Tugas Tanggung Jawab Akuntan

Bidang keuangan dan akuntansi cukup dikenal untuk memberikan kesempatan kerja kepada sejumlah besar akuntan yang mempunyai keterampilan. Ruang lingkup peluang karir di bidang ini selalu baik, kecuali pada saat ekonomi mengalami nasib buruk. Meski demikian pekerjaan akuntan telah memberi arti penting dalam berbagai segmen. Tugas akunting yang utama terdiri dari berbagai macam kegiatan seperti laporan perusahaan dan neraca.

Profesi keuangan mempunyai sifat yang luas. Pertumbuhan pada bidang keuangan telah meningkat luar biasa.tugas Accounting staff Banyak sekali peluang karir di bidang keuangan. Salah satu pekerjaan yang dianggap telah ada sejak lama adalah staf akunting. Seorang akuntan perusahaan adalah orang yang terkait dengan hampir semua transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Akuntan meliputi segala prosedur akuntansi dan berbagai macam pembukuan dan bertanggung jawab data keuangan perusahaan.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan akan meminta gelar akuntansi, diploma, atau seseorang dengan latar belakang perdagangan. Meski begitu, banyak juga perusahaan yang memberikan prioritas kepada individu dengan pengalaman luas. Sementara itu jika anda mempunyai semuanya, maka anda akan mendapatkan kesempatan kerja lebih banyak untuk dapat dipekerjakan oleh suatu perusahaan. Begitu banyak jenis pilihan dalam karir bidang akuntansi seperti akuntansi manajemen, akuntasi publik, akuntansi auditor, akuntansi pemerintah, dsb. Berbagai macam jenis keterampilan yang berbeda akan dibutuhkan sesuai bidangnya. Oleh sebab itu, wajiblah bagi anda untuk mempunyai kualifikasi yang sesuai.

Seorang akunting haruslah mempunyai keterampilan sbb:

  • Perencanaan, prioritas, dan pengorganisasian.
  • Pengetahuan ekonomi dan proses akuntansi.
  • Keterampilan komunikasi.
  • Pengetahuan tentang kebijakan keuangan, hukum, dan peraturan lain yang mengikat.
  • Pengetahuan tentang software komputer.
  • Keterampilan dalam memecahkan masalah.

Tugas dan tanggung jawab accounting staff



  1. Menganalisis dan memonitor transaksi yang terjadi dalam suatu organisasi dan mencatat sesuai dengan standar akuntansi meliputi rekening transaksi piutang, mencatat penerimaan dan pembayaran kas.
  2. Menyiapkan laporan keuangan dalam tenggat waktu. Akuntan menyusun laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan tentang keuangan dan menyelesaikan pembayaran.
  3. Bekerja sama dengan financial officer.
  4. Memverifikasi faktur yang telah diajukan untuk disetujui dan menyampaikannya kepada supervisor.
  5. Memantau aset fisik perusahaan, nilai depresiasi, dan mengambil langkah-langkah yang efisien untuk mengelolanya.
  6. Bekerja sama dengan HRD untuk memproses penggajian karyawan.
  7. Membantu auditor eksternal dan internal selama proses auditing.
  8. Mengelola penggunaan dan proses akuntansi pajak penjualan.
  9. Melakukan penelitian pasar, riset akuntansi, dan analisis. Ini termasuk mempelajari tren pendapatan dan beban perusahaan.
  10. Seorang akuntan harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang software akuntansi dan keahlian dalam menangani Microsoft Office, khususnya Excel. Semenjak akuntansi memerlukan ekstensif pemakaian komputer dalam menjaga data keuangan dan memasukkan laporan lainnya, kemahiran dalam komputer benar-benar penting.
  11. Akuntan harus dapat berinteraksi dengan para staf manajemen yang lebih tinggi dan menangani berbagai aspek akuntansi.
  12. Mengirim laporan kepada pelanggan dan klien mengenai transaksi keuangan.
  13. Memilah masalah dari klien sehubungan dengan isu yang beredar dan menyiapkan aksi untuk mengantisipasi.
>>  Merekrut Mencari Menemukan Calon Karyawan Tepat Terbaik

Jalur pengembangan karir untuk bidang akuntansi sangat baik dan begitu tiada batasan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjadi akuntan yang baik adalah analisa yang tajam. Peran pekerjaan seorang akuntan selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Ketika anda mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja maka kompensasi gaji juga akan meningkat. Jika anda mempunyai keterampilan akuntansi dan masalah bisnis yang terkait, maka peluang anda untuk mendapatkan uang lebih bertambah.

, , , ,

Comments are closed.