Khasiat Sebutir Kurma Membuat Jadi Sehat

Makan sebutir kurma perhari membuat tubuh lebih berenergi. Kurma memang seringkali dimakan sebagai sumber energi dan dikala sedang lapar. Kurma merupakan buah yang dipercaya berasal dari wilayah di sekitar Teluk Persia dan kini banyak negara yang membudidayakan budah satu ini. Tanaman kurma juga menjadi satu diantara tanaman tertua di dunia. Penduduk Arab mulai menanam kurma sekitar 6000 SM. Inilah mengapa buah ini diperkenalkan oleh orang Arab ke seluruh dunia.
kurma hitam coklat
Pohon kurma pada umumnya tumbuh di daerah yang kering dengan kadar air dalam tanah yang tinggi. Tanaman palma ini mampu tumbuh hingga mencapai 30 meter dengan daun menyirip seperti kelapa. Pohon kurma biasanya akan memakan waktu 4 hingga 8 tahun untuk bisa berbuah.

Buah kurma seringkali dipakai sebagai makanan penutup, dicampur pada roti dan puding untuk menambah kelezatan. Buah-buahan kering ini mengandung nutrisi tinggi. Selain kaya dengan vitamin, kurma juga merupakan buah dengan serat alami dan bebas kolesterol. Kurma dikenal di seluruh dunia karena terbukti mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat kurma penambah vitalitas

Kurma mempunyai berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, Kurma mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi, sangat bagus untuk kesehatan mata. Kurma juga mempunyai tanin yang sebagai antioksidan. Tingkat kalium kurma begitu tinggi dan membantu kesehatan saraf. Berikut adalah beberapa manfaat buah kurma untuk tubuh agar lebih sehat:

Sumber antioksidan
Kurma mempunyai senyawa flavonoid dan fenolik, yang berfungsi sebagai antioksidan. Aktivitas metabolisme akan membentuk radikal bebas dan merusak sel tubuh penyebab kanker. Kandungan antioksidan membuat radikal bebas lebih terkendali dan mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh, membantu mencegah kanker, dan penyakit jantung. Secara tidak langsung, kurma akan mencegah kanker berkembang lebih luas.

Kurma sumber energi
Buah kurma adalah sumber energi tinggi yang mengandung 300 kkal per 100 gr. Selain itu juga terdapat 29 gr gula alami, 3 gr serat, dan 31 gr karbohidrat. Oleh sebab itu, buah kecil ini dianggap bermanfaat untuk menambah energi. Kandungan gula alami dalam kurma diubah menjadi energi dalam liver untuk dapat digunakan oleh tubuh.

Memperlancar pencernaan
Buah kurma mempunyai 20 jenis asam amino yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan. Kurma mudah sekali dicerna dan menghasilkan energi secara cepat. Konsumsi buah kurma juga dapat meredakan rasa lapar karena gula yang terkandung. Nutrisi dan serat pada kurma akan diserap dengan cepat oleh tubuh dan mencegah makan berlebihan.

>>  Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Menambah berat badan
Jika anda ingin menambah berat bada, maka kurma akan cocok bagi anda. Kurma mengandung kalori tinggi, sebuah kurma mengandung hingga 60 kalori. Makan kurma 5 biji perhari dapat membantu meningkatkan berat badan. Anda juga dapat mencampurnya dengan masakan seperti roti dan puding untuk mengurangi kadar gula.

Mengobati masalah pada perut
Kurma membawa perkembangan bakteri bersahabat pada usus. Kandungan nikotin pada kurma juga diyakini dapat mengobati masalah pada perut. Saat mengalami perut kembung, sembelit, dan masalah perut lainnya, kurma menjadi obat yang sesuai untuk mengatasinya.

Meredakan sembelit
Kurma mengandung serat larut dan tidak larut untuk membersihkan racun dari dalam pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kurma harus direndam dalam air semalaman, kemudian dimakan dipagi hari bersama dengan air. Serat alami kurma mengurangi masalah sembelit.

Kurma untuk penderita diabetes
Tanaman kurma terdiri dari 300 varietas dengan indeks glikemik yang berbeda. Pasien diabetes harus mengontrol indeks glikemik pada makanan, lebih rendah indeks glikemik maka makin bagus bagi tubuh. Kurma rata-rata mengandung indeks glikemik 103, yang relatif sangat tinggi. Meski begitu, ada bermacam varietas kurma yang begitu rendah di bawah 50, ini terdiri dari varietas Barhi, bo Ma’an, dan khalas. Asalkan anda mengenal varietas kurma, maka anda akan menjadi aman tanpa khawatir.

Memelihara jantung sehat
Selain mengandung kalium tinggi, kurma juga bebas kolesterol. Kurma juga menyeimbangkan kadar natrium dan kalium di tubuh dan mengontrol tekanan darah. Kurma yang rendah lemak jenuh dipercaya sebagai makanan sehat untuk kesehatan jantung. Studi menyatakan bahwa kalium tinggi dapat meminimalkan terkena stroke.

Mengobati anemia
Dalam 100 gr kurma jenis Medjool mengandung 0,9 mg zat besi. Makan kurma jenis ini akan memberikan tubuh kandungan zat besi yang diperlukan. Pasien anemia sebaiknya mengkonsumsi buah kurma beberapa butir setiap hari untuk menambah zat besi.

Makan buah kurma yang kaya nutrisi tidak hanya akan memuaskan lidah tapi juga membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu buah kurma juga merupakan teman yang tepat dikala kelaparan.

,

No comments yet.

Leave a Reply