Manfaat Minyak Lemon

Minyak lemon adalah minyak esensial yang berasal dari jeruk sitrun, yang diekstrak dari kulit lemon. Minyak ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagi perawatan kulit dan rambut. Dalam aromaterapi, minyak lemon menjadi bagian yang begitu penting karena mengandung sifat meremajakan dan antidepresan.

Tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia ini merupakan bahan yang sering digunakan untuk bermacam keperluan. Lemon yang tinggi kandungan vitamin C menjadi buah yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti halnya minyak esensial yang lain, minyak lemon juga mempunyai sifat antiseptik. Minyak ini juga membantumanfaat minyak lemon cara membuat seseorang dapat merasa lebih tenang dan mengurangi emosi negatif. Oleh sebab itu minyak lemon juga dapat mengusir stres. Minyak lemon memiliki warna kuning pucat sedikit kehijauan dengan aroma yang menyegarkan.

Manfaat minyak lemon

Minyak lemon mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan antara lain sbb:

  • Penggunaan minyak lemon dapat membantu mengobati insomnia karena bersifat menenangkan dengan aroma yang menyegarkan sehingga dapat membuat mengantuk dan tidur dengan nyaman.
  • Aroma minyak melon telah dikenal sebagai perangsang daya ingat dan meningkatkan kewaspadaan pikiran.
  • Minyak lemon mempunyai sifat antiseptik yang cocok untuk mengatasi masalah kulit akibat digigit serangga dan kulit berjerawat.
  • Minyak lemon dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi kulit kusam dan mengembalikan kembali cahaya kulit secara alami. Minyak ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak.
  • Minyak lemon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena termasuk sumber vitamin C tinggi.
  • Sifat anti jamur dalam minyak lemon dapat dipakai untuk membuat air minum lebih bersih.
  • Minyak lemon berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan percernaan dan kram perut.
  • Minyak Lemon membantu meringankan sakit yang berhubungan dengan menstruasi.
  • Menggunakan minyak lemon akan membantu untuk menghilangkan ketombe dan akan memperkuat rambut.
  • Minyak ini bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernafasan.

Cara membuat minyak lemon



Untuk membuat minyak lemon sendiri juga sangat mudah. Banyak cara untuk membuat minyak ini sendiri di rumah, antara lain sbb:

>>  Manfaat & Efek Samping Minyak Peppermint

Cara 1:

  1. Ambil 3 buah lemon matang dan cuci dengan air dingin lalu kupas kulitnya.
  2. Masukkan kulit yang telah dikupas ke dalam panci dan tuangkan minyak kelapa secukupnya hingga seluruh permukaan hampir tertutup.
  3. Rebus dengan api yang kecil selama sekitar 5 menit.
  4. Setelah mendidih biarkan beberapa jam agar lemon meresap ke dalam minyak.
  5. Saring minyak di tempat yang bersih dan masukkan ke toples kedap udara, simpan dalam kulkas atau lemari yang minim cahaya.

Cara 2:

  1. Ambil 4 buah lemon matang matang, cuci dengan air dingin dan kupas kulitnya.
  2. Masukkan potongan kulit di botol yang bersih, tuangkan minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya kemudian tutup rapat.
  3. Taruh botol tersebut di dekat jendela yang sering terkena sinar matahari selama sekitar 1-2 minggu dan setiap hari kocok botol tersebut.
  4. Setelah sekian lama berselang, saring minyak ke dalam botol lain dan simpan di tempat yang gelap atau kulkas.

Minyak lemon juga dikenal sebagai obat pembersih untuk mengembalikan kilau yang hilang dari furnitur. Membuat minyak lemon sendiri adalah solusi paling baik. Pembersih buatan sendiri membantu anda menghemat biaya. Hanya dengan menggunakan beberapa tetes minyak lemon, hal ini cukup untuk selama satu bulan. Untuk menggunakannya sebgai pembersih furniture dan aksesoris rumah, jangan langsung menyemprotkan pada permukaan melainkan teteskan sedikit pada kain bersih dan gunakan gerakan melingkar untuk membersihkan.

Sekarang anda telah mengetahui bagaimana cara membuat minyak lemon. Setelah memakan lemon, anda tidak perlu membuang kulitnya karena dapat digunakan untuk beragam manfaat.

,

Comments are closed.