Manfaat Sumber Makanan Omega 3

Begitu banyak manfaat omega 3 untuk memperkuat fondasi tubuh. Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang dibutukan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan normal. Oleh karena tubuh tidak dapat mensintesis omega 3 sendiri maka harus didapatkan lewat makanan. Omega 3 sangat bermanfaat bagi setiap orang karena juga membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Manfaat omega 3

  • Makanan yang kaya akan asam lemak akan meredakan tingkat tekanan darah pada orang yang terserang hipertensi. Dengan meminum minyak ikan sekitar 3 g perhari akan mengurangi hipertensi secara drastis.
  • Asam lemak berguna untuk mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung. Asam alfa-linolenat merupakan sejenis asam lemak omega 3 yang sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit jantung. Sedangkan asam eicosapentaenoic dan docosahexaenoic acid berguna untuk memotong resiko terkena gagal jantung. Meski begitu konsumsi asam lemak omega 3 yang berlebihan juga dapat mempunyai efek buruk yaitu serangan stroke.
  • Seseorang dengan diabetes memiliki trigliserida tinggi dan kadar HDL rendah. Konsumsi asam lemak omega 3 akan meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tingkat trigliserida dan apoprotein. DHA dan EPA merupakan jenis asam lemak yang secara efektif bermanfaat untuk mengobati diabetes.
  • Peradangan pada sendi dapat disembuhkan dengan asam lemak. Omega 3 akan meningkatkan kekuatan tubuh dan mengobati sendi yang kaku.
  • EPA dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah dan meningkatkan kepadatan tulang, oleh sebab itu asam lemak berguna untuk mencegah osteoporosis.
  • Asam lemak membantu menurunkan berat badan.
  • Diet asam lemak berguna untuk mengobati depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.
  • Omega 3 dapat digunakan dalam bahan kosmetik karena terdapat manfaatnya bagi kulit.
  • Omega 3 dapat mencegah kram saat menstruasi dan saat memasuki menopause.
  • Omega 3 juga bermanfaat bagi ibu hamil.



Sumber makanan kaya omega 3

Asam lemak omega 3 bermanfaat dalam hal kesehatan dan aspek gizi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. manfaat omega 3Dosis yang tepat bagi orang normal tanpa penyakit jantung adalah 1,6 gr untuk pria dan 1,1 gr untuk wanita.

Produk ikan
Sumber omega 3 yang paling sering tersedia adalah ikan. Ikan mendapatkan asam lemak dari plankton atau ganggang yang mereka makan. Ikan seperti mackerel, salem, herring, ikan teri dan sarden memiliki kandungan tinggi omega 3 asam lemak sedangkan tuna, king mackerel, dan ikan kakap mengandung asam lemak di dalamnya. Minyak ikan adalah sumber penting dari asam lemak omega 3.

Telur dan daging
Telur ayam memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Sedangkan daging ayam juga merupakan sumber dari asam lemak omega 3. Tidak hanya daging ayam, daging sapi dan domba juga mengandung asam lemak yang baik.

Udang krill
Krill adalah hewan air seperti udang yang memakan plankton dan ganggang. Hewan ini juga merupakan sumber omega 3.

Kacang
Kacang seperti kenari merupakan sumber omega 3 dan mempunyai rasa yang lezat.

Biji-bijian
Biji rami juga merupakan sumber omega 3. Meskipun sedikit sekali kandungan DHA dan EPA, akan tetapi diperkaya dengan ALA yang tinggi dan membuatnya menjadi sumber omega 3 terbanyak melebihi ikan. Selain biji rami, biji-bijian yang lain adalah biji wijen.

Oleh karena tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega 3, maka anda harus memasukkannya ke dalam menu harian. Konsumsi sumber omega 3 seperti yang disebutkan di atas dalam pola makan harian untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung ataupun penyakit lainnya. Meski begitu jangan lupa untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang seimbang, karena jika overdosis juga akan menyebabkan serangan penyakit.

 
  Incoming Keywords: content

,

Comments are closed.