tahun 1924, voli diperkenalkan di kejuaraan olimpiade yang diselenggarakan di Paris.
  • Pada tahun 1947, FIVB (Federation Internationale de Volleyball) dibentuk. Banyak negara telah mengadopsi voli sejak saat itu termasuk Belanda, Brazil, Italia, Rusia, dan China.
  • Pada tahun 1996, voli pantai secara resmi diperkenalkan dalam cabang olimpiade.

Lapangan voli

Voli mengalami perkembangan sejak saat permainan ini dimainkan pertama kalinya. Hingga saat ini, permainan voli lapangan volidimainkan di dalam maupun di luar ruangan. Sebuah lapangan voli mempunyai panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Kemudian lapangan ini dibagi menjadi dua bagian menjadi 9 meter X 9 meter untuk kedua tim. Jaring ditempatkan di tengah dengan tinggi 2.43 meter (untuk pria) dan 2.24 meter tinggi (untuk wanita). Ketinggian juga akan bervariasi untuk berbagai jenis pemain seperti pemain junior dan veteran.

Syarat bermain voli


Syarat pertama untuk bermain bola voli adalah lapangan. Selanjutnya adalah bola. Bola terbuat dari kulit alami atau sintetis dan dengan kompresi udara. Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh FIVB maka bola yang digunakan harus memenuhi syarat:

  • Memiliki diameter antara 65-67 cm.
  • Berat antara 260-280 gr.
  • Bertekanan 0,30-0,325 kilogram / cm².

Teknik bermain voli

Voli tidak semudah yang dibayangkan dan membutuhkan kemampuan teknis serta ketajaman fisik. Teknik-teknik yang diberikan di sini adalah hal-hal dasar yang kita diketahui sebelum bermain voli.

>>  Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan Mental

Mengenal teknik dasar dalam bola voli akan meningkatkan kemampuan untuk unggul dalam olahraga ini. Bola voli adalah permainan yang mudah dimengerti tetapi tidak mudah untuk diuasai. Anda akan membutuhkan banyak latihan dengan pemain berpengalaman dan harus mengembangkan pemahaman dari semua teknik yang dibutuhkan. Ada 6 aspek dari permainan yang perlu diperhatikan dan semua ini memiliki metode tersendiri. Anda perlu memperhatikan untuk melakukan serve, set, pass, hit / attack, block, dan dig.

Serve
Ketika melakukan serve, yang perlu dipertimbangkan adalah ketinggian untuk melempar bola dan kekuatan tangan. Semua faktor ini harus berperan dalam memulai bermain voli dan perlu dilatih dengan baik. Cara terbaik untuk belajar melakukan serve adalah dengan melihat orang yang telah berpengalaman dalam permainan voli.

Set
Set pada dasarnya menyiapkan bola dengan cara yang memudahkan pemain berikutnya untuk memukul bola sangat keras ke tempat lawan. Setter perlu mengantisipasi arah bola dan harus yakin akan rekan tim untuk memberinya kesempatan dalam mengatur. Setter harus selalu memiliki target yang jelas dengan apa yang akan dia lakukan pada bola, selain itu dia juga harus mengetahui di mana posisi rekan se-timnya.

Pass
Passing biasanya memungkinkan setter untuk mendapatkan arah bola yang baik. Pergerakan pemain dalam passing harus sangat baik. Jika pemain ini dapat berkomunikasi dengan setter saat melakukan tugasnya, maka akan sangat membantu.

Hit
Teknik voli dengan pukulan dan menyerang selalu berfokus pada gerak kaki pemain. Dengan gerak kaki yang tepat, seseorang akan mendapatkan akurasi tinggi dan kekuatan untuk menembak. Selain itu, pendekatan terhadap bola, ayunan bahu, dan top-spin juga memainkan peran penting.

Block
Pemblokiran adalah hal yang sangat sulit karena biasanya menahan serangan lawan yang keras. Gerak kaki juga perlu diperhatikan dalam teknik block.

Dig
Membungkuk sangat rendah untuk mengambil tembakan menuju titik untuk lawan merupakan teknik dig. Setiap pemain mungkin memerlukan ini selama pertandingan dan cara ini membutuhkan refleks yang bagus. Pemain harus dapat ke bawah sangat cepat dan kemudian mengangkat bola ke atas. Ini adalah sesuatu yang hanya dapat dikembangkan dengan bermain voli secara teratur.

Teknik-teknik di atas juga berlaku untuk bola voli pantai dan semua membutuhkan kelincahan dan gerak refleks pemain yang bagus. Dengan sering berlatih dan bekerja sama dengan tim yang koordinasi, anda akan menguasai teknik permainan bola voli dan menjadi pemain yang sangat terampil.

 
  Incoming Keywords: bola voli putri resmi diperkenalkan tahun

,

Comments are closed.