Optimisasi Search Engine Menerapkan Kata Kunci yang Baik

Hampir semua pemilik bisnis online mencoba untuk melakukan optimisasi mesin pencari. Hal ini tidak mengejutkan karena optimisasi mesin pencari atau SEO dianggap sebagai kunci keberhasilan suatu situs di mata mesin pencari. Ini berarti saatnya untuk maju dan bersaing di dalam kompetisi, maka itu anda harus melakukan SEO jauh lebih baik.

Kata kunci adalah bagian terpenting dalam SEO. Hanya dengan menentukan kata kunci maka akan mencapai target, mendapatkan trafik dari mesin pencari, dan mendapatkan kesempatan yang lebih baik. Penggunaan kata kunci harus dilakukan secara tepat pada setiap halaman dari situs. Sebuah kata kunci akan melahirkan juga beberapa kata kunci lainnya yang berhubungan. Meski begitu anda tidak akan menggunakan itu semua. Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah dengan memilih kata kunci yang tepat.

Menentukan kata kunci yang tepat

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih kata kunci yang mungkin cocok:

  • Gunakan lebih dari 1 kata kunci per halaman

Targetkan 2-5 kata kunci dalam tiap halaman dan pastikan setiap kata kunci tersebut haruslah terkait satu sama lain. Namun janganlah menempatkan kata kunci terlalu banyak karena akan terlihat seperti spam.

  • Kata kunci yang terlalu umum

Jangan mencari kata kunci yang terlalu umum atau bersifat global karena akan mempunyai saingan banyak sekali. Modifikasilah kata kunci anda sehingga menjadi unik.

  • Menggunakan kata kunci yang panjang

Kata kunci yang panjang akan memungkinkan untuk mempunyai volume pencarian yang lebih rendah. Selain itu juga akan menghasilkan kata kunci yang spesifik.

  • Sertakan kata kunci lokal

Jika anda menjalankan bisnis lokal, masukkan kata kunci yang panjang. Sebagai contoh jika anda berada di kota Tangerang dan anda mempunyai usaha mengenai pulsa elektrik, sedangkan target pemasaran daerah Tangerang dan sekitarnya, maka anda dapat memakai kata kunci seperti pulsa elektrik murah Tangerang. Jika anda juga menginginkan target pengunjung datang dari mesin pencari Google, maka anda dapat memasukkan situs anda ke dalam peta Google untuk bisnis lokal.

  • Pilih kata kunci yang paling relevan

Sebagai contoh, jika anda mengambil kata kunci mengenai motor bekas, maka mungkin anda akan mendapat duakata kunci search engine pilihan yaitu “jual motor bekas” dan “jual motor bekas terbaik”. Pada dasarnya, kata kunci tersebut memiliki volume pencarian, tetapi apakah anda dapat memilih mana kira-kira yang lebih bagus dan cocok? Ketika anda sedang mencari sesuatu di mesin pencari mengenai motor bekas, dan jika anda menemukannya, apakah anda tahu benar bahwa situs yang anda kunjungi tersebut pasti yang terbaik? Hal itu tentu belumlah dapat dipastikan apalagi jika anda memang belum tahu benar. Maka itu akan lebih baik jika hanya menggunakan kata kunci yang benar-benar relevan dan sederhana, cukup memakai kata kunci “jual motor bekas”.

Tips optimisasi mesin pencari dalam kompetisi

1. Satu hal penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci yang baik. Dan ketika anda telah mengidentifikasi kata kunci untuk digunakan dalam halaman konten dan situs, maka yang terbaik adalah menggunakan kata kunci pada tempat yang tepat. Tempat yang tepat termasuk sisipan kata kunci pada tag judul, meta tag dan alt untuk gambar. Link harus diformat dengan benar juga. Bila menggunakan kata kunci pada konten, harus diingat bahwa ada sebuah ilmu dalam menggunakan kata kunci. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci. Berdasarkan pengalaman dari pakar berpengalaman, kepadatan kata kunci pada konten tidak boleh lebih dari 2%. Bahkan dalam hal penempatan kata kunci, terdapat aturan juga dalam melakukannya. Bagi banyak orang, yang terbaik adalah meletakkan kata kunci pada bagian judul, kalimat pertama, paragraf kedua, dan kalimat terakhir.

2. Untuk mengenali kata kunci adalah menciptakan konten yang baik. Pengguna dan pembaca harus belajar satu atau dua hal tentang konten yang akan anda sediakan. Semakin baik konten pada situs, semakin tinggi kemungkinan untuk dinilai baik oleh mesin pencari. Isi posting pada situs harus diperbarui secara berkala, baik pembaruan tersebut adalah harian atau mingguan. Berbicara tentang artikel, ini adalah langkah yang baik untuk memiliki judul yang membicarakan tentang konten yang sebenarnya.

Konten yang dapat diposting di situs dapat ditulis oleh anda atau dapat memposting kembali konten yang telah digunakan di tempat lain. Akan tetapi ketika anda melakukan ini, pastikan bahwa anda menerbitkan konten dengan persetujuan pemilik konten asli. Jika anda tidak pandai menulis artikel, maka anda dapat membiarkan orang lain menulis konten untuk anda. Investasi semacam ini mempunyai nilai minimal dan akan kembali dengan lebih besar.

3. Cobalah membuat peta situs Google yang dapat digunakan oleh mesin pencari. Banyak alat online yang dapat membimbing anda dalam membuat peta situs.

4. Langkah lain yang baik adalah dengan mempublikasikan artikel di situs lain yang terpercaya. Artikel ini harus memiliki tautan yang akan menunjuk kembali ke situs anda. Ini adalah langkah yang baik karena mesin pencari akan melihat tautan yang menunjuk ke situs milik anda. Semakin tinggi peringkat halaman situs yang menunjuk ke situs anda maka semakin baik.

5. Dan akhirnya, yang terbaik jika anda dapat membaca saran yang ditawarkan oleh Google. Mesin pencari raksasa ini telah disusun sesuai panduan webmaster dengan rincian yang harus diadopsi oleh siapa saja yang ingin mendapatkan perhatian oleh Google.

Dengan melakukan semua tips optimisasi mesin pencari yang disarankan di atas, anda dapat yakin bahwa usaha anda akan menghasilkan hasil yang lebih baik dari yang sebelumnya telah anda dapatkan.

,

Comments are closed.