Dampak Buruk Lonjakan Penduduk Tinggi

Jumlah penghuni planet bumi mencapai miliaran orang dengan angka yang terus bertambah setiap minggu bahkan hari. Hingga kini planet bumi yang telah berusia 4,5 miliar tahun masih mampu menopang kehidupan di dalamnya dengan segala sumber daya alam yang tersedia. Meski begitu, dengan pertambahan populasi yang terus menerus, sumber daya alam akan semakin cepat habis. Demi memenuhi ketidakpuasan dan kebutuhan manusia yang tidak pernah berakhir, manusia telah melenyapkan berbagai macam habitat dari flora dan fauna yang sekian lama telah ada di muka bumi.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, standar hidup juga mengalami peningkatan. Sementara itu pertambahan populasi manusia juga makin meningkat. Perkembangan zaman telah membawa juga peningkatan angka kelahiran dan angka kematian yang menurun.

Populasi yang berlebih mengacu pada suatu kondisi dengan jumlah penduduk di suatu daerah yang jauh melebihi daya dukung daerah tersebut.

Dampak buruk peningkatan populasi

Populasi manusia terus mengalami peningkatan dan bertambah banyak sementara itu tingkat kematian juga menurun. Migrasi yang terjadi secara terus menerus telah memicu pertumbuhan penduduk dan menyebabkan tekanan besar pada sumber daya yang tersedia. Berikut adalah beberapa efek dari pertumbuhan populasi yang terus mengalami peningkatan:

Terkurasnya SDA
Ilmu teknologi yang main berkembang telah mengubah segalanya, baik itu perubahan gaya hidup dan dampaknya terhadap planet bumi. Banyaknya industri pabrik untuk memproduksi barang-barang memerlukan pasokan energi secara rutin. Alat transportasi juga memerlukan energi untuk dapat berjalan dan juga fasilitas lainnya yang membutuhkan sumber daya alam. Hingga kini, manusia telah memakai bahan bakar fosil selama bertahun-tahun dan bersamaan dengan pertumbuhan industri maka manusia menggali semua hasil bumi seperti batubara dan migas. Sedangkan sumber daya alam ini diproses selama jutaan tahun di dalam bumi.

Masalah lingkungan
Bahan bakar yang dipakai sehari-hari untuk alat transportasi dan industri pabrik terus mengeluarkan gas beracun.dampak peningkatan penduduk Hal ini mempunyai dampak yang buruk pada kesehatan hingga akhirnya pemanasan global menjadi salah satu konsekuensi paling parah sebagai akibat dari kelebihan penduduk. Suhu rata-rata planet bumi mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya ketinggian air laut. Kondisi ini menjadi ancaman bagi daerah dataran rendah di dunia karena akan menenggelamkan pulau.

>>  Hubungan Deforestasi dan Pemanasan Global

Kepunahan spesies
Perluasan lahan akan diperlukan untuk dapat menampung manusia yang semakin banyak, tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan lain seperti membangun fasilitas pabrik, membangun tempat pengolahan energi, dsb. Manusia mempunyai kebutuhan yang tidak pernah berakhir, di lain sisi lahan yang dibutuhkan pasti terbatas. Dengan meningkatnya kebutuhan tak ayal dilakukan deforestasi hutan untuk memperluas lahan. Melalui cara ini manusia telah menghilangkan banyak spesies setiap harinya. Beraneka ragam spesies penting yang berguna untuk menjaga keseimbangan alam. Selain perluasan lahan, manusia juga memburu banyak hewan langka sebagai bisnis.

Masalah kesehatan
Limbah yang dihasilkan sebagai akibat dari peningkatan populasi menghambat pengelolaan sampah. Kebersihan yang buruk akan mengakibatkan timbulnya penyakit. Populasi yang besar akan menyebabkan penyakit menyebar lebih mudah.

Masalah ekonomi
Dengan pertumbuhan penduduk maka permintaan untuk sumber daya juga bertambah dan menurunkan pendapatan perkapita. Pemerintah mencoba untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan tidak dapat hanya mengandalkan surplus ekspor, akibatnya adalah kemunculan hutang luar negeri yang tiada berakhir.

Penduduk yang lebih banyak dari sumber daya yang tersedia juga berdampak pada pengangguran yang menyebabkan kemiskinan dan meningkatnya tindak kriminal. Habitat yang menyusut akan menyebabkan konflik antara manusia dan lingkungan sekitarnya seperti flora dan fauna. Pertumbuhan populasi yang tinggi perlu mendapatkan perhatian ekstra untuk mengantisipasi dampak buruknya.

,

Comments are closed.