Jerawat di Kulit Kepala Membuat Risih

Jerawat dapat tumbuh pada kulit kepala. Pada umumnya jerawat di kulit kepala berhubungan dengan masalah rambut. Jerawat yang terinfeksi dapat menimbulkan rasa nyeri. Jika dibandingkan dengan daerah seperti leher dan wajah, maka kulit kepala kurang rentan untuk mengalami jerawat. Dasar penyebab jerawat biasanya juga sama yaitu karena tersumbatnya pori-pori kulit.

Jerawat yang tumbuh terkait dengan kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menghasilkan sebum berminyak dan keluar melalui folikel rambut melalui pori-pori. Pori-pori ini tersumbat karena bermacam sebab sehingga menghalangi minyak untuk dapat keluar. Minyak akan terakumulasi ke dalam folikel rambut yang menyebabkan peradangan. Pori-pori kulit yang tersumbat dapat terinfeksi dan menghasilkan nanah. Sistem imun akan bereaksi terhadap infeksi ini dengan mengirimkan sel darah putih lebih banyak ke tempat tersebut. Pada akhirnya leukosit menghasilkan bakteri mati dan senyawa kimia lainnya. Pada beberapa kasus yang berat, infeksi ini juga dapat menjalar ke daerah di dekatnya.

Penyebab jerawat di kulit kepala

Seperti telah kita ketahui, penyebab jerawat tumbuh di kulit kepala akibat folikel rambut yang tersumbat jerawat di kulit kepalaakibat beragam faktor penyebab. Faktor tersebut dapat saja terjadi karena kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik, asupan nutrisi yang rendah, faktor kekurangan hormon, tingkat stres yang tinggi, efek samping obat tertentu, faktor perubahan musim, penggunaan beberapa produk perawatan rambut, dan masih banyak faktor lain yang bertanggun jawab terhadap jerawat di kepala. Keringat yang berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi tersebut, karena menciptakan tempat yang lembab bagi bakteri untuk berkembang.

Folikel yang tersumbat akan menjadi whitehead dan blackhead, yang merupakan bentuk jerawat di kepala paling ringan. Terkadang, mikroorganisme seperti ragi dan bakteri juga dapat menginfeksi folikel yang tersumbat dan membuat peradangan. Pada beberapa kasus, kondisi tersebut dapat menjadi parah sehingga menyebabkan kista dan nodul. Jerawat di kulit kepala adalah masalh yang umum dan sering mereda tanpa pengobatan. Meski begitu, jerawat yang parah haruslah diobati.

Mengobati jerawat di kepala

Jerawat ringan di kulit kepala biasanya akan menghilang sendirinya dalam beberapa hari. Namun jerawat yang menimbulkan rasa sakit pada kulit kepala yang terus-menerus harus diambil tindakan.

>>  Antara Jerawat, Stres, dan Wajah Anda

Shampo anti ketombe
Pada beberapa kasus, sampo anti ketombe dapat berguna untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala dalam kasus yang ringan.

Asam salisilat
Pengobatan ini adalah yang paling umum untuk mengatasi gatal akibat jerawat yang tumbuh di kulit kepala. Produk shampo dengan asam salisilat terbukti bermanfaat untuk dapat mengatasi jerawat di kulit kepala. Cara ini juga dianggap baik untuk mencegah jerawat tumbuh lagi. Asam salisilat begitu aman untuk dipakai pada kulit kepala. Di lain sisi, produk dengan kandungan benzoil peroksida dapat menyebabkan rambut rontok.

Obat
Jerawat di kulit kepala yang parah dan sering terjadi membutuhkan bantuan medis. Ah li kesehatan dapat memberikan antibiotik dan obat anti jerawat.

Minyak pohon teh
Minyak ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Beberapa tetes minyak ini dicampur dengan dengan air dan minyak lainnya seperti minyak lavender dan minyak zaitun dapat menjadi shampo anti ketombe.

Cuka sari apel
Ini adalah produk yang dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Larutkan cuka ke dalam air dalam jumlah yang sama dan gunakan untuk membilas rambut. Cara ini juga dapat untuk menjaga tingkat keasaman rambut dan kulit kepala.

Jus lemon
Jus lemon dapat bermanfaat untuk meringankan jerawat di kulit kepala tersebut. Gunakan jus lemon bersama dengan air untuk membilas rambut. Anda juga dapat memakai air mawar untuk menenangkan kulit kepala.

Cara di atas adalah beberapa solusi pengobatan yang kerap dipakai untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Jika ternyata anda mengalami alergi terhadap salah satu metode di atas maka gunakalah cara yang berbeda.

 
  Incoming Keywords: shampoo anti jerawat

Comments are closed.