Makanan Minuman untuk Mengatasi Diare

Diare yang diderita membuat perut benar-benar sakit. Pada saat menderita diare diperlukan makanan tertentu yang dapat membantu untuk meringankan kondisi ini. Penyakit diare pernah dialami hampir semua orang. Penyakit ini adalah hal yang telah sangat umum. Pada umumnya ini adalah gejala dari adanya penyakit yang mendasarinya. Penyebab diare meliputi salah makan, infeksi virus, penyakit maag, dsb. Makanan ataupun minuman merupakan faktor yang seringkali harus diperhatikan saat mengalami diare. Makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab diare. Sementara itu ada pula makanan yang dapat membantu untuk meredakan sakit diare.

Pada saat diare maka anda akan kehilangan nutrisi dan mineral. Oleh karena itu begitu penting untuk makan makanan yang akan menggantikan nutrisi dan mineral yang telah hilang. Sistem pencernaan juga akan terpengaruh selama mencerita diare. Mempertimbangkan konsumsi makanan akan membantu pencernaan untuk lepas dari masalah ini.

Makanan minuman meringakan gejala diare

Tidak ada makanan yang dapat membantu secara langsung untuk menghentikan diare. Meski begitu terdapat pantangan diaremakanan tertentu yang dapat membantu untuk meredakan gejalanya. Pisang dapat menjadi pilihan yang bermanfaat untuk meringankan diare karena terdapat kandungan nutrisi yang baik di dalamnya. Nasi yang setiap hari kita makan juga akan berguna untuk memperlambat kuantitas diare. Maka dari itu jangan tidak makan nasi selama diare menyerang. Sementara itu dengan memakan roti bakar akan menyerap asam lambung dan mencegah perut kelebihan asam. Selain buah pisang, buah lainnya yang dapat membantu meringankan diare adalah apel. Kandungan pektin dalam buah apel akan secara drastis mengurangi volume diare. Makanan lainnya yang diperlukan adalah kentang halus, wortel, dan labu.

Minum air adalah suatu keharusan untuk memulihkan kandungan elektrolit yang hilang dari tubuh. Meski begitu, hanya minum air tidak dapat membantu banyak, anda harus minum cairan lainnya dengan kandungan kaldu di dalamnya.

>>  Makanan Sehat Untuk Mata

Beberapa cara untuk memulihkan dehidrasi adalah dengan minum air dicampur dengan gula dan garam. Ini adalah ramuan oralit secara alami. Minuman yang lain termasuk teh herbal yang bermanfaat bagi pencernaan.

Pantangan makanan dan minuman selama diare

Jika di atas sebelumnya adalah makanan dan minuman yang membantu meredakan gejala diarea, maka di bawah ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari selama mengalami diare dan menjadi pantangan.

  • Buah yang tinggi serat seperti kiwi, jambu, dan alpukat.
  • Sayuran tinggi serat seperti kubis, kembang kol, brokoli, ubi jalar, bawang.
  • Segala macam jenis jeruk seperti jeruk nipis, jeruk bali, jeruk biasa pada umumnya, jeruk purut,  sunkist dan lemon.
  • Makanan berlemak seperti keju, daging, mentega, gorengan.
  • Tidak boleh minum kopi karena akan membuat pencernaan meradang.
  • Produk susu seperti keju, es krim, puding.
  • Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kenari.
  • Softdrink berkarbonasi.
  • Minuman beralkohol.

Makanan sehat dan pasokan air yang segar membantu untuk dapat sembuh dalam beberapa hari. Meski begitu, keampuhan metode di atas mungkin saja berbeda hasil untuk setiap orang. Mungkin saja ada beberapa orang yang justru tidak mendapatkan manfaat melalui cara-cara ini. Jika anda tidak sembuh setelah mencoba metode ini maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, oleh sebab diare yang anda alami ada kemungkinan merupakan diare kronis. Bahkan jika diare disertai dengan dehidrasi yang parah, muntah, sakit perut yang parah, demam, dan tinja berdarah, maka wajib menndapatkan penanganan dari ahli medis.

 
  Incoming Keywords: makanan dan minuman mengobati sakit diare

,

Comments are closed.