Efek Samping Minyak Jarak Mengatasi Sembelit

Minyak jarak selama ini dikenal dengan minyak nabati yang ampuh untuk digunakan sebagai obat pencahar alami. Minyak ini menjadi pemecahan masalah yang paling mujarab untuk mengatasi sembelit yang telah parah. Meski begitu, penggunaan minyak jarak untuk mengatasi sembelit tidak disarankan dalam waktu yang panjang.

Minyak jarak diekstrak dari biji tanaman jarak. Secara ilmiah, tanaman ini disebut communis ricinus, yang marupakan tanaman asli Afrika Timur. Di saat ini, tanaman ini juga seringkali ditemui di daerah tropis di seluruh dunia. Minyak yang diperoleh dari biji jarak pada umumnya berwarna kuning pucat disertai bau yang sangat khas. Minyak jarak merupakan trigliserida asam lemak yang terdiri dari asam oleat, asam risinoleat, dan asam linoleat. Asam risinoleat merupakan asam lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Oleh sebab itu minyak jarak mempunyai khasiat sebagai obat.

Minyak jarak digunakan sebagai obat tradisional sejak dahulu. Masalah kulit, arthritis, sembelit, rematik, asam urat, pigmentasi kulit, rambut rontok, infeksi kuku, gangguan menstruasi, dapat dibantu oleh minyak ini. Di saat ini, minyak jarak juga digunakan sebagai bahan dalam obat-obatan yaitu sandimmune, miconazole, tacrolimus, nelfinavir mesylate, dsb.

Minyak jarak mengatasi sembelit

Minyak jarak dalam pengobatan tradisional dikenal karena mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan. Dari seluruh manfaat minyak jarak yang ada, minyak jarak cocok untuk menghilangkan sembelit yang parah. Hal ini juga telah diakui oleh dunia kedokteran. Pemakaian minyak jarak untuk mengatasi sembelit pada orang dewasa maupun pada anak-anak merupakan cara lama yang telah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Minyak jarak merupakan obat pencahar yang sangat efektif untuk memperlancar buang air besar dan meringankan sembelit.

Minyak jarak merupakan obat pencahar alami yang dapat merangsang kontraksi otot usus untuk membuang kotoran minyak jarakkeluar dari dalam usus. Selain itu minyak jarak bermanfaat untuk mengurangi penyerapan cairan dari saluran usus. Minyak jarak menjadi obat yang mujarab untuk mengobati sembelit yang paraj. Dengan dosis yang tepat akan membuahkan hasil yang baik. Untuk menggunakannya juga dapat dicampur dengan madu. Dosis untuk orang dewasa umumnya adalah 1 sendok teh dan anak-anak ½ sendok teh. Berdasarkan tingkat keparahan sembelit yang dialami, sebaiknya minum minyak jarak untuk jangka waktu 3-7 hari, atau seperti yang ditentukan oleh dokter. Minyak jarak akan terasa lebih efektif jika diminum pada saat perut belum terisi.

>>  Manfaat Minyak Almond untuk Rambut

Efek samping

Terlalu berlebihan dalam konsumsi minyak jarak dan obat pencahar lainnya harus dihindari karena akan menyebabkan diare. Minyak jarak harus digunakan hanya sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada keterangan produk.

Pemakaian minyak jarak secara rutin untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti kehilangan fungsi usus. Tidak hanya itu, minyak jarak juga akan menyebabkan mual, pusing, dan kram otot. Beberapa efek samping yang jarang terjadi adalah gangguan pernafasan, gatal-gatal, ruam kulit, dan kepala pusing.

Penggunaan obat pencahar khususnya minyak jarak dalam jangka panjang harus dihindari karena dapat menyebabkan ketergantungan. Disamping itu, memakai minyak jarak juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting. Kondisi ini akan membuat ketidaksemimbangan gizi dan elektrolit yang berdampak pada gangguan ginjal. Oleh sebab itu, obat pencahar seperti minyak jarak wajib dihindari kecuali untuk masalah sembelit yang parah.

Penggunaan minyak jarak dalam jangka panjang akan dapat melemahkan otot-otot usus besar dan kemampuan usus untuk berkontraksi akan tergantung dari minyak jarak. Pemakaian untuk bayi dan anak-anak juga harus dikonsultasikan dahulu dengan ahli medis.

Mengatasi sembelit tidak tergantung pada obat pencahar, melainkan tercermin pada perubahan gaya hidup. Untuk mengatasi sembelit diperlukan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran, beserta kegiatan rutinitas fisik. Jika masalah sembelit yang anda alami tidak terlalu parah, sebaiknya hindari untuk menggunakan minyak jarak sebagai obat pencahar. Obat pencahar lain seperti psyllium akan lebih aman dan efektif untuk digunakan untuk mengatasi sembelit yang tidak parah.

 
  Incoming Keywords: mekanisme kerja obat minyak jarak, penggunaan mnyak jarak berlebihan menyebabkan hal yang negatif

Comments are closed.