Kandungan Nutrisi Telur Bebek

Telur bebek adalah salah satu telur yang paling populer di dunia, hampir sama dengan telur ayam. Mereka yang alergi terhadap telur ayam dapat menggantinya dengan telur bebek. Banyak sekali orang yang masih meragukan nilai gizi dari telur bebek. Berikut di bawah ini beberapa informasi tentang nilai gizi telur bebek.

Telur bebek dengan rasanya yang khas terlihat lebih besar dibandingkan telur ayam dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan telur angsa. Telur ini sangat berguna karena bergizi dan membuatnya sebagai bahan makanan serbaguna pada beberapa resep masakan. Telur bebek dapat dimakan dengan cara sama seperti ketika memakan gizi telur bebektelur ayam. Anda dapat menikmati berbagai macam resep masakan dengan berbahan telur ini. Telur bebek juga dipakai untuk membuat kue. Memakai telur bebek menjadi kunci kelezatan kue. Yang paling umum adalah resep Cina yaitu telur asin. Cara ini dilakukan dengan proses perendaman larutan abu yang lembab. Setelah melalui proses tersebut yang didapatkan adalah kuning telur dengan warna oranye terang dikelilingi dengan bagian putih.

Para ahli gizi yang pernah melakukan studi menyatakan bahwa nilai gizi telur bebek berukuran sedang mengandung 130 kalori. Selain kalori, telur bebek menghasilkan kolesterol, vitamin, protein, dan zat besi.

Nutrisi telur bebek



  • 1 telur bebek dengan berat sekitar 70 g mengandung sekitar 130 kalori.
  • 100 g telur bebek mengandung sekitar 185 kalori dan 100 g telur ayam mengandung 149 kalori dengan 1 g karbohidrat dan 1 g gula.
  • Putih telur bebek mengandung 20 kalori dan kuning telur 78 kalori.
  • Lemak yang dikandung dari telur bebek 10 g.
  • 1 telur bebek akan membantu anda mendapatkan 15% dari kebutuhan akan lemak.
  • Telur bebek mengandung 2,6 g dari lemak jenuh dan 0,9 g lemak tak jenuh ganda serta 4,6 g lemak tak jenuh tunggal.
  • Telur bebek mengandung 102 mg sodium.
  • Telur bebek kaya protein tetapi juga tinggi kolesterol dan sodium.
  • Telur bebek tidak mengandung serat dan vitamin C.
  • 1 telur bebek mengandung 220 mg fosfor, 64 mg kalsium, 3,85 mg zat besi, 222 mg kalium.
  • Telur bebek juga mengandung seng 1,41 mg.
  • Telur bebek memberikan 10% kebutuhan folat harian dan 1% niacin perhari, 5% dari kebutuhan harian akan tiamin (B1), 50% dari cobalamin (B12), 8% dari pyridoxine (B6), 13% kebutuhan harian vitamin riboflavin (B2), dan sekitar 9% kebutuhan harian akan vitamin A.
>>  Vitamin untuk Mengatasi Jerawat

Telur bebek juga mengandung mangan, tembaga, selenium, vitamin D dan E dalam jumlah kecil. Telur ini dianggap sebagai makanan sehat karena menawarkan asam amino esensial. Sebuah telur bebek juga menjadi sumber vitamin B yang baik dan meningkatkan produksi darah. Sedangkan vitamin A akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan ketajaman mata dan membantu menjaga kekuatan tulang. Dari daftar gizi telur bebek di atas, dapat disimpulkan bahwa telur ini memberikan vitamin dan mineral termasuk antioksidan untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Meski telur bebek mengandung kolesterol tinggi, studi menunjukkan bahwa konsumsi telur bebek tidak meningkatkan resiko penyakit jantung atau gangguan sirkulasi darah. Studi menyatakan bahwa orang yang memakan 4-5 telur bebek setiap minggu menunjukkan kadar kolesterol rendah daripada orang-orang yang tidak memakan telur bebek. Kandungan kolin yang terdapat dalam kuning telur dapat mencegah efek berbahaya dari kolesterol. Kolin juga meningkatkan kesehatan otak dan membantu mencegah peradangan. Studi menyatakan lebih banyak manfaat telur bebek daripada efek sampingnya.

Telur bebek mengandung banyak sekali nutrisi penting dan dapat dianggap sebagai makanan sehat. Perhatian utama pada telur bebek adalah kandungan kolesterol yang tinggi. Oleh sebab itu seseorang yang menderita masalah kolesterol tinggi atau masalah yang berhubungan dengan jantung dan gangguan sirkulasi darah harus mencegah untuk memakan telur bebek.

Comments are closed.