Perbedaan Marketing dan Public Relation

Jika kita diminta mengenai perbedaan yang tepat antara marketing(pemasaran) dan public relations(hubungan masyarakat), kita akan  kehilangan kata-kata. Hal ini terjadi karena kedua istilah ini telah digunakan terlalu sering. Ini tidak membantu bahwa kedua istilah ini hampir selalu dipakai di banyak perusahaan. Kedua kegiatan tersebut juga saling berhubungan. Menjaga hubungan baik dengan publik adalah bagian yang sangat penting dari pemasaran.

Menurut American Marketing Association, pemasaran dapat didefinisikan sebagai “aktivitas, mengatur lembaga, dan proses untuk membuat, berkomunikasi, memberikan, dan menawarkan sesuatu yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya”. Dengan demikian, kombinasi dari semua kegiatan yang membantu meningkatkan penjualan produk, yang mencakup kombinasi dari satu atau lebih antara pemasaran langsung, iklan, merek, hubungan masyarakat dan kegiatan promosi lainnya.

Di sisi lain, public relation bertugas mengelola informasi antara perusahaan dan masyarakat, dengan demikian mempertahankan hubungan yang menguntungkan antara keduanya. Melalui public relation perusahaan dapat menyimpan dan mengetahui opini publik akan produk-produknya. Hal ini juga dianggap sebagai investasi untuk masa depan untuk waktu yang lama.

Marketing vs Public Relation

  • Fungsi utama dari marketing adalah produk dan promosi, sedangkan fungsi utama public relation melibatkan persepsi publik pada perusahaan dan merek. Ini dapat disimpulkan bahwa public relation membentuk fondasi untuk strategi marketing.
  • Dalam marketing, produk yang dipromosikan. Dalam public relation, perusahaan yang dipromosikan. Public relation mempromosikan nama dan citra perusahaan keseluruhan sementara marketing biasanya melihat bagaimana mempromosikan satu produk atau lini produk.
  • Marketing melibatkan penjualan barang. Public relation melibatkan penjualan merek. Sebuah aktivitas marketing diarahkan untuk penyediaan produk atau jasa tampaknya lebih menarik bagi orang. Kegiatan public relation membuat perusahaan lebih menarik bagi orang.
  • Marketing berusaha untuk melihat bagaimana dan berapa harganya barang atau jasa yang bisa dijual. Public relation mencoba untuk mengukur persepsi masyarakat dan reaksi terhadap produk dan strategi pemasarannya.
  • Marketing mencoba untuk mencapai keuntungan. Public relation sedang mencoba untuk mencapai reputasi positif. Tujuan marketing adalah untuk menjual produk dan mencapai keuntungan. Public relation adalah seperti sebuah investasi yang membuat sebuah perusahaan untuk menjaga citra positif di pasar.
  • Marketing adalah istilah luas yang mencakup semua kegiatan promosi yang membantu meningkatkan penjualan, termasuk public relation. Aktivitas public relation dianggap sebagai bagian dari strategi marketing seluruh perusahaan.
  • Marketing adalah sebuah konsep yang lebih tua dan lebih tradisional dari penjualan(sales). Public relation adalah konsep yang relatif baru yang menjual barang dengan menciptakan kesan positif dari produk di kalangan masyarakat. Konsep public relation adalah cara baru untuk melihat akan produk positif.
  • Marketing adalah aktivitas jangka pendek. Public relation merupakan kegiatan jangka panjang yang menghasilkan selama periode yang lebih lama. Manfaat dari program public relation bertambah dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang .
>>  Tips Memasarkan Produk

Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa ada banyak perbedaan antara marketing dan public relation. Tapi kita dapat mengatakan bahwa public relation adalah bagian dari marketing karena membantu bagian markerting perusahaan untuk memutuskan strateginya.

 
  Incoming Keywords: beda piar dengan mpiar, Pemasaran dan public relation, perbedaan pr dan martin, hubungan publik relation dengan telemarketing, perbedaan pemasaran public relation dan advertising, beda marketing dengan public relation, pr dan marketing, perbedaan fungsi PR dengan pemasaran, perbedaan manusia pr, perbedaan pemasaran dan public relatiion

,

Comments are closed.