Makanan Tepat bagi Golongan Darah O

Bagi orang yang percaya, makanan tertentu akan dibutuhkan sesuai dengan golongan darah. Beberapa makanan jenis memang lebih cocok  bagi golongan darah tertentu dan belum tentu cocok untuk orang dengan golongan darah yang berbeda. Kali ini kita akan mengulas diet tepat untuk orang dengan golongan darah O. Makanan bagi orang dengan O positif dan negatif tidak terlampau berbeda. Sejarah dari golongan darah O dapat membuat anda lebih mudah untuk mengerti makanan apa yang wajib dimasukkan dalam menu makan.

Meski mempunyai antigen rhesus, sel darah merah pada golongan darah O positif tidak memiliki antigen karbohidrat makanan golongan darah oyang terdapat pada golongan darah A, B dan AB. Plasma darah jenis O juga mempunyai antibodi terhadap antigen A dan B.

Golongan darah O dianggap sebagai golongan darah yang paling tua. Hal ini dapat ditelusuri pada zaman Neanderthal yang sering berburu makanan dari laut. Oleh karena itu, orang-orang ini mempunyai sistem pencernaan yang kuat dan dapat mencerna protein hewani lebih mudah. Pada umumnya daging dan makanan laut menjadi makanan yang tepat bagi bagi individu dengan golongan darah O. Sedangkan di lain sisi, konsumsi produk susu justru dapat menyebabkan gangguan jantung.

Makanan sehat untuk golongan darah O



Sayuran
Sayuran yang mengandung vitamin K sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah. Sayuran tertentu akan memicu dampak negatif, sementara itu ada pula yang berdampak positif. Sayuran yang bermanfaat besar adalah brokoli, dandelion, daun bawang, seledri, rumput laut, bayam. Sedangkan sayuran yang berdampak negatif adalah kubis, kentang, jamur, dan sawi hijau.

Daging
Kandungan asam dalam golongan darah O begitu tinggi, hal ini memungkinkan untuk mencerna daging lebih mudah. Namun, terlalu banyak makan daging juga tidak baik. Makin sering berolahraga maka banyak pula kebutuhan akan protein. Dengan menyeimbangkan jumlah protein dengan sayuran, anda dapat menghindari pengasaman dalam tubuh secara berlebihan yang dapat membuat iritasi pada lambung. Daing yang cocok untuk dimakan adalah daging sapi, kerbau, dan, domba. Sedangkan yang wajib dihindari adalah daging babi dan angsa.

Makanan laut
Golongan darah O sulit mengalami pembekuan, oleh sebab itu vitamin K yang terdapat dalam makanan laut begitu bermanfaat karena membantu proses pembekuan darah. Makanan laut menjadi pilihan terbaik karena kaya akan yodium. Makanan laut harus sering dikonsumsi bagi golongan darah O negatif. Ikan laut yang cocok adalah ikan kakap dan ikan todak, sedangkan yang wajib dihindari adalah kerang, cumi, keong laut dan ikan lele untuk jenis ikan darat.

>>  Makanan Cocok untuk Golongan Darah A Positif

Produk susu
Produk susu dapat menyebabkan masalah terutama pada golongan darah O. Sebagai pengganti, anda dapat mencoba susu dari kedelai, yang dapat menjadi pengganti protein yang baik. Hindari produk susu seperti susu mentega, susu kambing, es krim, susu skim, dan yogurt.

Biji-bijian
Biji-bijian yang telah diolah akan mudah dicerna oleh individu dengan darah O daripada langsung memakannya dalam bentuk aslinya, karena cenderung menyebabkan gangguan pencernaan. Biji yang dapat dikonsumsi adalah biji labu dan kenari, sedangkan yang perlu dihindari adalah mete.

Kacang
Kacang menjadi salah satu makanan terbaik untuk golongan darah O. Otot memerlukan sedikit asam, oleh sebab itu kacang-kacangan menambah lektin yang kekurangan asam. Kacang yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari golongan darah O adalah kacang pinto dan kacang tolo, yang wajib dihindari adalah kacang merah dan buncis.

Buah-buahan
Buah yang paling cocok untuk golongan darah O adalah buah yang dapat membantu menjaga keasaman pada saluran pencernaan. Buah yang diperlukan antara lain buah ara, plum, dan buah prem, sedangkan yang harus dijauhi adalah alpukat, stroberi, jeruk, dan kelapa.

Percaya atau tidak, ini adalah beberapa makanan sehat untuk orang dengan golongan darah O. Diet juga harus diiringi dengan rutinitas olahraga secara rutin. Individu dengan golongan darah O lebih cocok untuk berolahraga di pagi hari, baik itu jogging atau bersepeda. Olahraga bersama menu diet yang tepat akan akan meraih kesehatan dengan lebih baik.

No comments yet.

Leave a Reply