Arti Warna pada Dahak

Dahak terkait dengan lendir beku yang dikeluarkan oleh selaput lendir di saluran pernafasan. Dahak adalah jenis lendir yang dihasilkan pada saluran pernafasan sewaktu terjadi infeksi atau adanya penyakit. Sedangkan lendir merupakan lapisan pelindung di sekitar selaput lendir yang terdiri dari air dan glikoprotein. Seiring dengan garam dan elektrolit yang terkandung pada lendir, dahak juga mengandung virus, bakteri, kotoran, komponen darah beserta sel-sel mati karena peradangan akibat infeksi.

Pada umumnya dahak diproduksi dalam tabung bronkial, saluran tenggorokan, paru-paru, dan bagian saluran pernafasan yang lain. Sekresi dalam rongga hidung disebut dengan lendir. Dahak kemungkinan besar dapat menunjukkan adanya infeksi seperti pneumonia, bronkitis, penyakit pilek dan flu, penyakit sinusitis kronis, kanker paru-paru, dan asma. Beragam jenis infeksi akan membentuk warna yang berbeda pada dahak. Dari warna dahak akan diperoleh hasil mengenai jenis infeksi yang menyerang tubuh dan penyakit terkait.

Penyakit berdasarkan warna dahak

Dahak berwarna pucat bening
Warna dahak yang pucat dan berair seringkali dianggap dahak yang normal. Meski begitu, pada kejadian tertentu seperti pilek yang diakibatkan oleh infeksi virus atau karena alergi dapat menghasilkan dahak dalam jumlah berlebih. Kondisi ini dapat terlihat sewaktu lendir menunjukkan warna kuning atau hijau terlebih pada infeksi tahap awal. Bermacam penyebab dahak antara lain bronkitis kronis, postnasal drip, dan asam lambung.

Dahak berwarna putih abu-abu
Dahak denga nwarna ini menunjukkan adanya infeksi pada saluran pernafasan bagian atas atau sinusitis. Selain itu dahak ini juga dapat disebabkan oleh penyakit bronkitis kronis, asma, asam lambung, alergi, dan sakit tenggorokan. Pencemaran udara dan rokok juga akan menyebabkan dahak dalam warna abu-abu. Sedangkan dahak putih yang berbusa menunjukkan adanya edema.

Dahak warna hijau
Dahak berwarna hijau dapat menjadi tanda infeksi ataupun disebabkan peradangan non infeksi. Dahak yang disebabkan karena infeksi umumnya disertai nanah, sedangkan dahak non infeksi akan menghasilkan lendir yang banyak. Warna dahak hijau dapat dihubungkan dengan enzim myeloperoxidases, yang diakibatkan karena rusaknya neutrofil dalam sel, yang kemudian dikeluarkan oleh sel-sel darah putih. Sementara itu jika kondisi ini disertai batuk mengi maka pertanda adanya bronkitis kronis. Penyebab dahak berwarna hijau menurut para ahli antara lain adalah karena abses paru-paru, penyakit pneumonia, gangguan genetik yang mempengaruhi kelenjar eksokrin dan sering mengakibatkan infeksi pernafasan.

Dahak berwarna kuning cerah
Dahak dengan warna kuning menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan normal. Kondisi ini menandakan jika sistem imun melawan infeksi virus atau serangan lain dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga menunjukkan gejala awal infeksi sinus atau pada tahap akhir. Asma dan alergi juga akan menjadi penyebab saluran pernafasan meradang dan menghasilkan sel-sel yang mengalami peradangan dalam dahak dengan berubah warna menjadi kuning muda. Terlalu sering menghirup udara kering juga akan menyebabkan dahak berwarna kuning cerah. Secara umum, dahak dalam kuning terang menjadi tanda adanya infeksi virus pada saluran pernafasan atas.

Dahak berwarna kuning gelap
Warna dahak kuning kegelapan menjadi tanda adanya infeksi bakteri, infeksi sinus, dan infeksi saluran pernafasan bagian bawah. Infeksi saluran pernafasan bawah dapat terkait penyakit bronkitis kronis dan penyakit pneumonia oleh bakteri. Jika anda mengalami sakit dada disertai sesak nafas bersamaan dengan batuk berdahak berwarna kuning gelap, maka sebaiknya anda mencari bantuan pihak medis.

Dahak berwarna coklat
Dahak dengan warna kecoklatan sering terkait dengan perokok. Sewaktu anda berdahak, anda dapat merasakan tekstur yang kasar pada dahak. Ini disebabkan karena campuran benda asing karena kerusakan silia yang kerap terjadi pada penderita dengan penyakit paru obstruktif kronik. Warna dahak akan menjadi coklat karena kandungan tar dalam rokok. Kondisi tersebut tentu juga akan membuat nafas semakin buruk. Orang-orang yang menghirup debu dan asap dari udara dapat saja mengembangkan dahak berwarna coklat. Selain itu, ini juga berarti menjadi tanda adanya penyakit bronkitis, terutama bagi perokok lokomotif. Pada kasus yang berbeda, dahak berwana coklat dapat terjadi akibat kandungan makanan tertentu seperti kopi atau minuman anggur merah.

Dahak warna merah muda
Dahak dengan warna merah muda menjadi tanda adanya penyakit jantung terkait gagal jantung kronis. Ciri yang parah adalah disertai dengan gejala lemah, artimia, perut bengkak. Kondisi ini benar-benar menjadi tanda bahwa anda memerlukan pertolongan dokter secepatnya. Sementara itu dahak merah muda yang disertai busa dapat menjadi tanda gejala edema paru penumpukan cairan di paru-paru. Gagal jantung juga dapat menyebabkan pernafasan menjadi gagal.

>>  Penyebab Batuk Darah di Pagi Hari

Batuk berdarah
Adanya darah dalam dahak merupakan gejala bronkitis. Sedangkan jika darah yang keluar dalam jumlah besar, maka ini pertanda dari penyakit kanker paru-paru atau TBC. Jika darah juga disertai dengan banyak lendir, maka anda harus mengunjungi sanatorium. Terkait masalah yang lain dengan dahak bercampur darah dapat disebabkan juga karena adanya emboli paru, gangguan pendarahan, abses paru, dan eosinofilia tropis.

Seringkali berdahak untuk membersihkan tenggorokan, hal ini berarti membutuhkan perhatian medis. Tes diagnostik akan memberikan wawasan bermanfaat untuk membantu dalam mendiagnosis apa yang menjadi penyebab pasti. Diagnosa ini akan membantu dokter untuk mengerti penyakit apakah yang diderita. Diagnosa yang tepat juga akan membuat pengobatan dapat berhasil.

 
  Incoming Keywords: tes dahak, arti warna dahak, dahak colelat, dahak warna coklat, lendir dahak berwarna hitam abu abu, paru paru dengan dahak berwarna

,

Comments are closed.