Diet Vegetarian yang Seimbang

Diet vegetarian lebih disukai oleh banyak orang di seluruh dunia dan telah dinyatakan menjadi cara untuk hidup sehat. Menu makan vegetarian umumnya terdiri dari biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi apakah semua makanan vegetarian ini dapat memenuhi seluruh kebutuhan tubuh?

Kelebihan vegetarian
Diet vegetarian biasanya mencakup kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, sayuran, dan buah-buahan. Makanan ini kaya akan kandungan serat, folat, dan vitamin C. Sayuran dan buah-buahan menawarkan vitamin dan mineral penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar sehat. Kacang-kacangan dan biji menjadi sumber protein tinggi. Phytochemical yang terdapat dalam sayuran akan berguna dalam mencegah beberapa penyakit kronis dan merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan. Sayuran dan buah-buahan juga memberikan zat gula alami. Keuntungan mengikuti diet vegetarian juga begitu rendah lemak, kolesterol, dan lemak jenuh. Oleh sebab itu meminimalkan berat badan naik. Hal ini akan mengurangi mengembangkan masalah kesehatan yang disebabkan karena obesitas. Diet vegetarian juga terbukti membantu untuk menurunkan berat badan secara natural. Diet vegetarian menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resiko terkena hipertensi, stroke, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, diabetes, osteoporosis, penyakit ginjal, penyakit batu empedu, dan kanker.

Kekurangan vegetarian
Pada sisi yang lain, diet vegetarian terkadang memiliki kekurangan yaitu tidak dapat memberikan semua nutrisi bagi tubuh. Masih banyak menu vegetarianfaktor tertentu yang dapat kita raih dari daging maupun ikan. Daging, ayam, dan ikan mengandung jumlah nutrisi yang lebih banyak. Nutrisi dalam jumlah besar ini tidak ditemukan dalam diet vegetarian. Daging merupakan sumber protein tinggi dan mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh. Diet vegetarian juga tidak disarankan bagi para binaragawan, karena mereka membutuhkan diet kaya protein untuk menambah massa otot. Diet karbohidrat dan protein yang kurang dapat menyebabkan anemia. Meskipun terdapat kekurangan dalam dari diet vegetarian, akan tetapi ini juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Nutrisi di bawah ini wajib dimasukkan ke dalam menu diet vegetarian agar menjadi seimbang:

  • Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan fungsi tubuh secara normal. Banyak sekali sumber vegetarian dan vegan protein. Produk kedelai, kacang-kacangan, dan susu harus dimasukkan untuk membuat diet menjadi seimbang.
  • Karbohidrat memberikan energi bagi tubuh. Karbohidrat dapat diperoleh dari biji-bijian dan berbagai macam buah-buahan seperti semangka dan buah ara yang merupakan makanan sumber karbohidrat yang sehat dan menjadi bagian dalam diet vegetarian.
  • Vitamin merupakansalah satu hal penting yang diperlukan oleh tubuh. Buah seperti jeruk dan lemon kaya akan vitamin C. Berbagai produk kedelai juga menjadi sumber vitamin makanan D. Vitamin K juga wajib dimasukkan ke dalam menu agar sistem pencernaan dapat berjalan baik.
  • Biji rami, biji rami, walnut, minyak kedelai, dan minyak canola dapat digunakan sebagai pengganti asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan atau minyak ikan.
  • Zat besi meliputi sayuran, kacang polong.
  • Produk daging akan mendapatkan seng lebih baik, meski begitu bagi vegetarian dapat menggantinya dengan sayuran dan produk kedelai.
  • Kalsium dapat diperoleh dari produk susu dan makanan nabati. Ini juga merupakan bagian penting dalam diet seimbang.
>>  Kandungan Makanan Sehat Selama Kehamilan

Bagi seseorang yang kegemukan akan lebih baik untuk mengikuti menu diet yang bergizi secara tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Pilihan terbaik untuk dilakukan adalah diet vegetarian. Bagi orang gendut, diet vegetarian menjadi bagian penting dan harus dimasukkan dalam pola makan harian.

Tubuh yang terlalu gendut memerlukan perhatian dan perlakukan khusus. Dengan melakukan diet secara benar akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting bagi tubuh agar dapat melawan kegemukan. Gizi yang diperlukan antara orang normal dengan orang gemuk juga berbeda. Kebutuhan akan tergantung perubahan dalam tingkat toleransi terkait makanan tertentu.

Menu diet vegetarian

Diet vegetarian meliputi makanan sbb:

  • Buah-buahan, keju, dan yogurt.
  • Sayuran seperti kembang kol, brokoli, kacang-kacangan, sereal, lemak yogurt.
  • Sup sayuran, buah-buahan kering, kacang kering dan biji-bijian.
  • Puding, karamel, dsb.

Selain di atas, diet vegetarian juga harus mengadung mikronutrien untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Berikut adalah daftar mikronutrien:

  • Suplemen vitamin dan susu kedelai yang merupakan sumber vitamin B12 yang baik.
  • Kacang-kacangan dapat dimasukkan ke dalam menu vegetarian untuk menambah jumlah zat besi.
  • Tahu, jus jeruk, susu kedelai, almond, akan memenuhi kebutuhan akan kalsium yang cukup.

Pilihan makanan dapat bermacam-macam tergantung pada kemampuan seseorang untuk dapat mengunyah makanan, menelan, dan mencerna. Akan lebih baik lagi untuk meminta pendapat seorang ahli diet untuk membuat rencana yang tepat. Pola makan vegetarian yang seimbang harus mencakup produk kedelai, sayuran, dan buah-buahan. Seperti yang anda lihat, untuk membuat diet vegetarian tidaklah begitu sulit.

Comments are closed.