Manfaat Minyak Jarak untuk Merawat Kulit

Minyak jarak diproduksi dari biji tanaman jarak dan mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Khasiat minyak jarak bagi obat sangat luar biasa karena dapat menyembuhkan secara alami. Larutan yang khas ini telah lama digunakan sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan seperti obat disentri dan obat sembelit. Dan yang terpenting adalah obat alami untuk mengatasi berbagai bentuk masalah kulit.

Memanfaatkan minyak jarak menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kelembutan kulit dan berguna untuk mencegah masalah yang menyerang kulit. Menggunakannya dengan rutin merupakan cara mencegah timbulnya keriput dan penuaan dini. Dengan dikemas dari bahan-bahan yang ramah pada kulit, minyak jarak akan membantu untuk meremajakan umur kulit menjadi terlihat lebih muda.manfaat minyak jarak

Nutrisi yang terkandung dalam minyak jarak meliputi antioksidan, vitamin E, dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan nutrisi tersebut sering dijumpai pada makanan sehat. Meski begitu, hanya nutrisi dalam jumlah kecil saja yang diserap oleh kulit. Oleh sebab itu, penggunaan aplikasi seperti minyak jarak sebagai pelembab alami akan membantu dalam menyehatkan kulit.

Manfaat minyak jarak untuk kulit


  • Kandungan asam lemak trigliserida terdapat dalam minyak jarak. Asam lemak ini dikenal karena sifat antibakteri dan antivirus. Aplikasi topikal memakai minyak jarak sangat manjur untuk menyembuhkan infeksi kulit. Penderita penyakit radang kulit, iritasi kulit dan gatal-gatal, sangat dianjurkan untuk memakai aplikasi minyak jarak untuk meredakan ketidaknyamanan. Minyak jarak juga bermanfaat untuk mengobati keratene.

  • Kulit kering dapat diatasi dengan minyak jarak. Kandungan asam lemak trigliserida yang terdapat dalam minyak castor mempunyai manfaat untuk mengembalikan kelembaban kulit secara alami dan mencegah kulit kering. Kulit pada pergelangan kaki yang terlihat retak dapat diobati dengan cara memijat bagian kulit bersama minyak jarak pada bagian yang terkena, setelah itu rendam dalam air panas selama beberapa saat.

  • Obat alami untuk mengatasi jerawat dapat diperoleh melalui manfaat minyak jarak. Cara ini dapat mengendalikan pertumbuhan jerawat dan juga membersihkan kulit. Aplikasi minyak jarak akan menambah kecantikan kulit. Minyak jarak merupakan bahan aktif sabun anti jerawat yang berguna sebagai pelembab dan pembersih kulit. Minyak jarak mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit lebih cepat. Melakukan teknik pijatan dengan minyak jarak dapat menghilangkan noda jerawat dan ruam kulit.

  • Tahi lalat dapat muncul di manapun pada bagian tubuh dalam berbagai ukuran. Tahi lalat seringkali muncul dalam warna kecoklatan atau mungkin hitam. Salah satu obat alami untuk menghilangkan tahi lalat adalah menggunakan manfaat minyak jarak. Buatlah pasta dari sedikit baking soda dan ditambah minyak jarak secukupnya, kemudian terapkan pada kulit dan biarkan semalam suntuk. Lakukan cara ini dengan rutin.

  • Kandungan asam risinoleat yang berfungsi sebagai obat antivirus alami dapat digunakan untuk memberantas kutil. Untuk menggunakan minyak jarak sebagai obat kutil adalah dengan mengoleskan minyak jarak pada kulit, tutup dengan plester pada malam hari, dan buka keesokan harinya. Ulangi cara ini setiap hari hingga kutil menghilang.

  • Pertumbuhan jamur seperti panu pada kulit dapat diatasi oleh asam risinoleat. Infeksi jamur pada kuku juga dapat diobati dengan menggunakan khasiat minyak jarak. Rendam kasa dalam minyak jarak dan terapkan pada area yang terkena jamur dan dibiarkan selama semalam.

Menggunakan minyak jarak murni bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara itu kebanyakan minyak jarak diproduksi melalui proses penyulingan yang meliputi pemanasan minyak. Hal ini juga akan mengurangi kandungan nutrisi. Minyak jarak yang dipakai untuk merawat kulit haruslah dengan kualitas yang terbaik.

 
  Incoming Keywords: minyak jarak untuk kulit jamur

Comments are closed.