Tips Memulai Bisnis Mesin Minuman Otomatis

Mesin penjual minuman otomatis dapat menjadi salah satu usaha yang dapat meraih keuntungan besar. Ketika anda keluar rumah dan berjalan-jalan, mungkin saja anda akan berpikir untuk mencari minuman. Andai saja anda yang memiliki mesin otomatis ini, anda juga dapat berjualan dan beruntung. Mesin minuman otomatis adalah bisnis part time yang sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa tips berguna mengenai rencana bisnis mesin minuman otomatis.

Memulai sebuah usaha mesin minuman memerlukan rencana yang matang. Meski nampak mudah, pada kenyataannya tidak sangat mudah untuk diterapkan. Terdapat beberapa hal yang wajib menjadi bahan pertimbangan. Keberhasilan bisnis ini tergantung pada kualitas layanan yang anda sediakan pada pelanggan.

Tips usaha mesin minuman

vending machine

vending machine

Pembelian mesin
Anda dapat mempunyai 2 opsi, yaitu membeli usaha orang lain yang telah berjalan dengan baik atau membeli mesin baru. Dilihat dari sudut pandang bisnis, membeli bisnis yang telah berjalan dengan lancar dapat menjadi gagasan yang baik, ini karena anda telah mendapatkan basis pelanggan yang telah mapan. Di sisi lain jika anda membeli mesin baru dan mulai dari awal, maka akan dibutuhkan waktu untuk menarik pelanggan baru. Jika anda membeli sebuah usaha yang telah mapan, maka tugas anda hanya memberikan pelayanan yang baik dan mempertahankan pelanggan atau menarik pelanggan baru. Anda dapat juga membeli mesin bekas dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin baru. Keuntungan membeli mesin baru adalah keuntungan yang lebih banyak karena akan membutuhkan biaya reparasi yang lebih rendah. Namun, anda harus membeli dari vendor yang telah terbukti dengan kualitasnya.

Modal
Modal awal dalam suatu usaha adalah hal yang paling menjadi perhatian. Anda harus memperhitungkan biaya dalam memulai suatu usaha mesin minuman otomatis. Modal awal akan digunakan untuk membeli perangkat mesin dan fasilitas lain yang terkait. Sementara itu mungkin saja anda akan mempekerjakan seorang karyawan untuk melakukan maintenis jika diperlukan.

>>  Administrasi dan Manajemen Bisnis

Pemilihan lokasi
Lokasi yang tepat menjadi hal yang paling penting dalam bisnis plan tersebut. Lokasi yang strategis memainkan peran penting agar usaha ini berhasil. Tempat yang ramai dan seringkali dikunjungi orang adalah adalah pilihan yang tepat. Hal ini dapat meliputi pusat perbelanjaan, pertokoan, rumah makan, bandara, dsb menjadi tempat terbaik untuk memulai bisnis mesin minuman otomatis. Area untuk melakukan bisnis juga harus mudah dijangkau oleh banyak orang, terlebih lagi di jantung kota.

Minuman yang dijual
Mesin penjual minuman biasanya menawarkan beragam produk seperti minuman ringan dan soda. Anda dapat menentukan produk berdasarkan survei pasar. Gunakan produk yang dapat bertahan lama atau mempunyai kadaluwarsa yang sangat panjang jika anda tidak ingin rugi. Pada umumnya produk yang dijual juga akan tergantung pada lokasi. Jika anda menjual minuman dingin, mungkin saja tempat terbaik adalah sekolahan. Akan lebih baik lagi jika berdekatan dengan penjual makanan.

Strategi marketing
Strategi marketing dapat pula berubah setelah usaha mengalami perkembangan. Setelah memahami kondisi pasar dan perkembangan selama bertahun-tahun, anda dapat memakai strategi bisnis untuk lebih cepat meningkatkan omset.

Pemeliharaan
Perawatan mesin sangatlah diperlukan agar semua bagian dapat berfungsi dengan lancar. Jika anda mendapatkan gangguan, segeralah menghubungi teknisi terkait. Mesin yang tidak terawat membuat fungsinya tidak berjalan lancar dan bahkan rusak. Pemakaian asuransi bisnis menjadi bagian penting juga didalam melindungi usaha anda dari kerusakan ataupun kecelakaan.

Secara teoritis, bisnis ini nampak begitu mudah, hanya dengan berbekal mesin otomatis dan menempatkannya di area yang strategis, kemudian mendapat uang. Namun yang perlu anda ketahui, memiliki mesin penjual minuman otomatis tidak dapat membuat anda menjadi orang kaya mendadak. Ide bisnis yang anda percaya dapat membuat usaha ini berhasil.

, ,

Comments are closed.